Puasa saat Menyusui

Ada yang spesial dengan puasa Ramadhan kali ini, yaitu saat saya “masih” menyusui Kinan di usianya yang sudah 1 (satu) tahun bulan Mei kemarin.

Sebenarnya, niat saya berpuasa kurang lebih tidak mendapatkan support sepenuhnya dari suami, ibu, bahkan mertua saya. Saya juga paham maksud mereka dan itu so sweet buat saya, hehe.. Tapi, saya ingin mencoba ikut puasa, dengan syarat : tidak memaksakan diri. Karena, saya pernah punya maag akut, juga tekanan darah yang rendah, alasan kesehatan inilah yang menyebabkan orang-orang terkasih saya menyarankan untuk tidak berpuasa. Ditambah, Kinan yang sudah mulai makan 3 x sehari dan selingan 2 x sehari, masih saja kuat bahkan full minum ASI dengan direct breastfeeding, jadi saya gak pernah stok ASIP lagi. Ya, memang karena Kina gak minum ASIP sih, hehe. Dan meskipun hari pertama bolong karena diare, Alhamdulillah hari berikutnya saya sudah bisa lebih siap.

Baca Juga : Ibu Diare Boleh Menyusui Bayinya?

Terus, apa saja yang saya lakukan untuk menjaga agar kuat puasa?

Ini ada tips nya ala-ala saya :

1. Makan berat sebanyak 3x (saat sahur, berbuka, dan malam hari)
Saat sahur dan berbuka tentunya sesuai jadwal dong, tapi ditambah makan di malam hari biasanya jam 9-10 malam.
2. Asupan makanan juga lebih diperhatikan : banyak sayur, buah, protein juga
Misal saat berbuka juga sambil nyemil-nyemil buah dan sayur, kurma, roti, susu, apapun
3. Cukupi minum air putih
Saat berbuka sampai dengan sahur , saya minum banyak air putih saat tiap sempat. Sedia gelas isi minum di meja makan, dan juga kamar. Jadi, misal lewat dapur, lewat meja makan, dan di kamar ya pastikan minum.
4. Booster ASI jika diperlukan
Salah satu booster : Minum susu yang dicampur kurma
5. Istirahat cukup,
Misal udah kerasa lemes langsung berbaring dll. Anak tidur siang, saya ikut tidur. Hehe
6. Jaga kesehatan, jangan kecapekan
7. Susui anak semau anak
Karena Kinan nggak minum pakai botol, tetap menyusui langsung. Karena semakin banyak disusukan, produksi akan semakin banyak. Tapi memang setelah menyusui kadang kerasa lemes bgt sih, hehe.. wajar lah kayaknya..
8. Jangan memaksakan diri
Misal memang sudah tidak kuat demi kesehatan jangan dipaksakan yaa. Kayak kemarin saya diare parah, gak mungkin banget saya meneruskan puasa karena takut kekurangan cairan.
9. Harus happy
Ibu menyusui harus bahagia agar produksi ASI mengalir lancar

Kira-kira ini yang saya terapkan ketika saya berpuasa saat menyusui. Semoga bisa kuat sampai akhir puasa nanti, hehe. Amiinnn.

Ada yang pernah puasa sambil menyusui?

 

 

 

 

 

 

 

 

Selomerto, 1 Juni 2017
Memperingati hari lahirnya Pancasila 😀

Leave a Reply

