Mengapa Harus Menulis?

menulis

Masih belum percaya kalau menulis itu mengurangi pikun?
Peneliti dari Rush University Medical Center menemukan bahwa orang yang dilaporkan melakukan latihan otak seperti membaca dan menulis sepanjang hidup mereka dari masa kanak-kanak sampai dewasa mengurangi penurunan daya ingat di kemudian hari.

“Berdasarkan hal ini, kita tidak boleh meremehkan efek dari kegiatan sehari-hari, seperti membaca dan menulis, anak-anak kita, diri kita sendiri dan orang tua atau kakek-nenek kita,” kata Peneliti Robert S. Wilson, Ph.D. dilansir Huffingtonpost, Jumat (5/7/2013).

Dalam masyarakat kita, berkembang paradigma jika menulis itu bakat, jadi kalau kita tidak dianugerahi bakat menulis, kita tidak bisa menulis. Seorang penulis kadang juga dianggap turun temuru, jadi kalau bapak ibunya bukan penulis, bisa jadi kita tidak bisa jadi penulis. Padahal, paradigma ini keliru. Bakat  bisa ditimbulkan dan tidak hanya hadir begitu saja. Dia bisa ‘ada’, salah satunya karena kebiasaan, sering dilakukan dan akhirnya menyukainya. Intinya menulis itu hal yang bisa dipelajari seprti kegiatan lainnya, seperti memasak, berenang, bahkan main gitar . Semakin sering belajar menulis maka akan mengasah ide dan imajinasi yang akan bisa meningkatkan kualitas tulisan kita.

Menulis juga sebagai salah satu media meditasi atau media untuk menenangkan jiwa. Mungkin ketika dalam satu hari kita melewati kejadian yang kurang menyenangkan, menulis bisa membuang semua energi negatif yang timbul dalam diri kita. Namun sebaliknya, dengan menulis kita juga bisa memberikan banyak sekali inspirasi dan berbagi hal positif kepada banyak orang yang akan membaca tulisan kita.

Gak pernah ada kata terlambat untuk menulis. Muda, tua, kecil, dewasa. Mulailah menulis sekarang juga.  Mulai dengan berbagi apa yang ingin kita bagi, apa yang kita rasakan dan kita pikirkan. Media sosial seperti Facebook, Twitter hingga Blog pribadi juga sebenarnya sangat berperan untuk membentuk karakter “gemar menulis”, selama kita melihat dan mengikutinya dengan positif. Perkaya juga dengan bacaan-bacaan yang bisa merangsang daya kembang pikiran kita.

Jadi, menulislah karena kita bisaberbagi, memberi banyak inspirasi, bonus bikin gak pikun, dan bisa jadi penghasilan juga lho 🙂

Masih bilang menulis itu susah? 😛

 

Weningts

(Sumber disini)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s