Puisi Sepeda untuk Jokowi

Sepeda

Aku suka bermain sepeda setiap hari
Bermain bersama teman-temanku
Dan aku membeli sepeda
Aku bermain sepeda di halaman rumahku
Dan aku bermain sepeda kalau tidak hujan
Setelah bermain sepeda aku tidur
Dan aku makan
Dan aku mandi
Setelah mandi aku ganti baju

Familiar dengan puisi ini?

Ada yang berbeda dengan Pesona Ramadan 2017 kali ini di Wonosobo. Apa yang berbeda? ADA PAK JOKOWI, broooh… Kunjungan Jokowi di bulan Ramadhan selama 2 hari kemarin, Presiden tercinta kita melaksanakan setidaknya 5 kegiatan di 4 lokasi berbeda. Sholat berjamaah dan Tarawih di Pondok Pesantren Al Asy’ariyyah  Kalibeber, ikut menorehkan huruf pertama untuk Mushaf Al-Qur’an terbesar di Indonesia, hingga pembagian KIP, PMT dan PKH. Kok singkatan semua sih, apa itu?

KIP

KIP singkatan dari Kartu Indonesia Pintar.  Program Indonesia Pintar melalui KIP adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang menerima KIP, atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan (misalnya dari keluarga/rumah tangga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera/KKS) atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan bagian penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sejak akhir 2014.

(Sumber : http://www.tnp2k.go.id/id/tanya-jawab/klaster-i/program-indonesia-pintar-melalui-kartu-indonesia-pintar-kip/)

Pendidikan salah satu pesan penting presiden Jokowi untuk Wonosobo

Hari Sabtu tanggal 17 Juni 2017, Jokowi sudah pagi-pagi sekali bareng dengan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moloek, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan sejumlah pejabat terkait membagikan Kartu Indonesia Pintar kepada 1.054 , rinciannya adalah :  432 siswa SD, 141 siswa SMP, 132 siswa SMA dan 239 siswa SMK, ditambah untuk Paket A dan Paket B masing-masing  5 kartu dan 15 kartu. Di agenda ini juga, Presiden menegaskan bahwa pendidikan itu mutlak dan penting agar generasi penerus kita bisa bersaing memenangkan persaingan global. Terselip cerita unik tentang sepeda, yang selalu ditunggu-tunggu dong ya saat Pak Jokowi singgah di untuk kunjungan kerja, hehe. Jadi ada adik kecil kita, namanya Irawan, kelas 3 SD yang diminta Pak Jokowi bikin puisi, terus dia bikin puisi tentang Sepeda, yang syairnya ada di paragraf paling atas tadi itu..


video by Net.Z

 

Dapat sepeda, asyiiik

PMT

Pemberian Makanan Tambahan alias PMT juga masuk dalam agenda kunjungan kerja kali ini. Ada 700 ibu hamil, balita dan sisa SD yang diberikan bantuan makanan tambahan. Sayang sekali saya sudah gak hamil, kalau pas hamil kan bisa numpang salaman sama Pak Jokowi , hahahaha. Maaf ini bukan kode 😛

Presiden Jokowi mewanti-wanti bahwa asupan gizi bagi ibu hamil, balita dan anak sekolah itu sangat penting, namun meskipun penting, jangan sampai mengkonsumsi biskuit secara berlebihan, karena apapun yang berlebihan pasti gak baik kan. Penuhi dengan sayuran, buah dan makanan alami lainnya. Yes, setuju pak Jokowi!

PKH

Ini nih yang seru, tadinya diagendakan acara ini di kecamatan Garung kan.. tapi karena ada sesuatu hal maka penyaluran bantuan 975 Program Keluarga Harapan  (PKH) dilakukan  di sekitaran jantung kota bersama dengan agenda yang lain. Teman-teman pendamping PKH sudah sibuk sejak beberapa hari yang lalu , bahkan teman saya namanya mbak Dea adalah salah satu pendamping PKH yang sedang hamil tua, masih saja semangat dan ikut serta membantu dalam pendampingan bantuan ini. Keren pisan euyyy mbak cantik ini, juga teman-teman tim PKH lainnya. Semoga sehat semuanyaaa! Amiinn..

Mbak Dea. Salah satu pendamping PKH yang masih hamil tua tetap semangat ikut kegiatan. Selfie dengan pak Ganjar

 

Penyaluran bantuan PKH Non tunai

Oiya, bantuan ini non tunai dan tiap penerima bantuan menerima sebesar Rp 1.890.000 yang akan dicairkan dalam 4 tahap, dan tidak diambil semua secara langsung. Presiden juga menambahkan bahwa bantuan ini hanya digunakan untuk keperluan pendidikan dan anak, nggak boleh buat beli rokok! Cateet!

Dibalik cerita pembagian bantuan PKH yang seru di Wonosobo, ada sedikit cerita mengharukan. Gak akan menyangka apa yang terjadi pada pak Andreas, simbah-simbah yang sedang diantar sang istri berolahraga karena pemulihan kondisinya yang baru saja kena stroke, berhasil jabat tangan dengan Presiden Jokowi, bahkan beruntung diberi sarung dan amplop.

 “Tiap malam saya doakan pak presiden Jokowi, tidak percaya saya bisa ketemu dan dikasih sarung,” tutur Andreas yang masih menahan sesenggukan usai menerima tanda mata dari presiden tercintanya.

“Saya masih tidak percaya, apalagi saya sedang sakit dan pendengaran saya terganggu,” ungkapnya sambil mengusap air mata.

Pak Andreas terharu bertemu jokowi yang didoakannya tiap malam

Pak Andreas juga tidak berkeberatan membuka amplop yang diberikan presiden dan mengaku bersyukur mengingat tidak semua orang yang bertemu presiden diberi kenang-kenangan berupa sarung dan uang saku. Meskipun sedikit menurutnya tidak menjadi masalah karena yang penting adalah pertemuannya dengan presiden yang didoakannya tiap malam. Aaaaah.. so sweet, kaaan :’)

Tak lama kemudian sang istri datang dan mengaku khawatir karena terpisah saat jalan-jalan di alun-alun kota yang sempat ditutup karena protokoler agenda di Adipura dan pendapa itu.

“Saya cari suami saya ini kemana-mana tapi ternyata di sini. Dia itu bingung, habis sakit stroke dan gampang tersesat,” ungkap istri Pak Andreas.

Semoga sehat selalu ya Pak Andreas 😀

Kunjungan ke Desa Majemuk

Selesai dengan agenda KIP, PMT dan PKH, Pak Jokowi sempat singgah ke Desa Kapencar di Kertek. Ada yang tahu desa apa ini? Desa Kapencar adalah salah satu desa yang dijuluki sebagai desa majemuk lantaran masyarakatnya mampu hidup rukun meski agama dan keyakinannya berbeda-beda. Kalau ndak percaya, sini main ke Kapencar.. kita akan menemukan 2 masjid, 13 mushola, 1 gereja dan 1 vihara dalam 1 desa. Dan semuanya hidup rukun dalam toleransi! Keren kaaann!

Berebut salaman

Nggak lupa pula, Pak Presiden menyampaikan dan menitip pesan agar masyarakat Kapencar menjaga kerukunan dan persatuan yang selama ini telah terbina, demi apa? Demi menjaga keutuhan Bangsa dan negara Republik Indonesia dooong! Jadi, yuk tetap jaga persatuan dan kesatuan kita yaaa..

Makasih ya Pak Jokowi sudah mau singgah ke kota kecil kami, membuat Ramadan kali ini menjadi semakin memesona. Semoga bisa memberikan banyak manfaat dan semangat bagi kami. Makasih Pakdheee. Jangan kapok main kesini lagi yaaa…

 

“tulisan ini diikutan sertakan dalam lomba blog Pesona Ramadan Jawa Tengah yang diadakan oleh  GenPI Jateng

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s