jurnal, kinan

Roti Kemiri, Kue Kering yang Harus Ada di Toples Saat Lebaran

“Bikin kuenya jangan banyak-banyak ya Mbah, Lebaran besok kan nggak ada tamu”, ucap keponakan saya kepada simbahnya.

Ramadhan dan Lebaran kali ini memang terasa berbeda ya, selain himbauan tidak mudik eh pulang kampung, eh apasih, pokoknya itu ya, kita juga diminta sering cuci tangan, jaga kesehatan, pakai masker dan juga belajar, bekerja, ibadah, serta ngapa-ngapain dari rumah. Demi siapa lagi kalau bukan demi Corona-nya cepet pergi.

Tapi, dengan adanya beraktivitas dari rumah, kayaknya orang-orang berlomba-lomba untuk mengisi kegiatan biar nggak gabut, iya nggak sih? Dua bulan di rumah, skill apa yang bertambah selain rebahan lho ya, wkwk. Saya coba-coba bebikinan resep TikTok ! Ada Dalgona Coffee, Sambal Matah hingga Pie Susu yang ternyata gampil ya gaes, syaratnya cuman satu kok : kalau pas niaat, hahaha.

Keponakan saya-pun yang biasanya hobi ngegame, lihat ibuknya dapat jatah work from home juga berinisiatif untuk bebikinan apa-apa. Kemarin, doi udah bikin cookies coklat dan happy banget! Apalagi menjelang Lebaran gini, ibu-ibu dan mbak-mbak di rumah pasti jiwa baking-nya meronta-ronta buat bikin paling nggak 1 atau 2 toples kue kering. Terbukti dengan toko bahan roti dimana-mana yang uantriiii sangat. Tepung terigu, telur, mentega sampai soda kue pun semakin susah dicari.

Saya juga mau menyumbang keriweuhan bebikinan kue aah, hahaha. Bikin roti Kemiri! Ini salah satu kue kering yang harus ada di toples saat Lebaran. Dan baru kali ini saya ikutan bikin, biasanya si tinggal lheeep, haha. Ternyata juga nggak ribet-ribet amat, bisa menyalurkan emosi juga karena adonannya harus diuleni dan dipukul-pukul cetakannya, wkwkw.

Bahannya juga mudah, 1 kg tepung terigu, telur ayam 6 butir, gula halus ¼ kg, gula pasir 1 gelas, 2 bungkus mentega, vanili secukupnya, diuleni jadi satu, trus dicetak. Jangan lupa saat mencetak, si cetakan ditaburi tepung dulu biar nggak lengket. Trus di dok-dok, lepas deh. Baru susun di loyang yang sebelumnya dioles mentega atau minyak. Masukin oven, tunggu matang. Hmmmm, wanginya… Setelah diangkat, tunggu dingin. Trus, setelah dingin, 2 bagiannya disatukan dengan selai nanas. Jadi! Besok tinggal masukkan toples.

Oiya, kenapa dinamakan roti kemiri, karena bentuknya yang mirip seperti kemiri. Menjawab nggak? Hahahahaha.

Ada nggak kue yang harus ada di toplesmu saat Lebaran?

Pssst, foto di featured image itu Kinan yang moto lhoooh!

 

6 thoughts on “Roti Kemiri, Kue Kering yang Harus Ada di Toples Saat Lebaran”

  1. Saya seperyinya cukup familiar dengan bentuknya, tapi baru tau namanya sekarang. Saya agak kurang perhatian dengan nama makanan, apalagi makanan asing yang kadang susah nyebut namanya.
    Semoga Mbak Wening dan keluarga, juga teman-teman lain yang merayakan Lebaran tahun ini lebih sabar karena harus beribadah puasa di tengah pandemi dan nanti merayakan hari raya agak sepi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

    1. Amiin maturnuwun mas Agung!
      Saya juga sebenarnya bukan penggemar kue-kue, atau hobi baking. Cuma kok kayaknya pingin coba aja, haha..

  2. Wah, ada dalgona coffee. Saya juga senang bikin itu akhir-akhir ini. Lumayan ngobatin kangen nongkrong di warung-warung kopi. 😀

    Keknya emang banyak banget yang belajar masak pas wabah ini. Kalau ini rampung, mungkin pengeluaran buat beli roti/kue kemasan bakalan berkurang karena pada bisa bikin sendiri. 😀

    Woh, Kinan ada bakat jadi fotografer ternyata 😀

    1. Jangan-jangan nanti pada buka catering ya hahaha.

      Di hape udah banyak banget foto2 doi, entah yang blur, entah yang kepotong-potong. Tapi tetep saya simpan, hahah

Leave a comment