jurnal, kinan, kuliner, marriage life, mbakyublogger, memory, wonosobo

Cerita Kehamilan Trisemester Kedua

Trisemester kedua – Masa ternyaman

Alhamdulillah, sudah masuk trisemester kedua. Sudah gak ada rasa “kagok” dan percaya sepenuhnya kalau lagi hamil hihi.

Makan lebih enakan
Alhamdulillah lagi, saya udah mulai bisa makan dan kepinginan makan. Ya meskipun belum banyak-banyak karena mualnya juga masih datang tapi badan udah enggak selemes kemarin-kemarin. Udah jauuuuh lebih enakan :’) Makan banyak pertama kali sama bobor daun waluh dan tempe bacem, hahaha.. enak banget. Dan karena makan sepiring habis adalah prestasi . Tapi, pernah ikutan makan-makan mie setan di ulang tahun temen, perut lagi enak banget tuh.. makanya sepiring besar habis. Begitu keluar dari warung makan, langsung mual dan muntah. Keluar semua, huhuhu. Makanya sekarang misalnya sedang enak-enaknya makan, gak berani makan kebanyakan hehehe..

Makanan pertama yang berhasil saya habiskan : Sayur bobor dan tempe
Makanan pertama yang berhasil saya habiskan : Sayur bobor dan tempe

Periksa rutin di Puskesmas
Karena Puskesmas tinggal nyeberang rumah, maka tiap sebulan sekali saya periksa di Puskesmas. Biasanya sih di hari Sabtu, saya libur dan suami juga agak santai liputan. Karena Sabtu, antrian juga nggak sepadat di hari sebelumnya. Tinggal duduk di registrasi, dipanggil, bayar 5ribu, trus antri di klinik KIA. Diperiksa tensi, berat badan, dan ditanya keluhan dll. Dan, pertama kali pakai alat semacam doppler, denger suara detak jantung si janin. Merinding, terharu dan pingin mewek, tapi aku tahan soalnya malu sama bidannya. Huks. Pingin denger terus jadinya..

Buku KIA dari Puskesmas
Buku KIA dari Puskesmas

Selamatan 4 bulanan
Masuk minggu ke-17 , kami menginap di Parakan, keluarga suami. Tadinya kami memang nggak niat mau selamatan 4bulanan, tapi surprise karena paginya Ibu sudah mbuatin nasikuning komplit, setelah didoakan trus nasi kuningnya dibagikan ke saudara dan tetangga. Saya juga diajak suami jalan-jalan keliling Parakan, sambil foto-foto di Pasar Legi Parakan yang belum jadi hehe..

Nasi Kuning selamatan empat bulanan buatan Ibu
Nasi Kuning selamatan empat bulanan buatan Ibu

(Calon) Pasar Legi Parakan
(Calon) Pasar Legi Parakan

Kondangan Jogja , sampai ngidam SS
Yang warga Jogja pasti tau dong SS, Spesial Sambal. Aduuh, nggak hamil aja bawaannya pingin banget makan sambel belut sama tahu gorengnya. Apalagi hamil gini, dan di Wonosobo nggak ada warungnya. Huks. Kebetulan, sahabat dekat saya menikah, di Jogja. Kebayang nggak senengnya, ketemu sahabat yang nikah plus bisa mampir warung SS, hahaha. Jadi, meskipun udah makan di kondangan, tetep dong mampir buat makan di warung SS. Sampe sambel belut dan terasinya saya bungkus buat nambah di rumah  Alhamdulillah ya dek, enggak ngiler hihi..

Surgaaa... Sambel belut dan tahu
Surgaaa… Sambel belut, terong dan tahu

Ketemu Mbah Ahmad Tohari
Bonus hamil kali ini ketemu mbah idola, mbah Ahmad Tohari. Yang kebetulan lagi mengisi acara di UNSIQ, trus diculik ke rumah salah satu sastrawannya Wonosobo. Karena saya diantar jemput suami, daripada nanti saya nunggu kelamaan di sekolah, ya sekalian dijemput aja trus ikut deh ketemu mbah Ahmad Tohari, hehe. Waah, duduk hadap-hadapan sama simbah bikin seneng banget hehe. Tadinya sempat mikir mau minta nama, tapi kalau dinamain Srinthil gimana, mau dek? Tenang aja Mamah dan Bapak sudah pusing siapkan nama kok.

Bertemu langsung dengan Mbah Ahmad Tohari
Bertemu langsung dengan Mbah Ahmad Tohari

Ada yang bergerak di perut!
Mulai minggu ke 16, mulai kerasa kedutan di perut. Masih samar-samar si awalnya. Kalau saya nggak diem banget gak akan kerasa deh. Tapi semakin kesini, kedutannya semakin kuat dan lama. Ahh, takjub banget! Semakin kangen pingin ketemu kamu, Nak.

Mulai terasa :')
Mulai terasa :’)

USG juga, akhirnya..
Meski awalnya suami bilang nanti-nanti-dan nanti. Saya yang udah penasaran setengah mati. Lebay. Padahal kata kakak sepupu yang juga bidan juga uSG besok-besok aja kalau udah keliatan banget buat liat posisi. Tapi, pingiiin banget. Akhirnya di suatu Sabtu, minggu ke-24, ngeyellah saya nelpon klinik dokter Ai’s buat antri hehe.. Yeaayy.. Alhamdulillah semua sehat, dan lengkap. Ini nanti satu postingan sendiri aja deh, hihi.

Foto pertama adek bayi !
Foto pertama adek bayi !

Katanya, hamil di trisemester ini lebih menyenangkan. Dan terbukti sih. Ngalami masa-masa terlemes sepanjang hidup kemarin itu sampai mikir gimana caranya bisa survive, ehh.. sekarang badan udah enakan. Jauuh enakan. Tapi, bukan berarti tanpa keluhan sih hehe.. Ya namanya juga hamil ya, ada ajaa pokoknya. Ada yang ngalamin juga kayak gini gak..

Kaki bengkak dan kesemutan
Nggak tahu deh kenapa, semenjak masuk trisemester kedua, kaki gampang banget bengkak. Padahal normalnya, kaki bengkak di trisemester ketiga. Kebanyakan duduk bengkak, kebanyakan jalan bengkak, kaki nggantung di motor bikin bengkak dan kesemutan. Katanya harus diwaspadai kalau protein urin-nya positif. Tapi alhamdulillah negatif. Ya kembali ke “bawaan bayi” aja deh hehe..

Punggung pegal
Selain karena bawaan tas saya berat, punggung semakin cepat pegal. Jalan sedikit aja udah kaya nenek-nenek harus pegangin punggung karena pegal. Sampai-sampai laptop saya tinggal di sekolah, agar nggak bolak balik bawanya.

Susah posisi tidur
Nhah, kalau yang ini juga jadi serba salah. Tidur yang baik adalah hadap kiri agar oksigen mengalir baik ke janin. Tapi kadang pegel banget. Sekali-kali hadap kanan eh capek. Telentang bentar juga capek. Solusinya saya tidur pakai bantal yang banyak, sumpelin dimana-mana biar nyaman hehe..

Bolak balik ke kamar mandi
Sudah mulai rutin ke kamar mandi buat pipis. Apalagi kalau hujan, wah, bisa bentar-bentar ke kamar mandi. Padahal saya banyak ngajar di kelas atas yang kamar mandinya harus turun tangga. Jadinya saya tukar kelas dengan guru lain yang di bawah, yang dekat dengan kamar mandi.

Susah BAB
Sudah makan sayur, buah, tapi kok susah BAB ya.. dan muncul semacam wasir yang bikin sakit kalau duduk dan kadang keluar darah, huhuhu.. sedih. Setelah diperiksakan, yang penting banyak minum air putih dan buahnya. Semoga cepat ilang.

Doakan sehat terus ya teman-teman.. sampai kelahiran nanti. Amiinn 😘

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s