Edutalk #7 “Tahu Lebih tentang Film”

Tidak terasa sudah melewati angka ke-7, Edutalk kali ini mengangkat tema “Tahu Lebih tentang Film”. Kami menjawil SAKSI Production untuk memberikan materi dan sharing-sharing tentang bagaimana membuat film pendek. Alhamdulillah,  MbakYu Blogger mendapatkan kesempatan dan kepercayaan kembali untuk mengisi panggung Gramedia Fair yang sedang dilaksanakan di Wonosobo. Alhamdulillah-nya lagi, sponsor tetap kami Carica Gemilang (*maksa, hahaha) juga tetep sponsor.. hehehe.. Ditambah lagi, dari AQUA yang membagikan produk plus sejumlah dana (terimakasih kepada lobbyist kita mas Erwin).

Acara dimulai pukul 13.30WIB, di hari Sabtu, 5 September 2015. Para peserta sudah mulai berdatangan dan mengisi registrasi. Semua peserta mendapatkan free snack dan air mineral dari AQUA. Dan acara dibuka dengan menonton bareng film “Aku Kudu Piye, Tweeps”. Setelah menonton film besutan dari sutradara Luhki Herwanayogi tersebut, mas Kholis Fatoni Avrianto atau yang lebih akrab dipanggil mas Antok memperkenalkan diri dan SAKSI Production, serta mulai mengisi materi. Tidak tanggung-tanggung, saat mengisi materi pun, disuguhkan film pendek karya SAKSI Production yaitu “Jalan Lurah Sudarto” yang memenangkan Netizen Journalistic Festival 2015 kemarin kategori Film Terbaik.

Mas Antok dan mbak Dika bersama mbak Onyok sedang berbincang pengenalan SAKSI Production

Mas Antok dan mbak Dika bersama mbak Onyok sedang berbincang pengenalan SAKSI Production

Sebagai awalan materi, peserta diminta membandingkan kedua film tersebut kemudian diberikan pengarahan oleh mas Antok, dan ternyata hasilnya banyak peserta yang mulai paham perbedaan antara film fiksi dan film documenter. Lalu, ternyata mas Antok membawa oleh-oleh dari Jogja, yaitu….. video mas Luhki Herwanayogi yang menyapa para semua peserta EduTalk#7 dan memberikan semacam sharing tentang film “Aku Kudu Piye, Tweeps” yang ternyata banyak memberikan kritik sosial tentang penggunaan media sosial yang tidak pas. Ternyata mas Yogi dijadwalkan akan ikut mas Antok ke Wonosobo, tapi ternyata ada hal dan pekerjaan yang harus diselesaikan, jadinya yaa.. sebagai pengganti, muncullah videonya yang seolah-olah beliau ada disini, hehe. Ahhh pokoknya ini hadiah surprise buat MbakYu Blogger dan peserta Edutalk 🙂

Kemudian mas Antok meneruskan materinya tentang membuat naskah film, dan memberikan banyak contoh untuk para peserta. Dan, setelah semua materi selesai, saatnyaaaa… lomba membuat naskah. Peserta diberi waktu 30 menit untuk membuat naskah dengan kriteria lomba ditentukan oleh mas Antok yaitu : setting di warung makan, ada 3 peran (antagonis, protagonis, dan tambahan), hanya satu adegan, kira-kira adegan untuk 1 menit. Ketika 30 menit berlalu dan saatnya penjurian, peserta dihibur kembali dengan menonton film pendek berjudul Djimat karya mas Isa Mubarok.

Para peserta sedang membuat naskah  yang dilombakan

Para peserta sedang membuat naskah yang dilombakan

Akhirnyaa… pengumuman pemenang yang ditunggu-tunggu. Juara 1 adalah Dian Permana Putri A dari Argopeni dengan judul Tukang Parkir jadi Superhero, Juara 2 adalah Saffin Aziza Fathia dari SMA N 1 Wonosobo, dan juara 3 adalah dari Gentira (Gerakan Anti Kekerasan) Desa Kebrengan Mojotengah Wonosobo. Masing-masing mendapatkan piala,  sertifikat, dan souvenir dari MbakYu Blogger, Gramedia dan Carica Gemilang. Bonusnya, untuk yang juara 1, naskah akan langsung dipraktekkan (simulasi take dan editing) menjadi adegan film.

Semakin ramai dan menarik, sang juara 1, mbak Dian permana dipandu oleh mas Antok memilih kru dan casting pemain. Kru dan pemain diambil dari panitia dan peserta yang bersedia maju ke depan. Ada yang jadi cameramen, ada yang jadi soundman, lalu ada juga clapper, asisten sutradara, dan juga pemain ada yang jadi Jarwo, Mbak Jum dan Tukang Parkir. Mas Antok memberikan arahan kepada sang sutradara untuk bisa mem-“briefing” para kru dan pemainnya sehingga adegan bisa dilakukan.

Simulasi take yang disutradarai pemenang lomba naskah film

Simulasi take yang disutradarai pemenang lomba naskah film

Sayangnya, waktu sudah terlalu sore dan kegiatan editing tidak bisa ikut dipraktekkan, tapi sementara hasil video akan diedit mas Antok dan dalam waktu dekat ini akan bisa kita nikmati di Youtube channel SAKSI Production. Ditunggu yaaa….

Mas Antok berpesan, “Jika mau membuat film, cari ide yang unik, kuasai, fokus, eksekusi. Nggak usah mikir bagus atau enggak. Nantinya akan terasah sendiri ketika sudah sering bikin film. Perbanyak referensi film, dari dalam maupun luar negeri. Perbanyak event-event yang berkaitan dengan film. Dan yang terpenting, tetap SEMANGAT”

Para peserta yang berjumlah 100 lebih (Woooow…..) ini juga terlihat sangat antusias dengan banyak mengajukan pertanyaan kepada mas Antok dan juga mereka berharap akan ada kegiatan lanjutan dan rutin dari SAKSI Production sehingga bisa membuat karya film yang bagus. (Pe-er buat MbakYu Blogger dan SAKSI Production, hahahaha…)

Sampai ketemu di #EduTalk #8 😀

 

*foto lain menyusul yaaa….

 

Thanks to  :

Tim MbakYu Blogger
Tim GO Lokal
SAKSI Production
AQUA
Gramedia
Wonosobo Ekspress
Carica Gemilang
Tezzeng Clothing
Mahasiswa PPL KPI Unsiq
Para peserta EduTalk dari SMP, SMA/SMK, Umum dan komunitas
Dan semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satupersatu

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s