jurnal, referensi, wonosobo

Cara Bayar Pajak Tahunan STNK Kendaraan Roda Dua di Kantor Samsat Wonosobo

Jadi, ini kali kedua Kinan kami ajak ikut ke kantor Samsat buat bayar pajak motor perjuangan Bapak-nya Kinan. Kenapa motor perjuangan? Karena ini motor pertama kali kepunyaan suami dan bener-bener dibeli dengan hasil keringat sendiri (jaga rental, jualan donat keliling, sampai instal ulang komputer). Tahun 2008 kah? Kira-kira udah hampir 9 tahun menemani dari masa pacaran sampai punya anak satu. Kepikiran buat ganti gak? Iya sih, sempat mikir. Tapi, eehm.. masih cinta nih, besok lagi aja deh.. Ini apa kok malah ngomongin cinta segala, hehe..

Pagi itu kami sengaja berangkat agak pagian, pukul 07.20 dari rumah. Dengan jarak tempuh kira-kira 15an menit, kami sampai di Samsat sekitar pukul 07.35. Masih gasik. Konon katanya, tiap pagi mobil samsat keliling juga melayani di depan kantor Samsat, jadi  mikirnya antrinya nggak kebanyakan. Tapi, pagi itu ketika kami sampai mobilnya kok ndak ada ya. Atau mungkin sudah terlewat. Akhirnya, kami putuskan membayar di loket kantor, lagipula masih pagi gini, semoga tidak antri kepanjangan. Setelah parkir, kami menuju ke dalam kantor Samsat. Tampak ramai namun masih lumayan lengang kursi duduknya. Oiya, saya baru tahu kalau pembayaran pajak itu TIDAK dilampiri dengan fotokopi KTP, SIM, atau bahkan STNK!  Yang penting bawa STNK asli dan KTP sesuai STNK. Sudah lama ya peraturan ini? Yaaah, ketahuan gak pernah ikutan suami bayar pajak hahahha… Nhah, yang mau bayar, cukup pakai 3 langkah nih, simak dibawah ya..

1. Menuju loket pendaftaran 

Disini akan diminta STNK asli yang lama dan KTP asli, kemudian akan diberi nomer antrian. Saat kemarin, Bapak Kinan dapat nomor antri 54. Padahal yang masih berjalan itu nomor 18. Tapi, nggak ada angin nggak ada hujan, ketika kami duduk , Bapak Kinan dipanggil lagi ke pendaftaran. Petugas yang jaga bilang :”Bawa bayi ya? Sini nomer antriannya, nggak usah pakai ini, nanti ada pelayanan khusus, nunggu dipanggil ya” Waaaa excited banget dengernya! Ada kebijakan juga tentang pelayanan khusus untuk pendaftar yang bawa anak kecil, ibu hamil, orang tua, orang sakit.. Salut deh!

Loket pendaftaran yang berada di sebelah selatan ruangan. Lurus dengan pintu masuk.

2. Bayar di Kasir

Khusus di Samsat Wonosobo, kasir Samsat langsung dilayani oleh mbak/mas Teller dari Bank Jateng. Nunggu nama / no.antrian dipanggil, langsung bayar jumlah sekian yang disebutkan. Lalu kita duduk lagi menunggu selanjutnya.

Kasir ada di tengah-tengah. dilayani mas mas dari bank Jateng

Disini, Bapak Kinan yang antri di kursi depan. Saya dan Kinan jalan-jalan lihat-lihat sekeliling. Ada banyak petunjuk dan syarat-syarat jika mau balik nama, mutasi, dan lain-lain. Juga ada charger corner lho. Jadi, yang sambil nunggu antrian gak usah khawatir baterenya abis, tinggal colokin ke kabel yang tersedia. Oiya, emejingnya lagi, di pojok utara ada ruang menyusui. Waaa.. baru sekali ini lihat kantor pelayanan publik yang ada ruang menyusuinya! Kereeenn!

Petunjuk persyaratan (1)

 

Petunjuk informasi persyaratan (2)

 

Ruang menyusui. Plus seratus!

 

Charger bersama. Geratisss!

3. Pengambilan STNK

Nhah disini kita cuman duduk sambil menunggu dipanggil untuk penerimaan STNK yang baru. Jangan lupa dicek dulu ya sebelum dibawa pulang. Yeaaay!

Btw, total antri sampai jadi STNK baru-nya gak ada 15 menit lho, sekitar 10 menitan lah.. lumayan selesai masih pagi jadi bisa sarapan bubur ayam favorit dan main-main di Taman Kartini, hahaha.. Dan selain pelayanannya cepat, juga ramah-ramah dan tanggap! Kantornya juga bersih, nyaman deh pokoknya!

Mudah bangeet kan?

Pembayaran pajak tahunan udah gak perlu mengisi formulir!

 

Pas keluar lihat antrian cek fisik di samping utara kantor Samsat.

Eh, ada kesempatan yang bagus nih kalau bayar pajak tapi udah telat (hahahhaa) mulai 21 Agustus sampai 30 November 2017 BEBAS sanksi Administrasi PKB lhoo! Dan juga yang mau balik nama, dari tanggal 21 Agustus 2017 s.d 31 Desember 2017  BEBAS biaya BBN2. Jadi ayok yang belum bayar pajak dan mau balik nama, buruan ke Samsat!

Oiya, yang rumahnya jauh dan belum sempat datang ke Samsat, bisa juga lho bayar pajak tahunan-nya di mobil Samsat keliling yang tiap hari ada di kecamatan-kecamatan, jadwalnya nih..

Jadwal Samsat Keliling di Kecamatan tahun 2017. Pic : tribratanewswonosobo.com

Yang penting jangan lupa siapkan STNK asli, KTP/Identitas sesuai STNK dan uangnya ya! Pajak kendaraan yang  dilayani Samsat Keliling hanya pajak tahunan ya, bukan pajak lima tahunan (Ganti STNK dan TNKB).

Jadi, siapa nih yang belum bayar pajak tahunan kendaraan bermotornya?

Kantor Samsat Online Wonosobo
UPPD Wonosobo
Jalan Angkatan 45 Wonosobo
(Seberang Bank Jateng Wonosobo, pojok selatan Alun- Alun Wonosobo)

Call Center 085 290 458 001
Twitter @up3adwsb
Buka tiap hari Senin-Sabtu
Senin-Kamis pukul 07.00 – 17.00
Khusus hari Jumat dan Sabtu pukul 07.00 – 15.00

Advertisements