jurnal, kuliner, marriage life, wonosobo

Kentang Brokoli Saus Keju #ResepHematCepatPraktis

Cuaca di Wonosobo sedang sangat mem-PHP-kan kami, tadi pagi panaaas banget. Trus hujan, panas lagi, trus sekarang hujan gede lagi. Dan kalo hujan-hujan gini emang enaknya makan yang panas-panas ya. Pas lagi buka-buka majalah, eh nemu ada gambar restoran yang salah satu menunya adalah kentang yang dibungkus wrap alumunium, trus ada brokolinya, kelihatan menggodaaa banget. Trus iseng-iseng deh mau nyoba, tapi pakai resep sendiri aja deh, hehe… Tetep #ResepHematCepatPraktis dong pastinyaa… 

Dengan bahan dasar kentang, #ResepHematCepatPraktis ini  memanfaatkan sisa aluminium wrap yang tinggal segulung, hehe.. Oiya, kentang asli Wonosobo merupakan kentang kualitas super karena sudah sampai diekspor ke luar negeri lho, salah satunya Singapura. Kentang yang dihasilkan adalah kentang dengan varietas Granola yang biasa dipakai di restaurant, hotel, rumah makan hingga dijadikan keripik oleh industri pabrik maupun rumahan. Dan Wonosobo juga merupakan salah satu penghasil dan produksi terbesar kedua di Jawa Tengah, setelah Banjarnegara. Kecamatan yang  dijadikan klaster tanaman kentang ini adalah Kecamatan Kejajar, Kertek, Garung dan Kalikajar. Wonosobo juga mempunyai pasar khusus kentang, Namanya Pasar Binangun, di Kecamatan Kertek. Jangan kaget jika singgah ke Pasar Binangun, Anda hanya akan melihat tumpukan karung-karung berisi kentang 🙂 Selain di Pasar Binangun, ketika berkunjung ke Wonosobo, bisa juga langsung membeli dari petani-nya langsung di sepanjang jalan menuju Dieng, bisa juga ikut cabut kentang juga, itung-itung mbantu petaninya, hehe..

***

Kentang Brokoli Saus Keju #ResepHematCepatPraktis

 

Bahan :

5 buah kentang, cuci bersih, kukus sampai matang, sisihkan

1 buah Wrap alumunium

 

Isi :

1 buah bawang putih, keprek, cincang halus

1/4 buah bawang bombay, iris

1 gelas susu putih

Mentega secukupnya

Brokoli secukupnya, dipotong sesuai kuntumnya kecil-kecil

2 sdm tepung terigu

Keju secukupnya, diparut

Merica secukupnya

Garam secukupnya

 

Cara membuat :

Kentang Brokoli saus Keju
1. Siapkan bahan : Kentang, brokoli, keju, susu, mentega, tepung, merica garam, wrap auluminium, bawang putih, bawang bombay
2. Kentang yang sudah dikukus, dibelah menjadi 2 bagian, biarkan agak dingin, lumuri permukaan dengan mentega
2. Kentang yang sudah dikukus, dibelah menjadi 2 bagian, biarkan agak dingin, lumuri permukaan dengan mentega
3. Siapkan bumbu dan bahan untuk isian
3. Siapkan bumbu dan bahan untuk isian
4. Masukkan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan tepung, dan susu perlahan, aduk hingga rata
4. Masukkan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan tepung, dan susu perlahan, aduk hingga rata
6. Masukkan brokoli dan keju parut, aduk hingga brokoli agak layu
5. Masukkan brokoli dan keju parut, aduk hingga brokoli agak layu
7. Siapkan wrap aluminium. Tata kentang, kerok dalamnya sedikit, masukkan isian, dan tutup rapat. Lakukak berulang
6. Siapkan wrap aluminium. Tata kentang, kerok dalamnya sedikit, masukkan isian, tambahkan keju parut, dan tutup rapat. Lakukan berulang
8. Taruh di pinggan, dan dipanaskan dengan api kecil. Tutup rapat. (Atau langsung menggunakan oven)
7. Taruh di pinggan, dan dipanaskan dengan api kecil. Tutup rapat. Sekitar 15-20 menit. (Atau langsung menggunakan oven)
9. Kentang Brokoli saus Keju siap dinikmati, dengan cocolan saus.
8. Kentang Brokoli saus Keju siap dinikmati, dengan cocolan saus tomat atau sambal.

***

 

 

Sumber :

http://informasi-wonosobo.blogspot.com/2010/04/kabupaten-wonosobo_05.html

http://m.obornews.com

Advertisements

6 thoughts on “Kentang Brokoli Saus Keju #ResepHematCepatPraktis”

    1. heeh, adeemmm banget, apalagi kalo di Dieng-nya sana,harus ubelubel jaket dan sarung, hihi. Ayoo backpackeran kesini 😀
      praktekin aja doong, kalo dimarahin Chef Juna, tak ganti marahin balik deh #eh 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s