Prakerin , PKL, dan teman-temannya.

Alkisah.. Hehehe..
Karena saya anak SMK, otomatis bersinggungan dengan hal yang bernama Prakerin, PKL, atau apalah sebutannya sekarang. Intinya, adalah latihan kerja di dunia nyata, dunia usaha, dan dunia industri.
Saya ingat dengan jelas

bagaimana guru kami dulu dengan repotnya membagi-bagi kami ke dalam kelompok-kelompok dan ditempatkan ke du/di (meskipun saat itu kami hanya satu kelas), tapi kesesuaian kelompok itu juga harus selaras dengan tempat tinggal kami, agar tidak memberatkan kami yang sedang praktik kerja. Meskipun saat itu saya harus naik angkot 2x untuk sampai di tempat praktik, hehe..
Saya ditempatkan di Dinas Pendidikan Kab.Wonosobo bersama ketujuh teman sesama jurusan saya, RPL.
Rekayasa Perangkat Lunak atau lebih ngehitsnya dikenal dengan jurusan komputer, mungkin seharusnya kami ditempatkan di dunia usaha/instansi yang berhubungan dengan komputer, pemrograman, jaringan, web, dll. Tapi, toh setiap kantor sekarang juga punya komputer dan jaringan internet kan?
Pekerjaan kami selama 2bulan tidak kurang dari membantu semua kegiatan bapak dan ibu karyawan disana. Dari hal membuat amplop, mengetik, mengecap, memfotokopi.. Eitttss tunggu dulu? Bukannya jurusan komputer? Kok mengerjakan seperti jurusan administrasi perkantoran? Hahahahaa.. Tapi kami menikmati kegiatan tersebut. Kami juga tidak sempat berpikir untuk protes kepada guru kami kok. Toh, inti dari praktik kerja sesungguhnya adalah bagaimana kami bisa bersosialisasi dengan banyak orang, belajar cara menghargai atasan, teman kerja, belajar disiplin, belajar tanggung jawab, belajar banyak hal yang tidak bisa kami pelajari di sekolah. Itulah makna praktik kerja yang saya ketahui. Jadi, boro-boro mau protes gak betah. Kami berusaha jadi bunglon untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat kami, saat itu. Oiya, tapi akhirnya juga kami diminta bantuan untuk membuat sharing printer, memasang kabel jaringan, dan instalasi windows, jadi ada hal kan yang ada hubungannya dengan jurusan kami? Hehe…

Tapi… Melihat faktanya sekarang, banyak sekali anak yang ‘manja’ (menurut saya). Bayangkan saja, baru satu hari penempatan ada yang minta pindah karena tidak betah lah, karena pekerjaannya hanya membantu mengetik, karena jauh (padahal pakai motor sendiri), karena gak ada temannya lah.. Dan berbagai alasan lain. Bayangkan. Baru satu hari. Bisa-bisanya bilang gak betah padahal baru satu hari. Perlu ikut Pramuka mungkin ya, hahahaha…
Mereka tidak tahu berapa ribetnya para guru mencari tempat praktik, me-lobby pihak du/di, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana bisa belajar kerja di dunia nyata secara nyata?

#reminder

Advertisements

3 thoughts on “Prakerin , PKL, dan teman-temannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s