Nostalgia : Burjo Prapatan

Siang ini hawanya tidak panas dan tidak dingin, tapi kok jadi pingin makan sesuatu yang seger ya.. Tapi, perut sebenarnya masih agak kenyang karena sarapan tadi. Sebelum mampir-mampir, kami meluangkan waktu untuk makan eh minum bubur kacang ijo (kalau burjo dimakan apa diminum sih, hehe)

Warung burjo ini sebenarnya saat saya SMP sering saya dan teman-teman datangi. Tempat semula di ย perempatan Plaza, depan toko kaset Santi Adji, di dekat Poltas. Makanya, lebih terkenal dengan nama “Burjo Prapatan”. Dulu, hanya ada kios sempit kecil, berisi 3 meja panjang dan kursi panjang yang berhadapan. Sebelahnya ada soto ayam juga, barengan gitu tempatnya. Jadi, tiap pulang sekolah, kalau pingin jajan dan ngobrol-ngobrol, kita mampir kesini. Dan jangan salah, antrinyaaa… Harus “disik-disikan” (rebutan) dengan anak kelas lain atau bahkan sekolah lain. Harganya dulu masih sekitar Rp 1.000 atau Rp 1.500, saya juga agak lupa, hehe.. Udah dapet satu mangkok kecil bubur kacang ijo (bisa ditambah ketan hitam), dan ada versi hangat juga versi es, sesuai selera deh..

Meja yang ditumpangi rak kayu kecil, biasanya ada nampan yang isinya makanan kecil bungkusan, yang saya ingat ada banyak jajanan dari kacang, dan juga gorengan. Oiya, ada juga satu set teko air putih dan gelasnya.

Oiya, lucunya lagi, dulu jaman saya SMP kan masih mahal banget tuh habdphone, belum jaman lah.. Jadi, di tembok, kalender yang dipasang di dinding, meja dan rak yang ada di warung ini biasanya jadi media anak-anak untuk sekedar kirim-kirim salam, mengukir nama bersama yang tercinta, sampai luapan kekesalan… Kalau teringat jadi pingin ketawa sendiri. Membayangkan tulisan macam-macam dengan pulpen hitam, biru, merah bahkan pensil.

Saya baru ngeh sekitar satu tahunan lalu, kalau warung burjo ini sudah pindah di depan RSUD, dekat Stasiun Lama. Komplek ruko sebelahan sama reparasi jok dan apotek. Tempatnya si gak jauh-jauh beda dari pertama, tapi sedikit agak luas, karena yang sekarang tidak barengan dengan soto ayam. Nuansanya pun masih sama dengan saat dulu, mungkin sengaja disetting ya, biar bisa nostalgia, hehe..

IMG_20140322_112450

Burjo Prapatan dengan alamat baru

IMG_20140322_111644

Mbak-mbak menanti pesanan

IMG_20140322_111637

mejanya sama kayak dulu lho…

IMG_20140322_111500

sekarang harganya Rp 3.000

IMG_20140322_111519

satu mangkok penuh bubur kacang ijo

IMG_20140322_111551

kelihatan kacang hijau dan ketan hitamnya kan

IMG_20140322_111833

inovasi sekarang : ada roti tawar

Untuk masalah rasa, saya tidak melihat adanya perbedaan. Tetap sama dengan rasa yang dulu. Yang jaga sekarang anaknya, perempuan dan laki-laki. Dan tambahannya lagi sekarang ada roti tawar, jadi tiap yang pingin tambah kenyang bisa tuh dicelup roti tawarnya. Untuk harga, sekarang Rp 3.000, yaa karena kenaikan bahan baku juga.

Saya kurang tahu detail berdiri warung burjo ini kapan, tapi semenjak saya SMP sampai sekarang saja sudah lebih dari 11 tahun warung ini masih ada. Tanpa perubahan rasa dan kualitas, hebat!

Tapi, tempat ini tidak seramai anak sekolah seperti dulu, saat banyak anak-anak usia SMP SMA belum mengenal Smartphone dan WIFI (*jebakan umur ๐Ÿ˜› ) . Mungkin pelanggannya sudah berevolusi menjadi ibu-ibu dan bapak-bapak (yang dulu SMP dan SMA), hehe….

Semoga tetap ada menjadi tempat nostalgia kami!

Satu pertanyaan : “Pesen burjonya 2 Mas. Yang satu gak pake es ya..” | “Ya.. minumnya apa?” | “mmmm….”

Jadi, bubur kacang ijo ini, diminum apa dimakan?

Advertisements

6 thoughts on “Nostalgia : Burjo Prapatan

  1. aku tengah malam karena nisomnia, browsing cpns 2014 yang lagi hot.Bosen beritanya ganti ulang tahun wonosobo.Pas liat nama wening tyas kok sepertinya familiar ya. .akhirnya baca baca deh blognya.Weewww kereeenn tulisannya bagus bagus, seputar wonosobonya juga kumplit.Sampai berakhir dipost yang ini saya berani simpulkan kalo wening ini adek kelasku (pasti wening g kenal aku, karna aku g popular waktu smk dulu hihihi . . ) wening ya kenalnya amalina ghaisani . . aku dulu sekelas sama dia.Sukses ya buat wening, teruslah menulis . . jadi pengen ikut komunitas blog mbakyu . . gmn caranya ya . .

    • Haiiii mbakk :)) Waaaah, reunian ketemu sama kakak kelas hehehe.. Berarti dulu kelas akuntansi ya brg sama mbak Lina? InsyaAllah kalo liat mukanya pasti masih inget deh ๐Ÿ˜€
      Amin amiin, tulisannya masih berantakan Mbak, masih belajar ๐Ÿ™‚
      Tengkyuuu doanyaaa.. boleh banget ikutan mbak, ini grupnya https://www.facebook.com/groups/mbakyublogger/ monggo join saja, nanti kita sharing-sharing bareng ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s