jurnal, marriage life, mbakyublogger, referensi, wonosobo

Prosesi Serah Terima Panji dan Kirab Budaya #HUTWonosobo189

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke-189 diawali dengan prosesi serah terima panji dan kirab budaya, bertempat di Alun-Alun Kota Wonosobo, hari Kamis, tanggal 19 Juni 2014. Penyerahan atribut panji : Songsong Agung Kamulyan, Tumbak Korowelang, Bendera Merah Putih (Bendera Gula Kelapa) dan Panji lambang daerah dilakukan secara khidmat oleh Wakil Bupati Wonosobo, Dra Hj Maya Rosida, Ketua DPRD, Kapolres, dan Dandim kepada Camat Wonosobo, Kapolsek Kota, Sekretaris Camat, dan Danramil Kota Wonosobo yang akan diteruskan oleh para Camat dan Muspika sekaligus menggelar kirab panji dan kirab budaya secara bergiliran di 15 kecamatan di Wonosobo.

Yang bertindak sebagai Pembina Upacara yaitu Wakil Bupati mengutarakan bahwa seluruh rangkaian prosesi serah terima panji dan kirab budaya ini dapat dimaknai oleh seluruh masyarakat Wonosobo sebagai pelestarian budaya yang sangat kaya akan nilai kehidupan. Sesuai dengan sejarahnya, panji Songsong agung kamulyan melambangkan pengayom atau kekuasaan, merupakan simbul penguasa yang berkewajiban melindungi rakyatnya tanpa pandang bulu/pilih kasih ( simbol Bupati). Tumbak korowelang atau tumbak katentreman melabangkan senjata kepercayaan diri, piyandel sama dengan sifat kandel, seorang pemimpin harus memiliki senjata untu menjaga keamanan, ketentraman dan perlindungan menyeluruh, dalam tata pemerintahan yang dilakukan oleh Kapolres. Bendera merah putih/ gula kelapa adalah mengedepankan perjuangan bela negara yang berkibar di setiap dada, dengan gagah berani yang dilandasi dengan kesucian untuk mengobarkan semangat perjuangan (Kodim). Panji lambang daerah melambangkan pemimpin atas potensi, kemajuan, kekayaan dan segala bentuk potensi daerah yang menjadi kebanggaan seluruh rakyat .

Panji-panji tersebut kemudian dikirab keliling kota setelah upacara serah terima selesai. Ada iring-iringan yang membawa hasil bumi, kesenian lengger, beragam hasil kerajinan, bahkan seluruh lapisan masyarakat pun ikut terlibat merasakan gegap gempitanya prosesi Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke-189 tersebut. Penghargaan Adipura (lambang kota terbersih) tahun ini juga diikutkan dalam pawai. Alun-Alun Wonosobo penuh dengan lautan manusia yang beragam kostum daerah, adat Jawa, hingga yang menampilkan pakaian khas Wonosobo, alias “ubel-ubel sarung”, hehe.

Hebatnya, meski hujan deras sempat mengguyur , para peserta yang mengikuti prosesi dan penonton yang menyaksikan ini terlihat tidak perduli, bahkan antusias dan terhanyut akan ke-sukacitaan menyambut Hari Jadi Kabupaten Wonosobo tercinta.

Oiya, upacara serah terima dan kirab ini juga sebagai pembuka dari seluruh rangkaian prosesi yang akan dilakukan memperingati Hari Jadi Kabupaten Wonosobo ke-189. Jadi, masih ragu dengan kemeriahannya? Ayo dolan Wonosobo!

Berikut foto-foto yang berhasil  diabadikan oleh Hasyim Asnawi,

Foto Upacara Serah Terima Panji oleh Hasyim Asnawi

This slideshow requires JavaScript.

 Foto Kirab Budaya oleh Hasyim Asnawi

This slideshow requires JavaScript.

Candid Shot oleh Hasyim Asnawi

"Gembira". Upacara serah terima panji dan Kirab Budaya memperingati HUT Wonosobo ke -189.
Gembira. Upacara serah terima panji dan Kirab Budaya memperingati HUT Wonosobo ke -189.
Rempah serbaguna. Upacara serah terima panji dan kirab budaya memperingati HUT Wonosobo ke -189.
Rempah serbaguna. Upacara serah terima panji dan kirab budaya memperingati HUT Wonosobo ke -189.
Teman setia. Upacara serah terima panji dan kirab budaya memperingati HUT Wonosobo ke -189.
Teman setia. Upacara serah terima panji dan kirab budaya memperingati HUT Wonosobo ke -189.
Berjoget. Upacara serah terima panji dan kirab budaya memperingati HUT Wonosobo ke -189.
Berjoget. Upacara serah terima panji dan kirab budaya memperingati HUT Wonosobo ke -189.

 

Advertisements

10 thoughts on “Prosesi Serah Terima Panji dan Kirab Budaya #HUTWonosobo189”

  1. wah selamat hari jadi ke 189 Wonosobo.. di note dech hari jadinya… mungkin suatu saat nanti bisa ngliat kemeriahan hari jadinya Wonosobo 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s