jurnal, keluarga, kinan, marriage life, temanggung

Ngesat Blumbang, Ritual Menjelang 1 Syawal

Ini #PertamaKali Kinan ikut lebaran di Ngesrep, Parakan. Desa kecil dimana suami saya tumbuh besar. Tahun lalu sih udah ada Kinan, tapi karen masih bayi merah, ya kami cuma lebaran di rumah gak ikut keliling-keliling, malah didatangi tamu mau muyen bayi hihi..

Baca juga : Ngesat Blumbang 3 Tahun lalu

Oke, kembali ke Ngesat blumbang. Ini ritual yang dilakukan sebelum 1 Syawal alias sebelum lebaran. Lebaran disini jarang banget yang namanya ada sembelih sapi atau kambing, tapi ngesat blumbang. Ikan air tawar. Nhah disamping rumah simbah kami, ada sepetak kolam kecil yang diisi nila, beberapa lele dan gurame.

Dulu ada 5 gurame besar, namun karena kecelakaan dan mati, guramenya tinggal satu dan sudah diikrarkan oleh Mbah Su (mbah buyutnya KInan) kalau gurame itu boleh ditangkap dan dimasak, karena mumpung semua berkumpul, dari anak, cucu dan buyut.

Biasanya, ritual ngesat blumbang dilakukan pagi hari. Namun karena hari Jumat, Continue reading “Ngesat Blumbang, Ritual Menjelang 1 Syawal”

Advertisements
jurnal, kinan, kuliner, marriage life, mbakyublogger, notetoself, temanggung, wonosobo

โ€‹Mertua Larang Saya Beli Bumbu Dapur di Warung

“Bu.. kunyit sama kencur habis yaa..”
“Mau buat apa?”

“Ini, mas Erwin (suami) mau saya parutkan kunyit sama kencur, biar tenggorokannya anget, biar reda batuknya”

“Oohh.. yaya..”

“Saya beli aja ya di warung depan..”

“Eiitss.. jangan beli!”, larang Ibu mertua saya.

“Hah, kenapa?”

Belum terjawab rasa penasaran saya, tiba-tiba Ibu ke belakang rumah sambil membawa Continue reading “โ€‹Mertua Larang Saya Beli Bumbu Dapur di Warung”

jurnal, marriage life, mbakyublogger, notetoself, temanggung, wonosobo

Children Learn What They Live

“Dimana? Gue mau pinjem buku . Kalo ada ya sukur, kalo gak ada ya udah gue cari yang lain aja.”

“Tugasnya gak usah pake di-print segala dong, pusing tau!”

“Gak pernah bales SMS-ku ngapain sih?”

—————

Berikut penggalan tanya murid kepada gurunya lewat pesan singkat di ponsel.ย Suatu ketika beberapa teman saya sesama guru di beberapa sekolah bercerita kepada saya tentang pesan ini, ada yang janggal-kah?

Continue reading “Children Learn What They Live”

jurnal, kuliner, marriage life, mbakyublogger, temanggung, wonosobo

“Ngesat Blumbang” Menjelang Lebaran

Sudah menjadi kebiasaan di rumah suami, di Ngesrep Parakan, sebelum lebaran, H-2 selalu dilakukan “ngesat blumbang” atau “panen ikan” di kolam simbah di samping rumah. Kami sampai di rumah simbah tanggal 26 Juli 2014 sekitar pukul 09.30 WIB dan langsung disambut oleh keponakan-keponakan yang juga ingin menyaksikan ritual “ngesat blumbang” hehe.. Continue reading ““Ngesat Blumbang” Menjelang Lebaran”