​#PertamaKali Mengajak Kinan naik Bus

Sebagai orangtua baru, saya kadang norak deh kalau udah bilang tentang momen #PertamaKali -nya Kinan. #PertamaKali makan MPASI, #PertamaKali nunjuk cicak, sampai pengalaman #PertamaKali naik bus.
Tidak tanggung-tanggung naik busnya dari Parakan sampai Wonosobo lho.. sekitar 1-1.5 jam perjalanan.

Awalnya sih degdegan dong. Apalagi suami bawa barang bawaannya banyak hahaha. Ada 3tas. 1 tas besar isi baju dan peralatan Kinan, 1 tas punggung isi laptop dan endebre-endebre kami berdua, terus 1 tas kecil isi makanan hasil oleh-oleh dari ibu mertua. Aseekk.. Tapi, karena suami bawa barang banyak, mau gantian gendong Kinan kan tetap susah. Jadi diniatkan Kinan saya yang gendong.

Kami menunggu bis di pertigaan “Air Minum” (PDAM Parakan) yang dulunya pasar tiban. Tidak lama, ada bis kecil jurusan Parakan-Wonosobo, karena agak longgar, kami berhentikan bis itu. Kami sengaja cari tempat yang dekat pintu dan  jendela bisa dibuka. Soalnya jaga-jaga kalau ada yang merokok, huks. Dan juga kalau turun, lebih mudah. Mengingat gendong bayik hampir 9 kilo dan barang yang banyak.

Alhamdulillah, pas awal duduk Kinan masih bertampang usil cengengas cengenges. Penasaran dengan bus, dia minta berdiri, pegang-pegang kaca, pegang-pegang bangku, dan bercanda dengan bapaknya. Sempat selfie juga lhoh. Sekitar 10menitan, mulai agak ngek, ooh tandanya dia mengantuk. Langsung saya keluarkan jurus ampuh. Nenen! Tidak lama, langsung tidur dong di pangkuan saya. Yes!

Selfie naik bus

Bus mulai penuh, dan banyak juga anak sekolah sampai ibu-ibu yang hendak ke pasar Kertek. Untunglah hari tidak hujan, jadi dengan bis yang penuh sesak, udara masih bisa ditolerir hehe.

Setelah lewat Pasar Kertek, ternyata sedang ada pelebaran jalan, dan huks macetnya… Sempat agak khawatir karena bus jalan perlahan dan mungkin saja Kinan bangun hingga rewel kepanasan. Tapi alhamdulillah tidak. Sempat agak curiga karena sopir menanyakan kami dan penumpang lain sekitar 5-6 orang turun dimana. Ya. Benar. Kami dioper pemirsaaa.. di pom bensin Siyono, sudah hampir sampai terminal Wonosobo. Untungnya bus operan juga tidak penuh, dan selama Kinan saya gendong turun dan naik bus juga tidak bangun. Amaaan.

Bus ini juga memutar lewat kota, dan kami ikut tidak hanya sampai di Terminal, tapi sampai di pertigaan Muntang, karena untuk menuju ke Selomerto, kami masih harus naik angkot jurusan Sawangan. Karena berhenti tepat di samping warung bakso kesukaan saya, mampirlah kami bertiga untuk makan bakso dulu, hihi.. Kinan enggak lho yaa, dia cukup ngemil puding labu kuning yang dibuat neneknya kemarin.

Bakso Solo namanya. Cabang Silento. Menurut saya, kuah baksonya pas. Baksonya juga enak banget. Kupatnya lembut. Mie kuningnya keriting dan kenyal. Harga Rp 13.000 satu porsi. Kami pesan 2 bakso komplit, 1 jeruk hangat, 1 air putih, 1 kupat, dan 1 tempe kemul, bayar Rp 32.000

Bakso Solo

Setelah menyantap bakso, kami segera naik angkot jurusan Sawangan. Kira-kira perjalanan 15menit, sampai di Selomerto. Alhamdulillah lagi, Kinan ceria (abis bobok lama si ya.. hehe) dan sepanjang perjalanan ngobrol dan nyanyi-nyanyi (dengan bahasa Kinan).

Naik angkot sambil nyanyi

Yeaay.. #PertamaKali mengajak Kinan naik Bus is checked

Tips mengajak bayi bepergian naik bus :

1. Pastikan barang-barang kebutuhan si kecil yang urgent dekat dan bisa terjangkau dengan mudah

Seperti : gelas minum dan cemilan, mainan, kipas, serbet/lap, selimut kecil, dll

2. Pakaikan baju yang agak tipis dan menyerap keringat

Jangan terlalu tebal karena jika cuaca panas nanti gerah. Mending sediakan selimut atau jaket jika hawa dingin.

3. Pilih tempat duduk yang nyaman

Bisa didekat pintu atau di samping jendela yang bisa dibuka/tutup.

4. Pastikan kenyamanan bayi sebelum berangkat

Jika bisa cek apakah popoknya penuh, apakah sudah pup, apakah lapar, saat jam tidur,dll karena bayi bisa rewel jika tidak nyaman.

5. Atur kenyamanan di bus

Saya memilih untuk menyusui dengan memangku, karena Kinan pasti tidur hehe. dan jika ada yang merokok, tidak usah malu untuk menegur.

Nhah, sampai ketemu di #PertamaKali selanjutnya…

🔖Tarif bus Parakan-Wonosobo : Rp 12.500

🔖Tarif angkot Wonosobo-Selomerto : Rp 3.000

Advertisements

2 thoughts on “​#PertamaKali Mengajak Kinan naik Bus

  1. Daku pertama kali ngajakin bRe ngebis langsung Jg-Wsb dan cuma berdua. Bawa ransel besar sama daypack. Lumayan seru perjuangannya. Berangkat dr Jogja pagi2 banget jadi enggak panas.

    Ebetewe itu bakso favorit daku juga lho, tapi biasanya beli di Slento sih 🙂

    • Waaaa.. keren banget bRe !! Besok Kinan juga pingin aah nyobain sampe Jogja hihi..
      Waah, samaa ternyata ya. Tapi emang endeus yo mbak. Aku bisa nambah kalik nek kelaparan banget wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s