event wonosobo, genPI, mbakyublogger, wisata, wonosobo

Yuk Pakai Hashtag #MedsosAsri !

“Dinas Kominfo pingin kenalan sama temen-temen admin medsos, nih! Agendakan yuk!”

Begitu Mbak Fatonah mengawali perbincangan saat “tidak sengaja” bertemu saya bulan Februari lalu. Kemudiaaan…

Yang dibelakang lagi semangat deklarasi anti HOAX !

Fokus ke belakang saya deh, diantara wajah-wajah itu, adakah ada yang kenal? Mereka adalah orang yang biasa “bersuara” di dunia maya. Tebak siapa hayooo..

Yes!

Ini adalah sebagian wajah-wajah admin media sosial, relawan TIK Wonosobo dan blogger di Wonosobo. Minggu lalu eh bulan lalu, hari Selasa, 27 Maret 2018 bertempat di Aula Dinas Kominfo Kab. Wonosobo, kami “kopdar” dengan Dinas Kominfo. Selain kenalan dan silaturahmi juga ada arahan dan ajakan untuk menguatkan komitmen memerangi berita berita palsu, atau hoax.

Acara dimulai pukul 10 lebih dikit, dibuka oleh Pak Dwiyama sebagai Sekdin Kominfo Wonosobo, lalu ada juga Pak Bambang S.Kar yang menyambut kami (sempat) menggunakan bahasa krama inggil yang bikin kami roaming, karena nggak tau isinya hahahaha. Selebihnya, ada mbak Fatonah yang mengawal acara dari awal hingga akhir.

Dari Dinas Kominfo ada mbak Fatonah, Pak Dwiyama, dan Pak Bambang S.Kar

Setelah dibuka dan perkenalan dari Dinas, lalu satu persatu teman-teman diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri dan juga medsos yang “diadmini“. Kira-kira, ada sekitar 30an orang yang hadir dan suasana menjadi akrab karena banyak guyonnya juga.

Pak Dian (dosen UNSIQ) juga hadir, selaku Ketua Relawan TIK Wonosobo

Acara selanjutnya setelah perkenalan yaitu “gendu-gendu rasan” terkait apa yang diharapkan Pemkab dan juga teman-teman admin medsos. Banyak gagasan, saran dan bahkan kritik yang muncul dari teman-teman. Salah satunya adalah tentang segmentasi media. Oiya, saya juga bisa tau lebih banyak tentang HBT (Hoax Buster Tools) yaitu aplikasi yang diinisiasi oleh masyarakat anti hoax Indonesia (Mafindo) untuk memastikan apakah Informasi itu hoax atau bukan, dan bahkan bisa diunduh di playstore! (Thanks Mbak Astien, perwakilan dari Mafindo)

Nhah, dari kumpul-kumpul kemarin itu juga, para admin Medsos sepakat untuk kembali mengangkat slogan ASRI dari singkatan Aman Sehat Rapi Indah yang menjadi slogan Wonosobo dengan tagar atau hashtag #MedsosAsri.

Temen-temen yang lain juga yuuk, tiap posting tentang Wonosobo, tambahin hashtag #MedsosAsri yaaaa.. Kita penuhi dunia maya dengan konten positif nan ASRI tentang Wonosobo 💜

Bahkan untuk persiapan Hari Jadi Wonosobo ke-193 bulan Juli besok, para admin medsos akan bekerjasama dengan Dinas Kominfo untuk bikin acara yang “nyata di dunia maya”, salah satunya ada gerakan Posting Serentak dan juga Trending Topic.

Semoga menjadi awal yang baik untuk bersinergi dengan pemkab demi Wonosobo yang lebih baik 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s