jurnal, marriage life, mbakyublogger, memory, notetoself, wisata, wonosobo

Duduk Semeja dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo

Tahun lalu, Kabupaten tetangga-lima-langkah, Banjarnegara sempat mengundang kami, perwakilan komunitas blogger Wonosobo untuk ikut dalam rangkaian kegiatan #AyoPlesirMaringBanjarnegara, agenda promosi daerah wisata Banjarnegara. Masih terbayang keseruannya main-main eksplor daerah Banjarnegara meskipun hanya lewat tulisan dan ngintip lewat hashtag. Soalnya saat itu Kinan masih terlalu kecil untuk diajak, jadi yang berangkat suami dan teman. Nhah, dari situ, muncullah pertanyaan: Apakah Pemkab Wonosobo juga akan melakukan agenda yang serupa? Mengajak teman-teman blogger, dan pegiat sosial media untuk jalan-jalan mengeksplorasi wisata yang ada di Wonosobo kayaknya juga seru dan asyik.

Ditambah lagi, lihat teman-teman blogger bersliweran sebagai relawan media sosial yang tergabung dalam GenPI (Generasi Pesona Indonesia) Jateng yang baru pertengahan Maret ini diresmikan , tapi Wonosobo nggak ada. Huks. (Kami siap menunggu untuk chapter tiap Kabupatennya ;)). Bahkan even hari Jadi Wonosobo yang banyak bikin penasaran tentunya menarik bagi wisatawan, kayaknya terlalu sayang untuk dilewatkan deh.

Setelah chitchat secara personal dengan salah satu karyawan di Dinas  Pariwisata, akhirnya pada hari Kamis pagi, 23 Maret 2017 kemarin,  MbakYu Blogger diundang untuk sharing dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo. Kami (saya+Kinan 😂 , mbak Nessa dan Ardy) ngobrol santai dengan perwakilan dari Dinas Pariwisata dan kebudayaan, yaitu Mas Edy Santoso, Pak Asmoro, Om Bambang Tri dan Pak Satriyatmo (Sekdin).

Ngobrol dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo

Kurang lebih 2 jam kami saling menumpahkan uneg-uneg dan tercapai suatu kesepahaman bahwa kegiatan promosi yang paling efektif yang bisa dilakukan lewat online tidak bisa hanya dilakukan oleh “orang dinas” saja, namun harus bersinergi antara komunitas dan dinas. Berarti cocok dong ya, komunitas ingin lebih “disupport, diikutkan dan diberi ruang” untuk kegiatan promosi, begitu pula dengan dinas yang ingin “dibantu promosinya”.

Malahan, rencananya kami akan dilibatkan dalam pembuatan sistem informasi mengenai wisata di Wonosobo. Komunitas juga diminta untuk mengisi pelatihan mengenai website di desa, hingga studi wisata ke 3 desa wisata (@desawisatalestari)

Moga-moga jadi awal yang baik untuk komunitas dan dinas untuk bisa saling support dan bersinergi mempromosikan wisata demi membangun  Wonosobo. Amiinnn..

Btw , thank you buat Ibu Jasmine (@idahceris) . Love you full 😍

Advertisements

3 thoughts on “Duduk Semeja dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s