jurnal, tips & trik

Pengalaman Tes Seleksi CPNS Pemprov Jateng 2018 & Pembahasan Soal

Duuh lama nggak nulis disini, udah penuh sarang laba-laba ya. Bersih-bersih dulu ah..

Jadi gini, demi kemaslahatan umat, halah, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar Seleksi CPNS tahun 2018 ini. Kebetulannya lagi, ada formasi guru di salah satu SMA yang tidak jauh dari rumah saya. Cocok kan.. Meskipun mereka hanya butuh 1 orang, tapi siapa tau kan ya.

Setelah berbagai macam endebre-endebre dan kegalauan daftar lewat webnya SSCN terlampaui, dengan drama heboh cari legalisir sampai begadang buat mantengin website, (thanks sedulur PTI UNY 2007 kelas G tercinta!)

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang.. eh eh.. maksudnya telah sampai ke hari H ujian SKD dengan metode CAT. *efek kebanyakan belajar nih HAHAHAHAHA…

Yang nggak tau CAT google sendiri ya, hihi..

Disini saya mau cerita gimana perjalanan saya dan temen-temen sesi IVB hari Selasa, 30 Oktober 2018. Stay tune yes!

Berangkat dari rumah, rencana maksimal jam 07.00 berakhir wacana, yang akhirnya jam 08.30 baru meluncur. Dengan drama belum sarapan, lewat Bandungan akhirnya mabok dan tepar, sungguh saya merasa seperti anak yang kurang piknik. Kalau kata Ihsan, “GenPI padahal, kok ya kurang piknik!” ,hahahaha…

Sampai di Ungaran sekitar pukul 11 kurang, langsung meluncur ke BLK Penca mengantar utinya Kinan untuk mengambil surat dinas (Jadi ini juga semacam perjalanan dinas, rasa piknik keluarga, hehe). Di BLK Penca, saya ganti baju sekalian dan sholat Dzuhur, karena bayangan disana pasti sudah hectic dan crowded. Jadi urusan pertoiletan dan sholat kami selesaikan disini.

Setelah sholat Dzuhur, kami bergegas menuju Gor Wujil Ungaran. Kira-kira sekitar pukul 12.30 kami sampai disana. Disetiap sudut jalan, penuh dengan mobil dan motor. Bahkan terlihat banyak sekali mbak mas berbaju putih hitam yang “ngemper” sambil ngobrol, makan, dan sebagainya.

Masuk GOR, kami cari tempat untuk parkir, dan akhirnya dapat di belakang GOR yang untuk registrasi, disamping lapangan Voli Pantai. Cukup teduh dan dekat.

Setelah mengkondisikan parkir, ternyata baru berlangsung registrasi untuk sesi IIIb , sedangkan IIIa sudah mulai ujian. Jadi kalau dikira-kira saya di sesi IV sekitar 1-2jaman lagi.
Oiya, jangan lupa cek nomer absen di samping GOR yang untuk registrasi ya. Nomor yang dipakai adalah tiga nomor akhir, yg paling pojok kiri.

Disini nomor saya 21.776, berarti ,kita perhatikan nomer 776 (tiga digit terakhir) yang berarti saya masuk sesi IVb (501-1000), sedangkan untuk sesi IVa (1-500).

@erwinabcd

Sambil menunggu antrian, saya makan siang dengan bekal yang sudah dibawa dari rumah, (kan beneran piknik, hihi). Ternyata, tidak lama, saya disamperin Lupiyo dan Zulfikkar, juga Rianfita, teman sekelas masa kuliah dulu. Kami juga sama-sama sesi IVb.

Sekitar pukul 14.30, sesi kami dipanggil untuk registrasi. Nhah, disini kesabaran juga diuji gaes. Berdiri dalam antrian yang panjang dan panas tentunya, sekitar 25 menit. Oiya, antrian ini juga sdh diatur dengan regulasi sehingga memudahkan untuk registrasi, yaitu dengan antrian dibagi 5 sesuai nomer urutnya yaa..

@erwinabcd

Setelah maju, kami akan diminta kartu pesertanya, yang sudah digunting jadi 2. Panitia akan mengecek dan menandatangani kartu ,juga menyetempel punggung tangan kiri kita. Oiya, disini kita diminta tanda tangan sebanyak 3x.

@erwinabcd

Setelah itu menuju meja selanjutnya. Ada sekitar 10 meja panitia dengan komputer. Mereka meminta kartu peserta dan KTP kita dan akan menanyai kita seperti
“Nama lengkapnya siapa?”
“Tanggal lahir kapan?”
“Daftar formasi mana?”
Juga, kita akan diberikan PIN peserta yang ditulis di kartu tes.

Lalu, setelah selesai, kartu dan KTP akan dikembalikan ke kita. Dan menuju tahap selanjutnya yaitu bodychecking. Segala macam benda elektronik dan metal akan diminta untuk dilepas.

Kami kemudian disuruh duduk untuk menunggu antrian menuju ruang tes. Oiya, yang kebelet pipis bisa ke toilet dulu, tapi toiletnya kotor, huhuhu..

Tidak berapa lama, kami diminta berdiri, berbaris untuk menuju ruang tes CAT. Pas mau masuk, degdegan euy! Hahaha, norak ya..

Masuk ruangan, kami langsung diminta duduk dan tidak berisik. Ternyata di ruangan ujian masih banyak dari sesi IVa yang belum selesai.
Setelah duduk, ada panitia yang mendatangi dan memberitahukan Pin sesi untuk ujian.

Bismillaahh…
Masukkan nomer NIK, nomer peserta, PIN peserta dan PIN sesi. Klik.
Akan muncul data dirimu, pastikan data sudah sesuai yaa..
Lalu klik Mulai Ujian.

Yang saya sasar pertama adalah TKP. Tes Karakteristik Pribadi yang penuh dengan intrik haha.. disini saya habiskan waktu kurang lebih 30 menitan. Panjang-panjang banget soalnya, dan harus cermat. Saya sebenernya juga nggak begitu “paham” dengan soal jenis ini karena fyi, ini sangat menjebak. Sangat.
Pertanyaan seputar misal Anda seorang pemimpin, menghadapi masalah, maka..
Misal Anda ada deadline, tapi anak sakit, maka Anda..

Kemudian beralih ke TIU. Disini saya menemukan soal yang “lumayan”, yang jelas ada deret hitung, operasi hitung campuran, silogisme, bentuk-bentuk pola gambar, sinonim, trus apa lagi yaa..lupa..

Lalu masuk ke TWK. Wawasan Kebangsaan. Hahaha, ternyata soal yang muncul di saya adalah kurang lebih tentang pemahaman dan pengamalan Pancasila di kehidupan sehari-hari. UUD 1945 ? nggak muncul tuh.. Lalu ada 3 soal Bahasa Indonesia yang narasinya puanjaaang..

Dengan waktu sisa hanya beberapa detik, saya akhirnya beranikan klik akhiri ujian.
Hasilnya,
TWK : 100
TIU : 95
TKP : 127

Soal TKP yang saya kira nganu, ternyata malah dibawah passing grade, padahal sepertinya saya udah menjawab dengan bermodal idealisme, saya pilih jawaban yang kira2 benar, ternyataaa…

Dan, dari 10 teman saya yang ikut tes ini, ternyata 9 yang terjebak di tes TKP. Jadi, bagi yang belum ujian, plis pelajari lagi soal-soal TKP yaaa!

Postingan ini akan diedit besok, biar agak manis. Tapi berhubung banyak tuntutan untuk cerita, jadi ya saya post dulu seadanya yaa, mumpung ingat dan mumpung mood! Haha!

Selamat yang lulus, jangan menyerah yang belum lulus!
Dan semangat belajar untuk yang belum ujian!

Btw, soal-soal diatas adalah soal yang keluar saat saya tes yaa… belum tentu sama. Karena memang soal diacak dan tidak ada yang sama baik secara urutan atau lainnya. Yang penting tetep belajar dan berdoa! Semoga hasilnya yang terbaik. Aamiinn !

Postingan ini disponsori penuh oleh Bakso Uleg Pak Di , Temanggung . Membangun mood dan semangat, juga ngobatin rasa kangen, hihi.

Advertisements

2 thoughts on “Pengalaman Tes Seleksi CPNS Pemprov Jateng 2018 & Pembahasan Soal”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s