Ngesat Blumbang, Ritual Menjelang 1 Syawal

Ini #PertamaKali Kinan ikut lebaran di Ngesrep, Parakan. Desa kecil dimana suami saya tumbuh besar. Tahun lalu sih udah ada Kinan, tapi karen masih bayi merah, ya kami cuma lebaran di rumah gak ikut keliling-keliling, malah didatangi tamu mau muyen bayi hihi..

Baca juga : Ngesat Blumbang 3 Tahun lalu

Oke, kembali ke Ngesat blumbang. Ini ritual yang dilakukan sebelum 1 Syawal alias sebelum lebaran. Lebaran disini jarang banget yang namanya ada sembelih sapi atau kambing, tapi ngesat blumbang. Ikan air tawar. Nhah disamping rumah simbah kami, ada sepetak kolam kecil yang diisi nila, beberapa lele dan gurame.

Dulu ada 5 gurame besar, namun karena kecelakaan dan mati, guramenya tinggal satu dan sudah diikrarkan oleh Mbah Su (mbah buyutnya KInan) kalau gurame itu boleh ditangkap dan dimasak, karena mumpung semua berkumpul, dari anak, cucu dan buyut.

Biasanya, ritual ngesat blumbang dilakukan pagi hari. Namun karena hari Jumat, jadi kami melakukannya di setelah sholat Jumat. Awal pertama saya ikut ritual ngesat ada suami saya, mbah Su, mas Itok (kakak ipar) yang bertugas menangkap di kolam. Lalu Mbah Mi (ibu mertua), saya dan mas Itok (Lagi) yang bertugas pula membedah perut dan membersihkannya. Tapi, sampai siang mas Itok ditunggu belum juga datang akhirnya dengan kru seadanya kami memulai ritual kami. Butuh waktu sekitar 2 jaman untuk mengesat kolam hingga membersihkan ikan.

Sorenya, mbak Vita,mbak Lely dan mbak Fitri (kakak ipar) datang dan mengolah gurame raksasa menjadi gurame tepung saos asam manis yang hanya bertahan 1/2 jam di meja makan, hahahhaa..

 

Semoga tahun depan bisa berkumpul lagi 🙂

Keponakan-keponakan ikut bantu ngesat blumbang

Mas Aep “ngobrol” dengan gurame raksasa hehe

Senyuuummm.. Haqii…

Akhirnya berhasil melumpuhkan gurame

Nyyuuummmmm

 

Advertisements

2 thoughts on “Ngesat Blumbang, Ritual Menjelang 1 Syawal

  1. Saya juga pernah ikutan tradisi ngesat blumbang kayak gini mbak. Tapi waktu itu yg boleh dimakan cuma bawal. Nilanya nggak boleh padahal gede2. Hahaha. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s