jurnal, marriage life, mbakyublogger, notetoself, wonosobo

Karena Nyontek Terlalu Mainstream

Halo ayang-ayangkuu… ciee, yang lagi UAS… ciee… Gimana soal-soalnya, gampang atau susah, atau susah-susah gampang? Gampangan mana sama ujian kesetiaan sama pacar, hihi…

Intinya, gak usah takut sampe kebelet pipis atau pusing tujuh keliling kalo ngerjain soal yang susah yaaa. Kami paham kok kalau “mungkin” ada soal yang bikin kita pasrah dan pasrah. Tapi, gak usah minder dan sampe yang namanya nyontek, terlalu mainstream banget lah pokoknya, dan dilarang dong yaaaa. Lebih baik kan kita percaya diri sama kemampuan kita sendiri, walaupun emang udah meras otak dan blaaassss gak tahu ini soal apa atau jawabannya gimana. Kunci yang utama kan cuma satu : menjawab. Masalah benar atau tidak, serahkan sama Tuhan dan guru yang ngoreksi deh. Trus trik-triknya apa aja sih yang bisa dan biasa dilakukan?

1. Menghitung Kancing

Untuk soal UAS karena ada pilihan gandanya, menghitung kancing mungkin bisa jadi cara yang biasa digunakan. Baca soal dan tunjuk kancingnya, terus yang kita tunjuk terakhir saat soal selesai dibacakan, berarti itu jawabannya? Makanya, sebelum UAS, perhatikan kancing baju sudah terpasang semua yaa, Hehe… Tapi, untuk soal UTS yang cuman essay, maaf yaaa menghitung kancing ini bukan pilihan sip (lha iya, mau ngitungin essay gimana, hehehe).

2. Memperhatikan Pola Jawaban

Yang ini juga untuk soal pilihan ganda, kenapa? Pernah juga kan ngalamin memperhatikan pola jawaban? Misal soal nomor 1 jawabannya A, soal nomor 2 jawabannya B, nomor 3 karena gak tahu ya udah jawabnya C (biar silangnya cantik dan mbentuk garis diagonal, yang penting mbentuk pola, hahaha…)

3. Tebak Berhadiah

Entah lupa materinya, entah gak tahu juga materinya. Biasanya ada juga yang pakai prinsip tebak-tebak berhadiah. Intinya si ngasal. Yang penting kejawab aja, dan gak kosong lembar jawabnya, hehe.. Gak sedikit juga si yang bener, tapi kebanyakan salah.

4. Surat Cinta

Saya pernah menghadapi yang satu ini. Saking pasrahnya, ada yang nulis surat cinta ke saya di lembar jawabnya. Isinya minta maaf dan bilang kalau dia lupa materinya dan gak bisa ngerjain di salah satu soal. Trik ini biasanya bikin ketawa simpul guru yang ngoreksi, tapi tetep gak bisa menimbulkan rasa iba lho yaa, menilai adalah menilai, hahahaha…

5. Ngumpulin Duluan

Yang ini sangat ekstrim. Misalnya, kita sering lihat ada yang baru beberapa menit soal dibagi trus ada yang sudah mengumpulkan. Bisa jadi, karena dia mahapintar, tapi bisa jadi karena saking pasrahnya dan merasa membuang waktu dan mungkin hanya bengong menunggu waktu ujian selesai, mending keluar duluan deh.

Hehehehe… ada yang bisa nambahin lagi? Biasanya ngapain aja kalo udah pasrah gitu?

Tapi etapiii… untuk menghindari hal-hal tadi di atas, ada kok yang bisa kamu lakukan, dan sangat diperbolehkan dilakukan menjelang UAS :

1. Minta kisi-kisi ujian kepada guru pembuat soal. (Jangan minta soalnya yaaa, hehe)

2. Jika merasa ada yang belum paham, tanya. (Bisa tanya guru atau teman yang lebih menguasai)

3. Belajar kelompok dengan teman-teman sebelum ujian.

4. Jangan ngedur belajar, imbangi dengan istirahat yang cukup.

5. Jaga kesehatan (sekarang lagi musim hujan, jangan hujan-hujanan yaa…)

6. Yang seneng main game, futsal atau yang lain, puasa dulu ya.. tahan dulu sampe seminggu 🙂

7. Setelah berusaha maksimal, perbanyak berdoa.

 

Yang jelaaaas, JANGAN mencontek ya… Usahakan WAJIIIBBBB kerjakan sendiri, percaya dengan kemampuan sendiri. 

Saya doakan, semoga lancar dengan nilai yang terbaik. Amiiinnnn!

Good luck ayaaaang 🙂

 

 

Advertisements

6 thoughts on “Karena Nyontek Terlalu Mainstream”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s