bayi&balita, jurnal, keluarga, kinan, marriage life, memory, wonosobo

Mengajak si Kecil Berkebun

Sebagai anak yang tinggal di pedesaan, saya merasa harus mengenalkan Kinan dengan satu kegiatan outdoor yaitu : berkebun. Sebenarnya sih samping rumah juga ada kebun milik kakung Kinan, ( cek IG : @kebunkalalili ) tapi hampir semuanya adalah pot berisi tanaman hias, sukulen, kaktus, anggrek yang agak “bahaya” kalau Kinan pegang. Ya selain karena duri ya karena eman-eman, kasian Kakung yang sudah ngerawat buat tampil cantik. Bayangin aja misal ada anggrek ungu yang menggoda dan butuh berbulan-bulan buat ngembang, eh kan gak lucu kalau dibuat mainan dan dicabutin Kinan hahaha.. Meskipun Kakung ok-ok aja sih, tapi orangtuanya tahu diri lah.. hahahaha..

Kebetulan ada sepetak kebun di dekat rumah yang baru 4 bulanan ini ditanami perdana : kacang merah! Lalu, Continue reading “Mengajak si Kecil Berkebun”

Advertisements
https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/444da6577b590601/260x366cq50/photo.jpg
jurnal, kuliner, memory, wonosobo

Nostalgia: 5 Jajan Favorit Saat SD

Ketika puasa Ramadhan sudah mau tiba, tiba-tiba grup Whatsapp SD ramai lagi. Ngobrolin mau reuni dan temu kangen, karena udah sekitar kurang lebih 17 tahun kita berpisah (Padahal sih banyak yang se-SMP, se-SMA, bahkan kuliah bareng, kerja apalagi, hihihi). Tapi yang namanya nostalgia ya asyik aja ya, paling enggak ya kalau reuni gini kita berpisah setelah ganti pakai baju merah putih ke putih biru, haha. Lalu gak ada angin gak ada hujan, tiba-tiba obrolan bersambung ke guru killer, penjaga sekolah yang baik, cinta monyet, sampai ke pembicaraan jajan ala generasi 90-an.

“Eh, kemarin aku lewat SD kita. Mas-mas yang jualan salome kok masih ada. Dan mukanya masih kayak dulu jaman kita SD. Awet muda banget!”

(Nhah kalau yang ini sih misteri banget ya, hihi)

Continue reading “Nostalgia: 5 Jajan Favorit Saat SD”

jurnal, kinan, marriage life, mbakyublogger, memory, notetoself, wonosobo

Sembelit pada Bayi

Selama masa MPASI, alhamdulillah Kinan tidak pernah mengalami masalah pencernaan seperti sembelit. Pernah sih sekali dia absen tidak pup sehari di awal MPASI tunggal, tapi alhamdulillah hari berikutnya sudah lancar lagi.

Sebelum masa MPASI, Kinan selalu pup 1-2x sehari. Setelah memasuki masa makan makanan solid, Kinan rutin pup 1 hari sekali. Kadang di pagi hari, atau di malam hari mau tidur.  Tapi kemarin, di usia 10 bulan ini Kinan mengalami sembelit. Sediihh, denger tangisannya tiap kali mengejan mau pup. Huks.. Ditambah lagi, Kinan sembelit saat kami sedang berlibur di rumah neneknya, mertua saya. Deg-degan dong, takut kalau dimarahi, takut kalau nggak dipercaya ngasih makanan MPASI homemade, takut kalau di aaahh.. macem-macem. Yang jelas, takut kalau Kinan sakit. Kan ngebayangin kalau kita sembelit aja sakitnya kaya apa.. Kinan, maafin Mamah yaa…

Berdasar apa yang saya pelajari di grup HHBF (Homemade Healthy Baby Food), sembelit harus segera diatasi, agar tidak menjadi akut atau kronis yang menyebabkan waktu pengobatannya semakin lama.

Jadi, begini ceritanya..

Continue reading “Sembelit pada Bayi”

jurnal, marriage life, mbakyublogger, memory, wonosobo

3 Tahun Mbakyu Blogger

​Manusia adalah makhluk individu sekaligus makhluk sosial.

Begitu yang saya ingat dari pelajaran PKn jaman masih duduk di bangku sekolah. Makhluk individu yang memiliki andil dalam perannya yang disebut makhluk sosial. Berinteraksi, berkumpul, dan tentunya bersosialisasi.

Bahkan sosok introvert seperti Stuart si pemilik toko komik di situasi komedi Big Bang Theory, punya rasa ingin menjalin pertemanan dengan si gagap Raj dan si Sheldon yang unik, walaupun kemudian pertemanan mereka aneh, hehe..

Oke, kembali ke bersosialisasi. Salah satu tempat untuk melakukan interaksi sosial adalah Continue reading “3 Tahun Mbakyu Blogger”