Pizza Hot Sobo – Variasi Pizza dengan Carica

Pizza Hot Sobo terletak di sebuah ruko di Sapen Singkir, sebelah selatan SPBU Sapen Wonosobo. Konsep awalnya adalah sebuah minicafe yang hommy, hangat dan menyenangkan untuk menikmati makanan ala Italia. Mas Ruskim, sang pemilik, awalnya hanya membuat pizza dalam bentuk mini yang kemudian dijual keliling. Namun, karena perkembangan omzet semakin baik, dia beranikan diri untuk membuka mini cafe sejak tahun 2013 lalu.

Tampak depan minicafe Pizza Hot Sobo di Jl. A Yani Wonosobo

Tampak depan minicafe Pizza Hot Sobo di Jl. A Yani Wonosobo

Hari Minggu, 30 November 2014 kemarin saya dan suami yang juga hobi kuliner mencoba mencicipi menu di Pizza Hot Sobo. Yang pastinya, lokasinya dekat dengan pusat kota, menu-nya macam-macam dan yang jelas, ini harganya terjangkaauuu (penting). Pas sampai sana, beruntung sekali, karena tiba-tiba hujan breesss. Wonosobo yang memang kota hujan, di bulan-bulan ini terutama, membuat selera makan kami bertambah, hahaha, alesan.

Kami langsung disambut oleh Mas Ruskim dan Mbak Dian (sang istri) yang sangat ramah. Untuk pembukaan, kami memesan Hot Bread Sosis Ayam  dan secangkir teh panas. Sebenarnya, Hot Bread ini adalah nama lain dari Hot Dog, dan sedikit dimodifikasi dengan namanya agar tidak terkesan ada Dog-nya hehe… Hot Bread ini dibagi jadi 2 jenis, small dan big. Ada juga Hot Bread Sosis Ayam dan juga sosis Sapi. Sewaktu makanan datang, saya langsung buru-buru ingin ngicip rotinya, karena ternyata rotinya homemade lho, alias bikinan Mas Ruskim sendiri. Dan memang benar, rotinya lembuuuut banget, gak eneg, trus paduan selada, tomat, timun, sosis, saos dan mayonesnya yang ciamik membuat saya langsung menyantap habis sambil mendengarkan Mas Ruskim bercerita tentang awal mula minicafe-nya ini.

weningts - kuliner wonosobo (16)

Hot Bread Sosis Ayam yang endeeuuusssss

Ini Mbak Dian dan Mas Ruskim, owner Pizza Hot Sobo

Ini Mbak Dian dan Mas Ruskim, owner Pizza Hot Sobo

Menyajikan langsung pizza yang fresh from the oven!

Menyajikan langsung pizza yang fresh from the oven!

Berawal dari Usaha Rongsok hingga Belajar Kuliner

Bukan pengusaha namanya jika tidak memulai usahanya dari bawah. Saya pertama kali bertemu dengan Mas Ruskim ini saat ada pelatihan memasak SKOGAR bersama Chef Reno. Saat acara tersebut, Mas Ruskim membawa sampel pizza mini. Dia sebenarnya adalah lulusan Teknik Elektro dan pernah bekerja di suatu perusahaan di Jakarta, namun ketika dia harus tinggal di Wonosobo, Mas Ruskim ini harus memutar otak lebih keras untuk berwirausaha. Pernah berdagang rongsok, namun pilihannya kemudian jatuh ke usaha kuliner, berbekal niat dan keyakinan yang tidak main-main, Mas Ruskim belajar membuat Pizza di kedai pizza milik saudaranya di Jawa Barat. Dalam waktu sebulan penuh, dia belajar luar dalam tentang kedai pizza, dan mulai bereksperimen untuk mendapatkan ukuran yang pas. Kemudian, mulai membuat pizza dengan ukuran mini dan teman-teman serta tetangganya diminta untuk mencicipinya. Dari cetakan dan ovennya pun dia rancang sendiri agar sesuai dengan apa yang dia harapkan.

Adonan kulit pizza yang merupakan masterpiece andalan Ruskim.

Adonan kulit pizza yang merupakan masterpiece andalan  Mas Ruskim.

Mengangkat Carica sebagai Khas Pizza Hot Sobo

Bersama dengan istri dan karyawannya, usaha tersebut sudah mempunyai konsumen loyal dari berbagai kalangan. Jika pizza biasa menggunakan paduan topping sosis, jamur, keju, daging, namun tidak dengan mas Ruskim. Dia menambahkan carica, buah pepaya asli Dieng, sebagai pelengkap dan ke-khas-an dari Pizza Hot Sobo ini. Jangan tanya rasanya, tentunya hhmmm… paduan komplit antara manis, gurih dan nikmaat…

Untuk harga pizza mini-nya pun sangat terjangkau yaitu Rp 1.500,- dan jika menginginkan untuk makan di minicafe-nya, untuk pelajarpun masih sangat terjangkau. Dengan merogoh kocek Rp 15.000 , bisa makan pizza untuk berdua hingga bertiga, atau malah untuk Hot Bread-nya bisa hanya dengan sekitar Rp 4.000,- sampai dengan Rp 7.000,-. Ada juga milkshake dengan harga dibawah Rp 5.000,-.

Harapannya, dia akan terus bisa mengembangkan bisnisnya dan menemukan inovasi lain dari pizza ataupun menu lainnya. Meskipun bukan asli Wonosobo, namun Mas Ruskim ingin tetap membawa nama Wonosobo dan juga buah carica jika nanti suatu saat usahanya dikembangkan di daerah lain seperti Jakarta ataupun Bandung, kota asalnya.

Oiya, bisa delivery tanpa minimal order lhoohh! 🙂

Jadi, bingung cari tempat hangout bersama keluarga dan teman-teman? Bosan dengan menu yang itu-itu saja? Coba yuk ke Pizza Hot Sobo!

Nomm.. nomm.. nomm... hot bread sosis ayam yang mantaappp!

Nomm.. nomm.. nomm… hot bread sosis ayam yang mantaappp!

Yang ini, pizza toping spesial :)

Yang ini, pizza toping spesial 🙂 Kenyaaaang… Alhamdulillah…

-0-

Pizza Hot Sobo

Jl. A Yani No 22 Sapen Singkir Wonosobo

Telp. 0852 9030 3135 / 0877 3417 2823 / 0857 0126 9683

Nb. Semua foto diambil oleh masbojo Erwin Abdillah 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Pizza Hot Sobo – Variasi Pizza dengan Carica

    • Bisa bangeet… naik angkot jurusan Wonosobo-Sawangan (bumper warna hitam) atau Wonosobo-Leksono (bumper warna ungu), sekarang bayar Rp 3.000,- Mas Wijna. Caricanya gak lembek, masih kenyal gitu, awalnya kan strukturnya juga agak keras, jadi memanggangnya juga gak terlalu lama. Yuk dicoba, kabar-kabar ya kalo ke Wonosobo 🙂

  1. anak2 gak suka pizza, dirumah gak pernah ada sosis nugget n semacamnya, klo ujan2 paling larinya ke ngebakso di remaja 16. maklum selera jowo, pernah sekali dibeliin pizza jualannya tetangga akhirnya yg makan simboknya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s