Nasi Goreng Kangkung Gulung #ResepHematCepatPraktis

Tadi pagi saya masak oseng kangkung dan tempe goreng. Kebetulan karena paginya sudah kebanyakan ngemil, alhasil kami berdua makan pagi dengan porsi lebih sedikit. Sehingga, oseng kangkungnya pun masih sisa. Tapi, sisanya nanggung kalau dimakan lagi buat makan siang berdua, dan bosen juga masa tadi pagi makan oseng kangkung, siangnya makan oseng kangkung lagi. Jadi, gimana kalau kita olah saja jadi bentuk lain? Inguk-inguk kulkas kok masih ada telur.. Hmm, saya jadi ingat nasi goreng gulung di cafe kampus saya dulu. Karena nasi goreng identik dengan sayur caisim dan kubis, boleh dong sedikit kita kreasikan dengan oseng kangkung..

Nasi Goreng Kangkung Gulung #ResepHematCepatPraktis

 

Bahan nasi goreng:

2 porsi nasi putih dingin

Sisa oseng kangkung, ambil daun dan batangnya saja

1 siung bawang putih, keprek, cincang lembut

Nasi Goreng Kangkung Gulung

Nasi Goreng Kangkung Gulung

1 siung bawang merah, cincang

1/4 buah bawang bombay, potong kecil

1 buah sosis, potong kecil

1/2 buah tomat

1 batang daun bawang, iris

4 buah cabai rawit

Garam secukupnya

Merica secukupnya

Kecap secukupnya

Saos sambal

Saos tomat

Minyak dan mentega secukupnya

 

Bahan telur dadar:

2 buah telur ayam

Garam secukupnya

 

Cara membuat :

1. Membuat telur dadar :

Siapkan mangkok kecil, masukkan telur ayam dan garam, kocok lepas. Panaskan teflon, masukkan adonan telur dadar dengan ukuran 1 sendok sayur, ratakan hingga membentuk lingkaran. Setelah matang, angkat dan sisihkan. Lakukan hingga menjadi 2 telur dadar bulat.

2. Lelehkan mentega. Masukkan bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabe rawit dan sosis.

3. Tambahkan nasi putih dan kangkung, aduk hingga rata.

4. Masukkan daun bawang, tomat, garam, merica. Perbaiki rasa dengan menambahkan garam, kecap dan saos. Setelah matang, matikan api.

5. Tata 1 lembar telur dadar dalam sebuah piring. Masukkan nasi goreng di tengahnya. Gulung nasi, dan balik permukaannya. Lakukan juga pada telur dadar satunya.

6. Nasi goreng kangkung gulung siap dinikmati, tambahkan keju, saos atau kecap sesuai selera.

***

Nasi Goreng Kangkung Gulung

Nasi Goreng Kangkung Gulung -Selalu ada cara untuk memanfaatkan “sisa” masakan-

Nasi Goreng Kangkung Gulung

Nasi Goreng Kangkung Gulung dengan taburan keju dan saos yang nyuuummmiiii :3

 

Jadi, masih bingung dengan semangkok sisa masakan? Apapun sisa masakan-nya, bisa jadi sesuatu yang enak dan berbeda. Ayo kreasikan :))

 

Advertisements

14 thoughts on “Nasi Goreng Kangkung Gulung #ResepHematCepatPraktis

  1. Waduh.. Barusan aja makan nasi goreng, eh.. Baca blog isinya nasi goreng juga.. 😀 Kebetulan yang disengaja rupanya.. 😀 Kalau begini, jadi lapar lagi..

    NB : Komentarnya sudah saya approve ya. Mohon maaf baru diapprove hari ini, soalnya komentarnya masuk daftar spam Akismet. Saya nggak lihat. Terima kasih. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s