lomba blog, mbakyublogger, wisata, wonosobo

Tarawih Bersama Jokowi di Wonosobo

Berkah Ramadan di Wonosobo

Ketika membaca sejumlah kabar dari banyak grup Whatsapp bahwa Presiden Jokowi mau “mampir” ke Wonosobo, hati saya kok jadi deg-degan gini ya. Semacam norak-norak bergembira mau didatengin gebetan jaman SMA dulu. Eeeh, siapa elu? Langsung deh woro-woro sama mas suami yang sebenarnya enggak perlu lagi deh karena kuli tinta kan maha harus tahu, hehe. Tapi biasalah saya kan istri yang receh dan gampang excited, jadinya sok-sokan aja bilang dan mengabarkan ke mas suami, yang akhirnya dijawab dengan rentetan jadwal beliau saat kesini. Ah, skakmat.

Berkah Ramadan manalagi yang warga Wonosobo dustakan. Puasa-puasa gini, didatengin pak Jokowi. Gak cuman mampir, tapi juga ikut sholat Tarawih di Pondok Pesantren terbesar di Kalibeber, Pondok Al-Asy’ariyyah. Trus tentunya bagi-bagi sepeda dong yang ditunggu-tunggu. Akan masuk jadi cerita #SerbaSerbiRamadan yang seru nih yang bisa dipamerin sama GenPI Jateng dan seluruh Indonesia Raya. Orang nomor satu di Indonesia mau lihat Pesona Ramadan yang ada di Wonosobo !

Hari Jum’at tanggal 16 Juni 2017 sore, mas suami cerita kalau sudah ambil ID card khusus buat liputan nanti malam dan besok pagi. Dipamerin dengan cara difoto dan dikirim lewat whatsapp. Ih, gemes deh pamer gitu. Tiba-tiba saya lihat ada typo, harusnya Wonosobo Ekspres, eh ditulis Wonosobo Exspress. Gak penting sih, tapi ada kesempatan buat ngebully, sampe mas suami kesel, hahahaha.. Sorry, bro!

Antusiasme Menyambut Jokowi

Teman saya yang kerja di Puskesmas Selomerto sampai stay tune dari pagi di depan jalan sambil nungguin mobil Jokowi lewat. Gak cuma teman saya, tapi banyak banget orang-orang yang menunggu di sepanjang jalan utama. Pas datang, semuanya teriak histeris dan kegirangan. Padahal lagi pada puasa, kayaknya senengnya melebihi Lebaran gitu ya, geli-geli tapi seneng.

Keponakan teman saya yang diundang acara pagi hari di Gedung Adipura, malam harinya ngapalin nama-nama ikan, berlatih bikin puisi, terus bikin short speech misalnya dapat keberuntungan disuruh maju ke depan. Walaupun akhirnya, udah maju tapi gak dapet sepeda, terus sempet sedih banget tapi bangga udah berhasil salaman sama Pak Jokowi.

Ada juga, teman SMP adik saya ijin berangkat sekolah karena diminta guru SD-nya untuk siap-siap di pondok Al-Asy’ariyyah tempat Pak Presiden mau sholat tarawih disana. Katanya diminta buat bersih-bersih gitu, wwaahhhh…

Lalu, ada teman saya yang sampe gak sempat menyambut Jokowi karena harus berkutat dengan kerjaan di Puskesmas karena akan “disidak” sama bu Menteri Kesehatan, hihi. Akhirnya malam harinya setelah selesai acara, dia sama teman-temannya main ke Gedung Adipura dan ngambil rangkaian bunga di meja yang tadi kursinya diduduki Pak Jokowi, ngambil bunga di tratag trus dirangkai dan difoto-foto. SEGITUNYAAA… Pak Jokowi harusnya tahu nih.

Mas suami? Santai aja.

Saya? Stalking Instagram Story-nya mas Kaesang, buahahhahaa…

 

Sholat Tarawih bersama Jokowi di Pondok Pesantren Al Asy’ariyyah Kalibeber

Back to the #SerbaSerbiRamadan yaa, singkat cerita Jokowi mengawali kunjungan dengan mengikuti shalat Isya dan Tarawih di Masjid Pondok Pesantren Al Asy’ariyah Kalibeber kecamatan Mojotengah. Pondok pesantren yang sarat historis tentang penyebaran islam di Wonosobo hingga dirintisnya Universitas Sains Al Quran oleh salah satu pendiri pondok pesantren, alm KH Muntaha Al hafidz yang juga merupakan tokoh pejuang kemerdekaan RI.

Sholat Tarawih bersama Jokowi di Ponpes Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah.

Nhah, usai shalat tarawih, KH Muchotob Hamzah, salah satu sesepuh pondok dan Rektor Unsiq menyambut kehadiran Presiden Jokowi dengan membacakan sejarah singkat lahirnya Pondok Pesantren Al Asyariyyah mulai dari zaman para wali hingga perang kemerdekaan. Menurut KH Muchotob, kehadiran Presiden bersama Gubernur Ganjar, Menteri BUMN, Mensesneg dan Menteri PU menjadi momen istimewa di bulan Ramadan ini, disamping juga dengan adanya bantuan sembako senilai lebih dari Rp400 juta dan santunan kepada 500 orang.

Di depan para santri

Sepeda Jokowi

Bukan Jokowi jika tanpa sepeda, hehe. Saat pidato, beliau juga memberikan kesempatan kepada dua orang santri untuk menjawab pertanyaan dan tantangan dengan dihadiahi sepeda. Salah satunya ditantang untuk memperagakan silat dan ini sempat bikin ngekek orang se-Indonesia, karena sempat nongol di Metro TV. Apa pasalnya? Si santri disuruh memperagakan silat, malah mau baca Pancasila. Hahahahaha. Entah mungkin saking nervousnya jadi salah dengar kali ya. Saya kalau disitu juga mungkin malah celingak celinguk sambil gemeteran deh. Nhah, sementara santri lainnya harus menyebutkan tujuh nama suku se Indonesia. Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengingatkan kembali seluruh jamaah tentang pentingnya persatuan dari Negara yang besar ini.

“Negara kita, Indonesia adalah Negara besar. Kita memiliki 17.000 pulau. Maka keberagaman adalah Takdir Allah. Maka sangat penting untuk kita menjaga Persaudaraan, Persatuan dan Kesatuan. Jangan Saling singgung. Saya ingin ingatkan bahwa kita bangsa yang besar dengan berbagai suku dan budaya, juga bahasa,” ungkap Presiden yang mengaku belajar berbagai cara menyapa dalam bahasa daerah.

Ditantang silat malah baca Pancasila 😀

Salaman dengan Jokowi dan Selfie dengan Mas Kaesang bikin Iri

Setelah Presiden ikut menorehkan huruf Ba pada Al-Quran raksasa yang akan dimulai pengerjaannya hingga sekitar dua tahun mendatang, momen bersalaman dengan para jamaah tiba dan sekitar 20 menit Presiden memasuki mobil RI1. Tapi mas Kaesang lebih dulu keluar dan disambut para santriwati yang berebut meminta foto bersama hingga selfie. Beruntung banget nih ada mbak-mbak yang bisa selfie sama mas Kaesang! Ngiri! Tapi sih emang dengan banyak persyaratan : diperiksa dulu, trus dilarang peluk, nggak boleh merangkul apalagi cium (hahahaha), salaman boleh sih laah, dan wajib satu kali jepret aja. Kalau cewek-cewek bakalan bete nih kalau sekali jepret hasilnya burem, mblabur atau kelihatan gendut, wahahahaha…

Jokowi menyapa jamaah usai shalat tarawih. Pict : Erwin Abdillah

 

Duuh, senaaaaangnyaaaa foto sama Kaesang 😀

 

Uyuk-uyukan di belakang, wooow

 

Kurang hits gimana lagi nih Pesona Ramadan di Wonosobo ? Kedatangan tamu agung di bulan penuh berkah ini. Meskipun saya gak bisa dateng langsung dan bersalaman dengan Pak Jokowi ataupun selfie dengan mas Kaesang, cukuplah dengan denger-denger cerita dari mas suami, baca-baca di timeline fesbuk, dan liat instagram story temen-temen yang heboh ketemu.

Makasih ya Pak Jokowi sudah mau singgah ke kota kecil kami, membuat Ramadan kali ini menjadi semakin memesona. Semoga bisa memberikan banyak manfaat dan semangat bagi kami. Makasih Pakdheee…

 

“Tulisan ini diikutan sertakan dalam lomba blog Pesona Ramadan Jawa Tengah yang diadakan oleh GenPI Jateng

 

 

 

Pict courtesy : Erwin Abdillah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s