kuliner, referensi, review, wisata

Jambu Klutuk Resto & Villa Sindoro, Menikmati Nuansa Asri dan Eksklusif di Pinggiran Kota Temanggung yang Nyaman

Saya       : “Nda, ada Resto baru buka lho di Parakan..”
Bunda    : “Dimana?”
Saya       : “Tanduran, sederetan pabrik kayu”
Bunda    : “Oooh.. yang banyak pohonnya? Ada kolamnya itu? tak kira mau dibikin taman, ternyata Resto. Cakep ya. Makanan enak nggak? Mahal enggak? Kalau buat kumpul-kumpul gitu, asyik nggak? Namanya apa sih? ”
Saya       : -.-

Hahaha.

Bunda mah gitu orangnya. Tanya kaya interogasi, nyaingin menantunya aja.

Weekend ini kami sekeluarga (Saya, mas Erwin dan Kinan) menginap di Parakan, di rumah mertua. Diawali dengan agenda takziah ke Pesingan (ibu dari kakak ipar kami meninggal dunia), kemudian agenda menengok bayi, kakak sepupu saya melahirkan. Dan sore kemarin, saya mengajak suami serta Kinan mampir dan “njajal” resto baru di kampung sebelah, namanya Jambu Klutuk Resto & Villa Sindoro.

Ini yang terlihat di depan jalan raya

Lake House ala Parakan

Resto ini baru dibuka sekitar dua mingguan yang lalu. Jika yang berkendara dari arah Wonosobo, letaknya di kiri jalan, sebelum pom bensin Catgawen. Kalau dari arah Temanggung ya berarti kanan jalan, lokasinya setelah habis deretan pabrik, persis pas di tikungan setelah tanjakan. Jarak dari rumah kami hanya sekitar 5 menitan. Deket banget kan. Begitu masuk, saya berasa memasuki wilayah pedestrian dan perumahan, hahaha, soalnya nggak nyangka banget ada nuansa asri dan keren kayak gini. Ada saung-nya, villa, banyak pepohonan, ada semacam danau juga. Berasa di resto-resto Jogja atau minimal Magelang gitu deh, dan saya memang belum pernah lihat yang kaya gini di Parakan.

Area parkir motor ada didepan, di sayap kiri. Parkir mobil ada di depan dan samping front office. Parkir juga gratis. Ada penjaga yang nungguin di saung-saung gitu. Kinan langsung minta turun karena lihat tempat lapang, mau lari-lari aja.

Area parkir motor

Sambil puter-puter dikit, luas banget lho areanya. Ada danau yang langsung kelihatan saat kita masuk, asyiknya ada perahu bebek dan ikan, jadi bisa main-main naik perahu mengitari danau ini. Disini ada 4 area makan. Ada yang di dalam dekat dengan front office, ada juga area makan di saung-saung yang dibawahnya ada kolam ikan yang luas. Selain itu ada lagi area pendopo. Area pendopo ini salah satu favorit saya karena sebenarnya indoor sih, tapi sekelilingnya kaca, dan banyak pintunya, jadi udara bisa keluar masuk gitu deh pokoknya. Yang pernah nonton film Lake House pasti tahu hehe.. Dan, sekali lihat pendopo ini, saya langsung jatuh hati! Lalu satu area lagi outdoor persis di samping danau, di terasnya area pendopo.

Tuh, danaunya ada perahunyaa..

 

Romantisnyaaa… ini area outdoor di teras pendopo. Ada bangku kayunya yang cakep.

 

Resto area pendopo. Meja kursinya dari kayu jati, nuansa tradisional tapi modern.

 

Area makan di saung-saung, dibawahnya ada kolam ikan.

 

Saung Lavender. Salah satu saung di belakang front office

 

“Kembali ke Alam” hingga menikmati modern-nya Villa VVIP

Taman-taman di Jambu Klutuk Resto & Villa Sindoro ini juga asri dan bersih, banyak tanaman peneduh, rumput jepang yang lapang, bunga-bunga, dan tempat sampah juga tersedia. Jika kita menengok ke atas, tampak luas kebun jambu klutuk yang mungkin besok-besoknya akan jadi wisata petik jambu juga.

Kok disini berasa di Bali ya?

 

Taman dan halamannya luas serta bersih!

 

Di atas. kelihatan kebun jambu klutuk

Ada ayunan kayu juga di sebelah musholla. Kinan main terus gak mau turun, eh bapaknya juga ding, hahaha. Musholla juga bersih, dan lumayan ukurannya. Kata suami yang sempat ke kamar mandi, disana juga bersih dan nyaman.

Musholla di sebelah area saung untuk makan

 

Jadi, yang sebenernya gak mau udahan mainan siapa? 😛

Interior dari restoran ini bagus deh. Meja, kursi dan pendukung lainnya kebanyakan terbuat dari kayu jati dan modelnya klasik. Atap-atap masih berkiblat pada model joglo. Makan di restoran ini bikin kita merasakan nuansa alam, tradisional tapi dibalut kesan modern.

Oiya, ada jembatan cantik yang jadi penghubung antara resto dan villa, dan dibawahnya tepat ada sungai mengalir. Kami sempat bertemu dengan mas Dika, salah satu pengelola Jambu Klutuk Resto & Villa Sindoro dan sempat ngobrol-ngobrol sebentar (makasih sudah ditemani ya Mas!) tentang villa dan paket wisata. Di tempat ini terdapat tiga hunian villa VVIP yang bisa ditinggali tamu, ukurannya besar (4-6 orang) dan masing-masing ada private poolnya juga, WOW! Nggak hanya itu sih, ada paket-paket wisata alam yang ditawarkan seperti berwisata ke kebun kopi, kebun tembakau, bahkan dekat dengan Embung Kledung, Posong, hingga Situs Liyangan yang sedang ngehits. Kalau rate permalam berbeda-beda tiap villa, ada yang 1 jutaan dengan fasilitas macam-macam.

(Buat lebih jelas informasi tentang villanya bisa kontak Jambu Klutuk langsung atau via WA mas Adhit – Marketing Jambu Klutuk – aja yaaa nomernya 085 640 588 988  )
Sungai disepanjang villa

 

Setiap villa ada private pool-nya 😮

 

Living room di salah satu villa

 

Nuansa malam hari

Colokan Listrik dan Wifi ? Check!

Fyi, colokan listrik ada di setiap saung kok, dan di pendopo ini ada di ujung-ujung ruangan. Jadi jangan kuatir jika baterai habis, padahal harus update story di Instagram untuk sekedar pamer kalau kalian lagi makan dan hangout di Jambu Klutuk Resto & Villa Sindoro ini. Dan, tambahannya, buat yang paket data hampir habis, padahal tanggal gajian masih jauh, tinggal nyalakan Wi-Fi di HP aja, di setiap sector udah ada access point masing-masing kok, jadi aman terkendali yaaa.

Tahu Petis yang Juara dan Es Catgawen yang Seger

Karena cuaca berubah jadi mendung dan mulai gerimis, kami memilih makan di area favorit saya : Pendopo. Karena dari rumah kami sudah makan berat, maka makanan yang kami pilih yang agak ringan-ringan. Oiya, kalau mau pesen makanan, nanti staf-nya langsung dateng nyamperin sambil bawa menu makanan minuman, mereka juga sudah lihai menjelaskan ingredient masing-masing dari makanan / minuman yang ada di menu. Makanan yang kami pilih adalah Tahu Petis dan Pisang Goreng Keju. Lalu minumannya, saya pilih Es Catgawen dan suami pingin Wedang Uwuh. Nhah, jadi Catgawen ini adalah nama desa di sebelah desa Tanduran, tempat Jambu Klutuk ini berada. Isinya susu, sirup melon dan selasih yang bikin seger. Awalnya sih saya kira ada buah melonnya juga, haha. Kalau wedang uwuh, terbuat dari berbagai jenis herba seperti secang, kayu manis, jahe, sere, dan dedaunan lain. Saat diseduh, daun-daun ini tidak dibuang atau disaring sehingga nampak seperti sampah, yang sering disebut uwuh. Namun ketika diteguk, akan muncul rasa hangat di tenggorokan, dan dipercaya bisa menjaga stamina tubuh. Oiya, wedang uwuh ini saat penyajian disertai gula batu yang terpisah sehingga kita bisa menyesuaikan rasa manis yang kita inginkan.

Pisang goreng keju, tahu petis, es cat gawen dan wedang uwuh

Menurut saya, tahu petisnya juara sih. TOP! Tahunya asinnya pas, sambel petisnya juga enak banget! Cocok dimakan di hawa dingin seperti Temanggung, apalagi saat hujan-hujan kemarin. Bisa kalap porsi nih. Pisangnya juga enak, ada kriuk-kriuk krispi di luarnya, porsi juga lumayan, melimpah keju, tapi ada beberapa pisang yang kurang matang, jadi pas digigit ada yang masih keras. Dan ada tambahan semacam mi yang digoreng dibawah pisang yang menurut saya kurang pas aja. Tapi overall, secara rasa, enak! Pelayanan juga cepet banget. Padahal cukup rame karena mungkin pas hari Sabtu yaa. Masalah harga? Kemarin 2 menu minuman dan 2 cemilan ini kira-kira abis 30-ribuan. Masih terjangkau dan sesuai dengan yang disajikan, apalagi bonusnya dapat suasana yang asri dan berbeda dari yang lain kaya gini.

Stafnya Ramah dan So Sweet …

Setelah agak lama nongkrong-nongkrong sambil nunggu hujan reda, kami memutuskan untuk pulang. Sebelumnya, kami menuju front office untuk bayar. Karena masih agak gerimis, mbak-mbaknya dari front office langsung lari menghampiri saya sambil bawa payung, ahh so sweet :’) Tanggap dan cekatan banget deh! Saat bayarpun, mbak-mbak petugasnya ramah banget. Membacakan pesanan kami kembali dan menerangkan jumlah yang harus dibayar. Ada mas Adhit juga salah satu karyawan disana yang sempat menanyakan kesan saran kami terhadap pelayanan dan fasilitas di Jambu Klutuk Resto & Villa Sindoro.

View dari pendopo menuju front office

Good View, Good Food

Pengalaman di resto Jambu Klutuk Temanggung bagi kami cukup berkesan. Selain pemandangannya bagus, makanan cemilannya juga enak. TOP lah! Kira-kira balik lagi nggak? IYA PAKE BANGET! Pingin nyobain makanan yang lain jugaaa, penasaran!

Di depan front office. Kinan ngantuk 😀

Untuk saya pribadi, seneng banget sih ada resto Jambu Klutuk Resto & Villa Sindoro, di Temanggung, khususnya di Parakan. Soalnya kadang bingung misal mau makan diluar, kadang nemu yang makanannya enak tapi suasananya kurang nyaman, begitu sebaliknya. Atau kadang pingin keluar agak malam, eh udah pada tutup/abis. Bisa buat sarana rekreasi buat anak juga. Jadi, misal diminta milih makan diluar dimana? Ya jelas kesini aja.

 

Yang juga penasaran, boleh lah langsung cuss kesini. Alamatnya :

“Jambu Klutuk Resto & Villa Sindoro”

Jl. Raya Parakan – Wonosobo Km. 3 Tanduran, Caturanom, Parakan, Temanggung 56254
Telp/Reservasi (0293) 5921555
Twitter : @jambuklutuk_tmg
IG @jambuklutuk_tmg
Facebook : Jambu Klutuk Tmg
Website : www.jambuklutuk.id
Advertisements

9 thoughts on “Jambu Klutuk Resto & Villa Sindoro, Menikmati Nuansa Asri dan Eksklusif di Pinggiran Kota Temanggung yang Nyaman”

    1. Ini sebelum pom Bensin Parakan Catgawen itu, kalau dari Wonosobo kiri jalan. Sebelum pabrik kayu.
      Waaaiya, asik banget kalau nginep disitu. Rate per malem ada yang 1jutaan, tapi memang enaknya rame-rame karena 1 villa, kamar gak hanya satu. Bisa langsung kontak WA mas Adhit marketingnya aja 085640588988 yesss . Kalau jadi nginep, pas aku di parakan, kusamperin hahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s