jurnal, kuliner, marriage life, mbakyublogger, memory, referensi, review, wisata, wonosobo

Pilih Sendiri, Petik Sendiri : Strawberry Organik.

 

 

Masih dalam serangkaian jalan-jalan, setelah ke Kalikajar memetik jeruk, kami memutuskan untuk main ke perkebunan Strawberry Organik di Kertek, Wonosobo.

Dari arah pasar Kertek, kita naik ke arah Parakan. Luruuuus… sampai kira-kira 800 meter di kiri jalan ada Kecamatan Kertek, nhah naik dikit di kiri Jalan sudah terlihat tulisan Strawberry Organik.

Sesampainya disana, kami disambut oleh mas-mas menggunakan boot kuning tampak sedang memetik strawberry. Matanya awas mengamati setiap buah strawberry yang tersembunyi dibalik rimbunnya daun. Tangannya terampil dan cekatan memetik buah sesekali juga menyingkirkan daun yang kering dari pollybag, disampingnya nampak dua anak kecil yang mengikutinya kemanapun langkahnya pergi, ternyata setelah berkenalan, beliau adalah pemilik kebun Strawberry, namanya mas Isus.

Dua anak yang mengikutinya adalah salah satu dari sekian pelanggan yang sedang mencari kesegaran dari  buah Strawberry miliknya. Setelah kira-kira setengah wadah penuh, mas Isus menempatkannya pada wadah plastik dan menyerahkannya pada dua anak kecil tersebut. Dari situ saya tahu, strawberrynya dijual per ons dan kilo. Untuk sejumlah strawberry ukuran mika plastik sedang, dibandrol seharga Rp 5.000  hingga Rp 7.500.

Mas Isus, pemilik kebun strawberry organik
Mas Isus, pemilik kebun strawberry organik

Sambil bercerita tentang suka duka mas Isus menanam Strawberry, kami juga banyak berbincang tentang prospek menanam buah Strawberry organik dan peluang menjadikannya wisata petik buah. Intinya, untuk menanam Strawberry ini diperlukan modal yang sedikit kok, namun harus telaten dan tekun. Apalagi strawberry merupakan tanaman yang “manja”, butuh perawatan yang ekstra. Dan kerennya lagi, mas Isus menanam strawberry dengan autodidak, hanya membaca buku tentang bertani buah. Gayung bersambut, istrinya mbak Fitri juga ternyata hobi menanam dan bercocok tanam, sehingga tidak perlu diragukan lagi pasangan suami istri ini “hijau” sekali, hehehe… Salut *angkat topi.

Sebenarnya saat kami main kesana, strawberry sedang tidak banyak yang matang, mungkin sekitar 4 hari kemudian atau semingguan baru merah merona semua alias matang. Tapi kami juga tak menyia-nyiakan waktu untuk mencoba memetik sendiri strawberry di kebun yang sangat luas ini.

Kami juga diajari bagaimana cara memilih strawberry yang matang sempurna, yaitu dari :

  • Warna : Pilih buah strawberri yang memiliki warna merah cerah dan segar dengan mempunyai tudung daun juga berwarna hijau terang.  Dan harus merahnya merata, dari pangkal hingga ujungnya.
  • Wangi : Wanginya strawberry yang manis akan bisa membantu kita menentukan mana yang matang atau belum, buah yang sudah matang akan mengeluarkan aroma wangi yang segar serta nikmat .

Untuk menyimpannya, mas Isus menyarankan untuk memasukkan buah stroberi ke dalam kotak plastik atau jika baru dipetik, letakkan di atas mangkuk yang dangkal, tutupi dengan plastik (jangan terlalu rapat), dan simpan dalam keadaan tertutup di dalam lemari es (maksimal 3 hari, karena buah ini cepat rusak). Jika sudah mulai ada yang berjamur, sisihkan buah yang berjamur karena akan menyebar ke buah lainnya.

weningts - petik strawberry
Sambil memetik dan belajar memilih strawberry yang baik 😀

Rencananya, dalam jangka waktu 2 bulan kedepan, mas Isus dan istrinya akan menambah tanaman strawberry di belakang rumah dan di depan rumah (tepat disamping kebun) dan akan ditambah juga gazebo-gazebo, playground untuk anak-anak, dan juga kedai jus strawberry. Jadi, jika nanti kita mau main lagi udah bisa buat lama-lama sambil menikmati hamparan kebun strawberry 🙂

Yang masih penasaran? Yuk main kesana. Wonosobo juga punya kebun Strawberry 🙂

 

***

Photo by Erwin Abdillah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s