Ayam Panggang Saus Tiram #ResepHematCepatPraktis

Malam minggu biasanya kami hunting kuliner di sekeliling kota Wonosobo, biasanya rutinnya sih nyoba Angkringan, hehe. Tapi kalo malam Sabtu, ngapain doong? Mumpung kulkas abis diisi, maksudnya belanja, nyoba iseng-iseng resep yang praktis aja yuuk.. Sebenarnya pingin langsung ngepost tadi malem, tapi udah keasyikan nonton film, jadi #ResepHematCepatPraktis ini latepost yang semalem yaaa… Bahan utamanya sayap ayam, trus saos dicampur, harusnya si masuk panggangan /oven, tapi pake teflon hasilnya juga sama aja enaknya kok hehehe…

 

Ayam Panggang Saus Tiram #ResepHematCepatPraktis

 

Bahan :

1/4 sayap ayam (saya bagi dua, biar lebih mresep dan banyak, hehe)

1 buah bawang putih, diparut

1 buah bawang putih, dikeprek, dipotong kecil

1 buah bawang merah, diiiris kecil

1 buah tomat, potong kecil-kecil

Merica secukupnya

Mentega secukupnya

Jeruk nipis

Garam secukupnya

Saos tiram

Saos tomat

Saos sambal

Kecap

 

Cara Membuat :

Ayam panggang saos tiram

1. Bersihkan ayam, potong menjadi dua bagian

2. Parut satu bawang putih, lumuri permukaan ayam dengan bawang putih dan  tambahkan sedikit garam

2. Parut satu bawang putih, lumuri permukaan ayam dengan bawang putih dan tambahkan sedikit garam, tunggu 15 menit hingga agak meresap

Ayam Panggang Saos Tiram

3. Goreng potongan ayam yang sudah dilumuri bawang putih dan garam hingga kecoklatan

Ayam Panggang Saos Tiram

4. Sementara itu, siapkan bahan-bahan saosnya. Saos tomat, saos sambal, merica, kecap, saos tiram, bawang putih, bawang merah, jeruk nipis, tomat, mentega, garam

Ayam Panggang Saos Tiram

5. Campurkan semua bahan dalam satu mangkok dan aduk hingga tercampur. Tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis untuk rasa asamnya. Jangan lupa tambahkan mentega.

Ayam Panggang Saos Tiram

6. Sementara itu, angkat ayam yang sudah matang dan kecoklatan

Ayam Panggang Saos Tiram

7. Campurkan ayam yang masih panas ke dalam campuran saos

Ayam Panggang Saos Tiram

8. Tata potongan ayam yang sudah dilumuri saos kembali ke dalam teflon (jangan diberi minyak goreng). Tutup dan biarkan bumbu matang dan meresap

Ayam Panggang Saos Tiram

9. Setelah matang, angkat dan sajikan hangat-hangat. Ayam panggang saos tiram siap dinikmati 🙂

Mudah bukan? Kita sudah bisa menikmati ayam panggang ala restoran buatan sendiri hehe… Resep ini bisa dimodifikasi dengan berbagai saos, misal saos kecap, siram madu (tinggal diganti madu), saus teriyaki, atau lainnya.  Oiya, bisa juga bahan utama diganti tahu atau ikan, sama enaknya . Selamat mencoba kreasi Anda :))

Advertisements

4 thoughts on “Ayam Panggang Saus Tiram #ResepHematCepatPraktis

    • ritual malam minggu, pingin nyoba angkringan di semua wonosobo, soalnya saya pecinta ceker dan kepala ayam hehe..
      kalo kulineran yang beneran, pas lagi niat aja hihi.. ada Cafe d’coffee (ini kopi-nya racikan sendiri), trus Rumah Makan Pawon Ndeso (masakan dan makanan desa : tiwul, jenang, dsb), besok tak iming2i 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s