jurnal, mbakyublogger, referensi, tips & trik

Pingin sih Ngeblog, Tapi…

Hihihihi, siapa yang kesindir hayoooo…

Saya gak lagi nyindir siapa siapa kok, yang merasa senyum senyum yaaa ๐Ÿ™‚
Ehhhm, jujur dulu ini kata-kata yang pernah keluar saat saya belum ngeblog dulu. Yang punya pikiran sama ngacuuung! Yes! Semoga gak sendirian * golek kanca. Banyak kan ya pertimbangan untuk menulis di blog atau biasa disebut Nge-Blog.ย  Tapi dan banyak tapi lainnya yang akan semakin muncul ketika kita tidak mencobanya. Percaya deh sama saya (* bukan syirik ๐Ÿ˜› )

Tapi…. gak bisa nulis

Hihihi, geli deh kalo ada yang bilang gini (inget dulu soalnya, wkwkwkwk). Punya FB, punya Twitter, ada BB dll gak mungkin kan gak pernah nulis status atau ngetwit? Padahal intinya sama aja lhoo.. Gak usah panjang-panjang dulu kayak Novelnya JK. Rowling (hihihi) , blog yang isinya cuman nyadur gambar juga ada (yang penting sumber jelas), terus isi foto makanan juga ada (saya termasuk), blog isinya cuma status-status curhat juga ada. Banyaaaakkk banget. Gak perlu keterampilan ‘menulis’ tingkat tinggi deh pokoknya.

Tapi…. kalo nulis gak bisa tuntas

“Aku kalau nulis suka gak tuntas, satu dua paragraf langsung tak tinggalin”. Emang iklan di tivi ya, pake ditinggalin segala hehe… Nulis apapuuun. Apapun! Kalo belum bisa sampe tuntas ya jangan nulis yang panjang-panjang dulu. Atau tulis aja “bersambung”, hehehehe… Intinya, jangan pernah mbayangin. Do it!

Tapi… nulisnya apaan

Paling suka sama apa? Nyanyi/musik, blog kan bisa aja isinya cuman lirik lagu, chord lagu, cerita sebuah lagu, video klip dll. Suka masak? Lebih gampang lagi, taruh aja resep-resep masakan kesukaan. Kalo agak narsis ya nampilin hasil masakan kita, hehehe… Suka nonton film? Waah gampang banget. Tulis aja tentang resensi film, alurnya gimana, pemain siapa aja, trus dibuat kayak IMDB itu, rating pribadi aja hehehe.. Truss, suka apa lagi? Olahraga? Ahhh, bisa doong… Suka dandan? Kasih dong tips trik makeup, stylist rambut, hijab, dll. Suka baca buku? Apalagi. Bisa bangeet. Suka nulis? Ya emang nulis kali…

Tapi… takut berhenti di tengah jalan

Emang sih kegiatan ngeblog ini kayak mobil/motor yang butuh bensin atau bahan bakar. Tapi, kalau berhenti di tengah jalan kan juga gak akan ditilang pak Polisi, gak akan juga didenda hehehe… Blognya juga suka-suka kita. Yang penting, latihan konsisten aja sambil tetep memotivasi diri. Kalo udah nemu ‘klik’ gak bakalan deh kata ini keluar.

Tapi… namanya apa

Penamaan blog juga sebenarnya gampang-gampang susah, kayak milih nama anak katanya, hahahaha. Tapi, pastikan namanya itu bisa mem-branding-kan ‘Kamu’ ketika orang lain baca. Atau kalau udah bosen, bisa banget diganti atau bikin lagi. Jadi gak akan disetrum atau dihukum deh.

Tapi… aku gaptek banget

Saya juga gapteek! Tapi, belajar BLOG itu gampaaang banget. Kayak kita mainan FB dan sosial media lainnya deh. Dulu jaman Friendster bilang FB susah kan,malah sekarang kita bingung kalau disuruh buka Friendster lagi hahaha.. Banyak panduan di Google. Dari bikin yang gretongan alias gratis sampe yang bayar. Dari yang blog pribadi sampe blog keroyokan, hehe… Atau kalau pingin bareng-bareng belajar bikin Blog, ikutan komunitas Blog. Yang emang ngrekrut anggota yang belum pada punya Blog trus diajari #eh belajar bareng-bareng nulis di blog dan mengelola Blog. Contohnya nih, Komunitas MbakYu Blogger Mereka tiap hari Sabtu Minggu kumpul buat belajar bareng bikin blog. #Promosidikitgakpapaya

Tapi… untungnya apa aja sih

Oke, ini dari pandangan pribadi saya yaa… Jadi ngeblog menurut saya itu membuat saya bisa memanfaatkan waktu senggang dengan kegiatan positif, juga bisa jadi tempat curhat meluapkan kegembiraan, kesenangan, kesedihan, jengkel, bikin kita lebih plong. Nhah, yang penting lagi, ketika kita punya ilmu namun tidak ditulis maka ilmu itu akan menguap (Percaya kan dulu kalau pas SD kita disuruh nulis biar lebih ingat?), trus yang jelas kita bisa berbagi apapun malah kalau bisa inginnya menginspirasi siapapun (karena kita gak akan tahu siapa yang akan membaca). Yang terakhir, tulisan-tulisan itu kan akan selalu ada, nhah siapa tahu anak cucu kita baca, hehe, paling tidak menunjukkan “jejak” kalau kita pernah ada ya dengan tulisan itu. Selain tadi, saya pernah cuma nulis artikel pendek dapet pulsa, pernah nulis cerita jadi buku, pernah dapet gratisan ikutan acara seneng-seneng. Masih banyaaaak banget untung-untung lainnya!

Tapi… mulai kapan

Duuh, masih nanya? Sekarang dooong. Bikin blog cuman 2 menit* (Syarat dan ketentuan berlaku > red: internet OK dong, hehe). Pokoknya gak akan pernah nyesel kalau udah bikin blog, nulis di blog. Apalagi sekarang banyak banget lomba nulis di blog yang hadiahnya gak tanggung-tanggung. Salah satunya, cuman jalan-jalan di Wonosobo Fair, foto-foto, nampilin di Blog, dapet hadiah. Ini nih.. Blog Contest Wonosobo Fair 2014ย 

 

Mungkin ada yang mau nambahin tapi-tapi yang lain? hehehe.. Enggak kan yaa…

Oke, mulai sekarang… Yuk “Tapinya” diilangin… ๐Ÿ™‚

Nge-Blog itu asyiiiik, tapi kita harus nyoba dulu biar ngrasain asyiknya ๐Ÿ˜›

blogyuk

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s