Nostalgia: 5 Jajan Favorit Saat SD

Ketika puasa Ramadhan sudah mau tiba, tiba-tiba grup Whatsapp SD ramai lagi. Ngobrolin mau reuni dan temu kangen, karena udah sekitar kurang lebih 17 tahun kita berpisah (Padahal sih banyak yang se-SMP, se-SMA, bahkan kuliah bareng, kerja apalagi, hihihi). Tapi yang namanya nostalgia ya asyik aja ya, paling enggak ya kalau reuni gini kita berpisah setelah ganti pakai baju merah putih ke putih biru, haha. Lalu gak ada angin gak ada hujan, tiba-tiba obrolan bersambung ke guru killer, penjaga sekolah yang baik, cinta monyet, sampai ke pembicaraan jajan ala generasi 90-an.

“Eh, kemarin aku lewat SD kita. Mas-mas yang jualan salome kok masih ada. Dan mukanya masih kayak dulu jaman kita SD. Awet muda banget!”

(Nhah kalau yang ini sih misteri banget ya, hihi)

Terus obrolan berlanjut ke jajanan lain dan cerita pemanisnya. Sambil pegang hape senyum-senyum mbayangin jajanan apa aja saat dulu masih suka banget rela antri desek-desekan sama kakak kelas dan adek kelas demi bertemu mas-mas penjual depan sekolah eh maksudnya beli jajan.

  1. Telur gulung

Telur gulung dan saos tomat

Siapa sih yang nggak suka telur gulung ini? Dicelup sama saos encer murahan yang rasanya endeeuus hahaha… Padahal cara bikinnya gampang banget ya, cuma telur dikasih garam didadar trus digoreng berantakan di minyak panas, langsung diuwel-uwel pakai tusuk sate. Tapi, entah kenapa kalau beli rela antri dan rasanya lebih enak daripada bikin sendiri. Yang pertama mungkin karena bayar ya, hahhaaa.. terus banyak micinnya juga. Beruntung dapat mas-mas penjual yang pakai tusuk sate, lha biasanya juga pakai biting gitu :’D Biasanya telur gulung ini juga untuk menu lauk saat les, jadi Cuma bawa nasi aja, lauknya ya telur ini hahaha…

  1. Salome

Salome atau sekarang nama ngehitsnya Cilok

Mungkin kalau jaman sekarang namanya cilok ya.. Ngefans sama jajanan ini dari jaman salome biasa sampai salome yang isinya telur puyuh, ihh enak banget. Biasanya tukang jualannya pakai sepeda onthel, terus ada kompor kecilnya yang diatasnya udah nangkring panci yang isinya salome. Kadang juga ada tahu kulit sama kubis. Terus di samping kiri, ada berbagai macam saos yang encer. Ada saos gak pedes, saos pedes, sama kecap. Favoritku sih saos pedes campur kecap. Salomenya ditusuk pakai lidi, dapat 2 kalau yang agak gede, trus dicelupkan ke saos, baru dikasih ke plastik. Pulang sekolah, hujan-hujan, sambil jalan makan salome.. enaknyaaa..

  1. Makaroni

Makaroni puedessss

Makaroni goreng yang warnanya golden kemriyuk ini juga ngehits jaman saya sekolah. Yang jualan mas-mas pakai topi, jaket jins, trus ada tas pinggang wadah uang. Jualannya ditaruh di kardus indomie, disekat pakai kardus. Dipisah antara 2 jenis, yaitu  ada yang rasa original atau asin, ada juga yang pedes. Biasanya kalau beli langsung diguntingin plastiknya, dan dikasih sumpit. Inget nggak sumpitnya dari apa? Pasahan bambu yang tipis  dan agak pendek sekitar 5-7 cm-an, trus ditekuk, biar makannya berasa kaya orang cina, disumpitin.

Btw, temen kita mas Dhimas Duar juga bikin makaroni Home made lhooh, cuss ke blog-nya gih, kalian bakal ketemu sama Makaroni Mc Crowney!

  1. Roti goreng coklat

Roti goreng coklat

Saya masih ingat sekali jaman roti goreng ini jadi komoditi terbaru di kantin sekolah. Sebutannya roti “nDayak” kalau tidak salah. Ada isi coklat dan daging kala itu, tapi yang coklat paling lariiisss.. karena coklatnya itu bisa lumer di mulut dan enaaaak banget. Masih kebayang deh rasanya sampai sekarang. Kalau  bel istirahat bunyi, udah langsung lari dan kadang sampai lirik-lirikan sadis dan adu badan buat ngedapetin roti goreng coklat ini.

  1. Es lilin

Es lilin kacang ijo, salah satu favorit

Selain makanan pedas dan manis, es juga salah satu favorit saya. Apalagi es lilin. Bermacam rasa yaitu rasa coklat, kacang ijo, dan salak  menjadi beberapa kesukaan saya. Bentuknya yang simple karena dikemas dalam plastik panjang dan biasanya ujungnya diikat dengan karet gelang, membuat es lilin ini juga jajan yang paling laris versi saya, hihi. Kalau masih beku, paling enak dinyot-nyot dari atas yaitu harus dibuka ikatan karetnya. Tapi kalau udah agak encer, paling enak digigit ujung bawahnya sambil disesep gitu. Waah.. jadi pingin nih.

Sebenarnya masih banyak nih jajan yang berkesan dan jadi favorit, contohnya telur bulat, mi lidi, leker, sampai jajan-jajan kemasan kayak Opor Ayam, tic-tic, Kenji, krip-krip, anak Mas, trus masih banyak lagiiiii… *Ketahuan suka jajan ya hihi..
By the way, dari kelima jajan yang saya ceritakan diatas ada yang belum pernah kamu coba? Atau punya versi lain dari jajan favorit saat SD? Yuk cerita doong..

Advertisements

10 thoughts on “Nostalgia: 5 Jajan Favorit Saat SD

  1. Jadi kelingan roti goreng coklat. Tapi sepemblusukan saya, yang jual roti goreng di Jogja sepertinya sudah punah. Sekarang yang merajai itu tempura, cilok, bakso mini, susu nasional.

    • Wehh di Jogja juga sempat ngehits to? Disini sih kayaknya masih ada, tapi kayaknya dikemas lux masuk bakery-bakery. Tapi rasanya bedaaaa 😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s