jurnal

KEB Sumber Inspirasi dan Peri Bersayap Pelangi dari Srikandi Blogger

Waaaaa… ngimpi apa saya dibales pesan di Facebook sama Emak Srikandi Blogger yang kece dan cetar membahana : Pungky Prayitno !

Jadi awal ceritanya, saya ngiri sama Emak-Emak di KEB yang sudah berlalu lalang di dunia tulis dan blogging, meskipun beda kota bahkan negara masih bisa terhubung dengan adanya sebuah grup Facebook KEB dan sebuah BLOG. Bayangkan sebuah layar mini kaca yang sekarang  bisa menghubungkan siapa saja! Bahkan dengan blogging, kita bisa duduk manis sambil ngecek transferan uang masuk, hihihi…

Nhah, berawal dari itu, saya ingiiin sekali perempuan-perempuan di kota saya, Wonosobo (yang belum tahu bisa googling, terkenal Carica-nya hehe) bisa seneng nulis dan tidak begitu *maaf* gapteknet. Saya ingin juga banyak teman-teman dari Wonosobo, sebuah kota kecil di lereng pegunungan Dieng, juga bisa merasakan pergaulan luas di dunia per-bloggingan dan kenal dengan emak-emak di KEB yang baiiknyaaaaa :’)

Aaaak, pokoknya terimakasih buat MakPon Mira Sahid , MakErTe Sary Melati  dan semua MakMin dan semua Emak KEB deh pokoknya! Kalian membuat saya terinspirasi, semuanya!

Saya sempat meminta saran dan pendapat dari Mak Lusi  mengenai sebuah komunitas ini, mengingat teman-teman disini masih belum menyadari pentingnya nulis dan nge-blog, apalagi internet 😦 . Saya ingat betul kata-kata Mak Lusi : Kalau daerah yg minim sarana komunikasi, jangan dipaksakan online mak, tapi dibantu dg menyediakan media yang lebih pas. Karena komunitas menulis gak mungkin berkembang tanpa latihan. Nhah ini yang jadi acuan saya hingga akhirnya saya kembali bersemangat membentuk suatu komunitas ‘menulis’ di Wonosobo. Yang tujuan akhirnya adalah bisa meningkatkan minat baca, minat menulis, minat nge-blog.

Kami masih belum ada apa-apanya, karena kami memang sadar, merintis sebuah komunitas tidak pernah semudah membalikkan telapak tangan. (aiihhh peribahasanya). Kegiatannya pun memang sengaja tidak kami setting terlalu ‘online’ , yang penting mereka ada kesadaran ‘mau’. Seperti lomba menulis cerpen, kegiatan pelatihan menulis, belajar blog bareng, berbagi buku, review buku bacaan, pengembangan skill di bidang lain, dan banyak kegiatan lain yang kami sisipi kegiatan menulis. Ya paling tidak bisa mengenalkan mereka ke ‘dunia tulis menulis’.

Sungguh, mereka ‘mau’ menulis saja sudah merupakan bahagia saya.

Daaan, episode lain, kami sedang menggerakkan minat baca di banyak perpustakaan yang memang membutuhkan bantuan buku-buku pendamping. Karena, saya yakin, setelah mereka membaca, pasti mereka ‘bisa’ menulis. Ada program kami juga #BerbagiSatuBuku, ini lebih kepada menggerakkan rasa berbagi kepada semua pihak yang peduli akan ketersediaannya buku-buku di Perpustakaan Sekolah di desa terpencil, atau Perpustakaan Desa yang masih kurang buku bacaan. Bisa buku baru, bisa buku bekas, apapun kami terima. Yang mau ikutan juga boleh, hehe…

Peri Bersayap Pelangi yang sudah diterbangkan ke Wonosobo :)
Peri Bersayap Pelangi yang sudah diterbangkan ke Wonosobo 🙂

Saya kok langsung teringat Emak Srikandi Blogger :Pungky Prayitno, yang jarak kotanya  sekitar 2 jaman dari Wonosobo. Saya ingat ‘Peri Bersayap Pelangi’ yang sudah terbang kemana-mana. Tadinya bingung mau menghubungi Emak yang satu ini, tapi setelah saya beranikan diri, ternyataaa… Mak Pungky emang yahuudd dan baiiikkkk banget! Kagak salah terpilih jadi Srikandi Blogger! Dia langsung menyanggupi mengirimkan buku Peri Bersayap Pelanginya untuk terbang ke Wonosobo. Awalnya, saya minta ijin Mak Pungky untuk memberikan buku ajaibnya ke satu Perpustakaan saja, di Perpustakaan Sekolah di desa Kwadungan , Kecamatan Kalikajar Wonosobo. Namun, setelah saya baca betapa menariknya cerita dan sarat akan pesan yang tersirat di dalam ‘Buku Bersayap Pelangi’, saya minta ijin lagi untuk menerbangkannya ke beberapa Perpustakaan yang memang membutuhkan. Gakpapa ya Mak Pungky 😀 (Saya gak bilang makasih lho, nanti disembur lagi, hihi)

Meskipun nama komunitas kami ada Blogger-Bloggernya tapi masih bisa dihitung pakai jari yang bisa ngeblog, masih ada yang sama sekali belum kenal blog, belum kenal Facebook, masih ogah-ogahan nulis, (apalagi saya yang masih sangat newbie di dunia per-blog-an) tapi ini akan jadi cambuk bagi kami, dan saya yakin suatu saat akan ada banyak perempuan Wonosobo yang bisa bergabung di Kumpulan Emak Blogger . Amin 🙂

Salam hormat untuk Makpon, Makmin, dan semua Emak di KEB 🙂

Kalian selalu menjadi inspirasi kami!

5 thoughts on “KEB Sumber Inspirasi dan Peri Bersayap Pelangi dari Srikandi Blogger”

    1. Amiiinnnnnn !!! Kalau ibarat bayi masih ‘mbrangkang’ ni Pungky, semoga istiqomah, haiisshhh 😀
      Telimikiciiiiiiiiiiiih (bukan-terimakasih)

  1. Gpp mak mulai dari yang kecil, yang penting bukan banyak sedikitnya anggota tapi apakah anggota kita bisa merasakan manfaatnya dan apakah komunitas kita bermanfaat bagi masyarakat. Semangat!

Leave a Reply

