jurnal, marriage life, tips & trik

Flashback : Seserahan.

Temen-temen saya tahun 2014 ini banyak banget yang “akhirnya” nikah. Seneng banget rasanya! Karena nikah itu seneng, hehe… Trusan, banyak juga yang nanya ke-saya masalah lamaran dari suami saya, sampai list seserahan yang ada. Duh, untuk lamaran sih saya jawab aja sih itu tergantung adat dan kepinginannya keluarga gimana, tapi untuk seserahan.. boleh pilih sendiri dong.. hehe…

Seserahan apa sih ? ย Jadi dari berbagai sumber yang pernah saya dengar dan saya baca, seserahan adalah simbolis penyerahan kebutuhan-kebutuhan istri yang diberikan calon suami kepada calon istri. Kebutuhannya ya tergantung si calon istri ๐Ÿ˜›

Listnya gak ribet kok, bebas, dan gak ada aturannya. Kalo saya sendiri si lebih milih kebutuhan yang sifatnya bisa langsung kepake atau nempel di badan, intinya sih terseraaahh… Pinginnya sederhana aja, tapi si suami (dulu masi calon suami) lihat apa apa pingin ngebeliin, hahaha, jadinya ya saya mau-mau aja :3.

weningts - seserahan dan lamaran 3
Ini pas tanggal 17 Agustus, kebetulan hari Minggu. Agak siang jam 1an keluarga dari Parakan sudah datang, dan sudah disambut keluarga dari pihak saya (kebanyakan dari Temanggung, karena bapak saya asli Temanggung). Wong Manggung ketemu wong Manggung, hehe
weningts - seserahan dan lamaran 2
Pakdhe Sumari dari perwakilan keluarga Parakan, dan Pakdhe Sugiri dari perwakilan keluarga saya. Trus sebelumnya juga ada acara ijin dengan simbah putri saya, yang kebetulan karena katarak dan kakinya sakit, hanya bisa berbaring di kamar, yang penting doanya Mbah ๐Ÿ™‚
Waktu ngasih mahar dan cincin. Trus cincinnya dipakaikan oleh ibu dan bunda. Ibu makaikan cincin ke saya. Bunda makaikan cincin ke mas Erwin
Waktu ngasih mahar dan cincin. Trus cincinnya dipakaikan oleh ibu dan bunda. Ibu makaikan cincin ke saya. Bunda makaikan cincin ke mas Erwin
Bapak, Ibu, Mas Erwin, Saya, Bunda dan Bapak :)
Bapak, Ibu, Mas Erwin, Saya, Bunda dan Bapak ๐Ÿ™‚
Acara makan makaaan!
Acara makan makaaan!

Oke, sekarang mulai dokumentasi seserahannya yaaa ๐Ÿ˜€

Satu kotak isinya Al-Qur'an, tasbih, dan mukena. Yang satunya isi mahar uang dan cincin sepasang.
Satu kotak isinya Al-Qur’an, tasbih, dan mukena. Yang satunya isi mahar uang dan cincin sepasang.
Kalo yang di kotak kiri, isinya bajutidur sama daleman. Sebelah kanan, bahan kebaya warna putih, kain jarik dan stagen (istilah Jawa sebagai pengikat)
Kalo yang di kotak kiri, isinya bajutidur sama daleman. Sebelah kanan, bahan kebaya warna putih, kain jarik dan stagen (istilah Jawa sebagai pengikat)
Make up (pembersih, penyegar, facial wash, bedak tabur, body scrub, pelembab dari Wardah karena kemasannya unyuu hehe). Di sebelahnya ada jilbab, dress dan blazer.
Make up (pembersih, penyegar, facial wash, bedak tabur, body scrub, pelembab dari Wardah karena kemasannya unyuu, tapi ternyata cocok di muka hehe) trus ada handuk yang dibuat kayak kelinci :3 ย Di sebelahnya ada jilbab, bros, dress dan blazer.
Yang ini dapet bonus dari calon suami, saya cuma request tas main, sandal sama sepatu teprek, eh dibelikan sekalian clutch, tas resmi sama high heels :3
Yang ini dapet bonus dari calon suami, saya cuma request tas main, sandal sama sepatu teprek, eh dibelikan sekalian clutch, tas resmi sama high heels :3
Pelengkap makanan dan jajanan. Ada kue coklat favorit dan buahbuahan :)
Pelengkap makanan dan jajanan. Ada kue coklat favorit dan buahbuahan ๐Ÿ™‚
Ini lho yang mbungkusin seserahan tadi hingga bikin lucu-lucu dan cantik. Namanya Mbak Vita, kakak perempuan (calon) suami saya. Tengkyu Mbak Viiitttt :*
Ini lho yang mbungkusin seserahan tadi hingga bikin lucu-lucu dan cantik. Namanya Mbak Vita, kakak perempuan (calon) suami saya. Tengkyu Mbak Viiitttt :*

Dulu belinya sekitar 2 mingguan sebelum lamaran, Jadi kalo lamarannya tanggal 17 Agustus 1945 eh… 2013, belinya ya awal-awal Agustus gitu. Belinya juga gak niat, dadakan aja, hahaha. Pas yang beli sepatu sandal baju tas gitu saya beli berdua, bersama (calon) suami, kebetulan saat itu masih bolak balik Jogja, jadi sekalian deh beli di Jogja. Gardena, Galeria, Gejayan dan Jolie jadi tempat ubengan kita. Nhah untuk makeup kita beli di Temanggung di salah satu toko kosmetik di dekat Banyutarung, saya lupa namanya. Untuk mukena, saya beli di Ummi Collection di dekat Poltas Honggoderpo, Jl, Ahmad Yani Wonosobo. Untuk handuk, belinya di swalayan Mahkota Temanggung (ini kelupaan trus beli seadanya, hehe). Trus Al-Qur’an belinya di Koperasi Tamziz Temanggung, kebetulan kakak ipar (calon) suami saya kerja disana trus mereferensikan tempat tersebut. Cincin emas untuk saya beli di Toko Mas Djanaka di Parakan, disana terkenal emasnya tua dan kualitasnya bagus. Tadinya mau pesen, tapi udah ngesir satu tinggal ditulisin aja mau grafirannya apa, malah bisa langsung bungkus hehe… Buat cincin Mas Erwin, karena gak boleh pakai emas, dan sebenarnya juga hanya buat simbolis aja sih, kita pesen pakai perak. Di Umu Silver Kotabaru. Hasilnya juga bagus dan cepat. Ada bonusnya cuci dan bersihkan cincin kita, gratis seumur hidup!

Ehhm, intinya sih masalah seserahan tidak sekrusial dan tidak semumet yang kita pikirkan. Saya cuma dulu request ada hal yang bisa saya pakai di saat resmi dan santai, selebihnya ya alat sholat dan kelengkapan lain. Tapi akhirnya malah banyaak banget gini.. gak nyangka, hehe.. Kuncinya sih cuma satu, harus di-list. Dan kalau bisa, kita ikutan belanja, jadi barang yang dibeli bisa pas (ukuran atau selera)

Jadi gak usah bingung yang mau lamar melamar, serah seserahan ๐Ÿ˜€

 

Referensi tempat :

1. Sepatu sandal tas : Sepanjang jalan Gejayan Yogyakarta

2. Cincin perak : Umu Silver, Kota Baru >> Facebook Umu Silver

3. Jilbab dan aksesoris : Toko Ummi Collection, Wonosobo

4. Cincin emas : Toko Mas Djanaka, Parakan Temanggung

referensi tempat lain menyusul ๐Ÿ™‚

 

 

6 thoughts on “Flashback : Seserahan.”

Leave a Reply

