jurnal, mbakyublogger, memory, wonosobo

Selamat Hari Pramuka !

Tanggal 14 Agustus adalah Hari Pramuka. Sudah sekitar 7 tahunan saya tidak pernah mengenakan seragam coklat khas Pramuka. Kangen juga dengan Pramuka, lihat anak-anak yang lewat di depan rumah berseragam Pramuka, mengikuti upacara Hari Pramuka. Kebetulan disamping rumah kami adalah sekolah menengah pertama, yang kadang setiap hari Sabtu Minggu diadakan Persami (Perkemahan Sabtu Minggu). Kadang senyum-senyum sendiri aja lihat ada Dewan yang sedang ngomelin adik-adik, jadi flashback 🙂

Dari SD, saya sudah suka dengan Pramuka. Suka dengan kegiatan-kegiatannya yang sangat “alam”. Saat SD, saya sempat ikut Pesta Siaga, dan menjadi peserta termuda 🙂 Lalu, di SMP selain kelas 1 saya aktif ikut Pramuka (Regu Bougenvil dan Regu Sakura), saya juga menjadi dewan. Di SMK pula, saya kembali aktif ikut Pramuka, kebetulan saya juga ikut organisasi Pramuka dan menjadi Juru Uang (Bendahara).

Banyak pengalaman yang saya dapatkan dalam mengikuti Pramuka. Baik itu pengalaman menyenangkan, bahkan yang kurang mengenakkan, hehe… Saya punya pengalaman seru saat pelantikan Dewan Ambalan di SMK, berhubungan dengan jiwa korsa (katanya). Jadi, ada moment dimana kami duduk melingkar mengelilingi api unggun. Lalu kami dibagikan roti tawar. Dengan hitungan ganjil, roti tawar itu harus dilipat . Dengan hitungan genap, roti itu juga harus dipoper ke teman sebelah. Begitu seterusnya. Sampai didapatkan roti tawar dengan lipatan yang paling kecil. Dan kami harus memakannya 😦 Lalu ada lagi moment dimana kami berbaris dan meminum jamu temulawak yang rasanya supeeerrr pahitnya. Sebagai penawar, kami diharuskan “ngemut” permen Hot hot pop secara bergantian. Beruntungnya, saya dapat giliran pertama hihihii… Namun, setelah kami yang menjadi dewan Ambalan, kegiatan seperti itu sudah tidak ada lagi, dan kami ganti dengan kegiatan yang lebih “menyenangkan dan mendidik”.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang kami dapatkan dari kegiatan Pramuka. Saya menjadi orang yang tidak jijikan, dan juga tidak gampang ngeluh, ceritanya karena sudah ditempa hehe.. Namun, selain itu, saya juga jadi banyak “kenal” orang dan lebih gampang berkomunikasi dengan orang lain. Banyak hal deh yang bisa didapat dari Pramuka ini 😀

Dan sampai sekarang, saya masih ingat Dasa Dharma Pramuka lhoooo…

Dasa Dharma Pramuka, Pramuka itu :

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3. Patriot yang sopan dan ksatria

4. Patuh dan suka bermusyawarah

5. Rela menolong dan tabah

6. Rajin, trampil dan gembira

7. Hemat, cermat dan bersahaja

8. Disiplin, berani dan setia

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

-0-

wening - pramuka
Ada yang bisa menebak saya yang mana? Ini jaman SMK, sedang TKM (Tegak Karya Manunggal) di Kalikajar Wonosobo 🙂

 

Selamat Hari Pramuka! Semoga Pramuka selalu jaya, mewarnai perjalanan bangsa dengan karya dan melahirkan tunas-tunas muda yang membanggakan Indonesia 🙂

Salam Pramuka!!!

Advertisements

15 thoughts on “Selamat Hari Pramuka !”

  1. Pramuka, dulu kenapa aku nggak begitu suka dengan kegiatan Pramuka, ya? Padahal sebenarnya, bisa jadi pengalaman yang asik ^_^

    1. hehe, iya ya Mak, sampe suami saya juga dulu gak suka Pramuka, soalnya katanya banyak kegiatan yang “aneh-aneh” dan tingkat senioritasnya tinggi. Semoga Pramuka sekarang udah lebih mendidik dan menyenangkan 🙂

  2. Salam kenal, mak 😀 *salah fokus*
    kalau boleh tahu, sedang merintis komunitas perempuan apa nih ? kali aja bisa ikutaaan *kepo*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s