jurnal, marriage life, mbakyublogger, referensi, tips & trik, wonosobo

Mau Sehat?

Pagi kemarin, Rabu 1 Juli 2015, kami ada rapat dinas guru untuk membagi jatah jam mengajar. Kenapa diambil tanggal 1? mungkin sekalian dengan para guru gajian ya, haha… Jadi meskipun puasa, rapatnya kan semangat, hehe. Rapat dimulai jam 9.30, diawali dengan sambutan dan pembukaan Bapak Kepala Sekolah, yang memberikan evaluasi, motivasi dan informasi bagi kami para guru. Yang menjadi wow-nya adalah, sekolah kami memperoleh mandat untuk melaksanakan 5 hari kerja, yang dimulai pelajaran dari pukul 06.30 :O Baiklah, kita lihat dulu hasilnya seperti apa. Semoga berhasil, meskipun banyak pro dan kontra.

Ada banyak guru muda tambahan untuk mengajar di sekolah kami. 5 orang  yang akan mengajar mapel Bahasa Jawa, Seni Budaya, AP, dan TI. Alhamdulillah…  TI dapat guru baru juga, soalnya kalau tidak ada guru baru, bisa2 tiap guru mengajar 42 jam setiap minggunya hehe. Akhirnya setelah berhitung-hitung,  saya dapat 34 jam, mengajar di mapel Jaringan Dasar 4jam x 4 kelas (X RPL 1, X RPL2, X TKJ1, dan X TKJ2), dan Pemrograman web 4 jamx 4 kelas juga (X RPL 1, X RPL2, X TKJ1, dan X TKJ2), plus Kerja Proyek untuk kelas XII MM. Tahun kemarin dapat 28 jam, sekarang 34 jam, 5 hari kerja lagi.. hahaha. Lets see…

Setelah acara hampir selesai, Pak Gendut maju untuk memberikan banyak kultum tentang kesehatan. Salah satunya tentang pola hidup sehat, yang disampaikan adalah :

1. Makanlah makanan yang bersih
Makanlah makanan yang bersih (higienis), karena makanan yang tidak bersih mungkin banyak mengandung kuman penyakit. Penyakit yang dapat menyerang dari sini ialah diare, disentri, cacingan. Misalnya jajan di luar,  jangan sembarangan, perhatikan kebersihan dan bahayanya. Makanan yang warnanya mencolok dan kenyal tak wajar sebaiknya dihindari. Jangan pula memakan makanan yang berlendir, berbau, dan nampak tidak segar.

2. Minumlah karena haus

Terkait berbagai dampak fatal yang terjadi akibat terlalu banyak minum air putih, International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum saat kita merasa haus dan dahaga. Konsumsilah air minum secukupnya dan tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan 50 kg, konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter per hari. Rekomendasi ini menjadi sangat logis, karena berat badan seseorang tentunya berpengaruh pada jumlah kebutuhan air yang harus diminumnya perhari. Orang yang lebih gemuk (berat badan lebih besar) tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan orang yang kurus.

3. Kurangi minum air

Bila kita sering mendengar anjuran untuk mengkonsumsi air sebanyak 2 liter perhari, itu bukan berarti semua kebutuhan air yang diperlukan tubuh harus berasal dari air putih. Dua liter yang dianjurkan tersebut bisa juga termasuk dari makanan atau minuman yang banyak mengandung air, misalnya sup, air susu, buah, atau jenis makanan dan minuman lainnya yang mengandung air. Sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh kita ketika kita minum air putih berlebihan? Ada dua hal utama yang terjadi pada tubuh kita ketika kita terlalu banyak mengonsumsi air putih pada suatu waktu, yaitu:

  1. Mengonsumsi banyak air putih lebih dari yang dibutuhkan akan meningkatkan total volume darah. Volume darah yang meningkat pada sistem pembuluh darah yang tertutup akan membuat kerja jantung dan pembuluh darah akan meningkat seiring dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu.
  2. Jumlah air yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan kerja ginjal dari yang seharusnya. Ginjal akan memfilter/menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh, berbeda dengan pipa air dimana semakin banyak air yang mengalir maka pipa tersebut akan semakin bersih. Namun pada ginjal, hal tersebut tidak berlaku, malah beban ginjal akan semakin meningkat dengan banyaknya air yang harus disaring melalui glomerulus. Bahkan, glomerulus dapat rusak sebagai akibat dari menyaring banyaknya cairan yang tidak seharusnya diperlukan oleh tubuh, glomerulus bekerja ekstra keras karenanya. Sistem filtrasi di ginjal harus tetap mempertahankan jumlah air (di dalam tubuh) pada tingkat yang aman yang memang diperlukan oleh tubuh, kelebihan cairan sebagai akibat dari banyaknya konsumsi air harus dibuang dari tubuh.

4. Rentangkan tubuh setelah makan siang

Setelah makan siang, biasanya kita menjadi lelah dan mengantuk. Cobalah merentangkan tubuh setelah makan siang, maka menurut penelitian akan mengusir rasa kantuk dan lelah.

5. Berjalan-jalan setelah makan malam

Berjalan selama 15 menit setelah makan malam bisa membantu Anda terhindar dari diabetes. Sempatkan diri Anda untuk bangkit sejenak setelah menghabiskan waktu makan malam bersama keluarga. Berjalan setelah makan malam dianggap jauh lebih baik untuk mengurangi kadar glukosa daripada berjalan kaki selama 45 menit pada sore hari. Saat Anda berjalan setelah makan malam, otot-otot seluruh tubuh berkontraksi membantu untuk membersihkan gula dari darah. Tak hanya itu, berjalan kaki pada malam hari setelah makan juga akan membuat kualitas tidur Anda meningkat. Selain membantu menurunkan kadar gula darah, Anda pun akan terasa lebih segar keesokan harinya.

Sebenarnya ada lagi yang disampaikan, tapi kertas catatan saya hilang… besok kalau sudah nemu saya tambahkan lagi ya hehe…

 

 

Sumber referensi :
http://informasitips.com/awas-bahaya-terlalu-banyak-minum-air-putih
http://goodhousekeeping.co.id/2015/05/05/pentingnya-berjalan-kaki-setelah-makan-malam/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s