jurnal, referensi, tips & trik

Yuk Belajar Nulis Kreatif : Pulang ke Kotamu..

Banner yang dishare Mak Yulia di KEB
Banner yang dishare Mak Yulia di KEB

Hari Sabtu kemarin, tanggal 9 Maret 2014. Berkat hipnotisasi Mak Yulia Yuli, saya jadi penasaran ikutan event Yuk Belajar Nulis Kreatif. Kebetulan sekali suami juga gak kalah ngebetnya penasaran ikut acara ini. Alhasil dengan peluh keringat, menerjang jalanan, dari Wonosobo sampailah kami di Taman Budaya Yogyakarta. Telat. Telat banget. Acara jam 9 pagi. Jam 12.30 kami baru sampai TBY. Kami celingukan dan sempat nanya sama pak satpamnya. “Di belakang sendiri, Mbak… Yang rame orangnya”, jawab pak satpam sambil menunjuk arah belakang.  Saya cek jadwal rundown acara, ternyata sekarang jadwal ISOMA. Ya udah, saya dan suami sholat dulu di musholla sangat kecil di pojokan. Selesai solat, kami cari ruangan yang dimaksud bapak-bapak tadi. Sesampai di depan ruangan, kami celingukan lagi. Nrobos masuk ruang eh kok udah rame bangeet. Terus kita disambut sama mbak-mbak panitia-nya, disuruh registrasi di bukukopi.com. Pas udah registrasi, kita nanya lagi, bisa langsung duduk atau gimana. Ternyata ditanya lagi, udah daftar atau belum. Saya jawab udah daftar di Mak Yulia, 3 orang. Gak pake ngisi daftar hadir, kita udah dikasih aja tu souvenir. Pas diintip, isinya buku A Cup of Hot Coffee for Psycho (bukunya Mak Lisa Gopar lhooo) , kaos (bertulis bukukopi,com), goodybag (berlambang Telkomsel). Geratis booo… Tapi, temen saya dapet snacknya, saya enggak, hiikkk  *nyuilin bakwan temen sebelah. Tapi, sinyalnya ilang-ilang 😦

Berhubung sayanya telaaat. Saya gak ikut sesi-nya mas Hazmi Srondol yang katanya ngobrolin masalah Digital Lifestyle, intinya tentang e-book. Saya tahu mas Hazmi ini ternyata blogger reporter yang unik dan lucu, pasti tadi sesinya keren dan seger deh, waah nyesel nih melewatkanmu Mas… tapi, kita sempat ngobrol pas setelah acara, dan orangnya memang kocak, hehe…

Mas Hazmi Srondol berpose dengan kaos kebanggaannya
Mas Hazmi Srondol berpose dengan kaos kebanggaannya

Yang kedua, katanya ada juga  mbak-mbak dari Kampus Fiksi. Ngobrolin masalah penulisan yang baik dan kriteria-kriteria yang bisa terbit. Dan karena telat juga, saya juga gak dapet materi silabusnya (bisa didownload katanya)

Nhaaahh, yang sesi mas Rektor Kampus Fiksi : Edi Akhiles, kita nyimak lhoooh dari sedikit awal sampai akhir… Orangnya sip kalau bercuap-cuap, banyak bikin geeerrr satu ruangan. Pokoknya gak bikin ngantuk. Dari semua yang mas Edi sampaikan, saya catet point pentingnya

Kenapa Menulis = penting!

  • Ketika kita menjadi penulis, pengetahuan kita pasti berada di atas rata-rata
  • Ketika kita menulis, kita bisa leluasa menjadi penafsir
  • Ketika kita menulis, kita bisa mempengaruhi orang lain (orang banyak bahkan!)

Ada 2 hal pokok dalam menulis fiksi

  • Ide

Ini merupakan gagasan dari apa yang akan kita tulis, bisa datang dari mana saja. Tips mencari ide : grab it while it comes, catat, pilih, banyak membaca dan perluas wawasan. Dan selalu dapatkan ide yang unik (out of box)

  •     Penyajian : termasuk di dalamnya teknik-teknik menulis

Menurut Mas Edi, ending sebuah cerita yang aneh dan absurd dan enggak banget adalah ketika di ending-nya, si tokoh dibuat mati dan gila, atau happy ending yang super lebay

Tips menulis :

  •     Buat outline

Selalu disiplin dengan outline. Misalnya mau dirubah, jangan sampai mengganti ide atau pokok yang sudah ada. Jangan gunakan seluruh hidup hanya untuk merubah outline, atau novel/cerpenmu tidak akan pernah selesai, hehe…

  •     Buat judul unik

Untuk judul, gunakan kata-kata yang persuasif , yang membuat orang penasaran untuk membaca.

  •     Bikin kalimat lincah

Kalimat lincah adalah kalimat kreatif pengembangan SPOK

  •     Snapshot dan frase

Satu atau dua kata yang membuat keadaan atau situasi lebih bisa “didapat” oleh pembaca

  •     Pentingnya kalimat paragraf pembuka

Mas Edi dan kru sendiri sudah punya rumus dimana suatu novel atau cerpen bisa diterbitkan, tergantung kalimat paragraf pembuka. Jadi buatlah semenarik mungkin.

  •     Suspense cerita, twist, kejutan, dramatisasi konflik

Ini juga penting karena kita bisa membuat pembaca lebih mendapatkan “rasa” dan banyak kejutan di dalamnya.

  •     Setting cerita seperti berita
  •     Self editing

Caranya mudah : Endapkan cerita, dan baca 2-3 hari berikutnya. Nhah, disaat itu kita akan tahu bagian mana yang harus diedit (Alur, penokohan, sampai tanda bacanya!)

Mas Rektor Kampus Fiksi : Edi Akhiles sharing bagaimana tips trik menulis

Di tiap sesi tanya jawab, langsung dibagi-bagi hadiah lhooo… Hebohnya lagi pas hampir di akhir acara, ada Pak Abu dari Qbaca yang menyampaikan materi tentang Qbaca dan keuntungan-keuntungan lainnya. Sejenis aplikasi seperti Kindle, E-book lagi. Bagi-bagi doorprize setelahnya  juga seru, ada yang dapat tiket nonton, sampai dapet Tablet! (bukan obat) 😛

Aaakkk… puncaknya ada Ifan Seventeeen! Duet bareng sama AM_Band (Band anak-anak dari Yogya, yang digawangi oleh Dito, dkk). Suaranya mas Ifan..broo, menggetarkan hati. Cetar membahana kalo kata Syahrini, hihi. Eh, tapi di awal acara juga katanya ada gelaran musik jalanan, kenalannya si cuma sama dek Angga (yang biasa ngamen di Tugu Serangan 1 Maret).

Mas Ifan yang suaranya .. ah, begitulah.. *ndredeg
Ini band yang ngiringi mas Ifan, namanya AM_Band. Anak muda Jogja yang kreatif dan oke
Kalo diliat dekat gini … *aduh
Maaf yang ke crop *upss tapi disamping-samping memang gambarnya mblabur :P
Maaf yang ke crop *upss tapi disamping-samping memang gambarnya mblabur 😛
Foto ini diupload oleh mbak yang jilbab biru di Twitter, trus diretweet sama Ifan. Hahaha
Foto ini diupload oleh mbak yang jilbab biru tosca di Twitter, trus diretweet sama Ifan. Eh, malah yang lebih nampang  saya sama mbak Wulan, Hahaha

Intinya, acara Yuk Belajar Nulis Kreatif bersama mas blogger reporter Hazmi Srondol, mas Rektor Kampus Fiksi Edi Akhiles, yang disponsori Telkomsel, Diva Press, bukukopi.com, KampusFiksi, Qbaca, dan lain-lainnya itu sukses  besar deh. Pesertanya banyak, acaranya asyik, pematerinya oke-oke, sip hiburannya juga *tetep.

Selamat yaaa Mak Lisa Gopar dan Mak Yulia, akhirnya ketemu kopdar sama kalian plus bonus ketemu Mak Yanti yang backpackeran dan Mak Fenny yang imuut. Sayangnya Mak Carolina udah cabut duluan, jadi gak ketemu deh (next time ya Mak!)

Kopdar KEB dadakaan !
Emak Emak Blogger juga bisa narsiiss dong…

Kita keluar gedung TBY jam 3an sore, muter2 Jogja dulu, ambil pesenan undangan dll, mampir Olive Fried Chicken (karena di Wonosobo gak ada Olive, hiks, kadang ming pingin kelingan jaman kuliah, hehe), baru balik Wonosobo dan sampai rumah jam 10 malem…  Kesel, capek, tapi seneng. Berharap besok ada acara kayak gini lagi, tapi jangan jauh-jauh sama Wonosobo dong (colek Mak Yulia n Mak Lisa Gopar).

*Maafken foto narsisnya banyaak 😛

Behind The Scene

Selfie mblabuuurr. Suami, saya, dan mbak Wulan
Orang-orang lagi pada sibuk foto sama artis dan pembicara, eh ini si suami malah pingin foto sama lukisan. Ya, aneh memang. Tapi, hobinya memang gitu sih. Aneh. 😛
Tuh, ramenya lagi pada antri foto
Tuh kan, kenapa saya bilang aneh 😛
Ini lagi. Gagal paham saya 😐
Advertisements

6 thoughts on “Yuk Belajar Nulis Kreatif : Pulang ke Kotamu..”

  1. Hihihihi,, maapkeun daku ya say,, ternyata daku malah terpesona bahwa mba wening masih unyu unyu *sirik* maklum emak yang pengen masih dianggap abegeh ini, suka keder liat yang kiut kiut *halah..
    Btw, terima kasih ya sudah mampir, eh padahal itu kupon makannya udh ta sempilin.. Lah palingan jatoh.. Trus kenapa ga minta lagee *-* kita pasti kasih ko.. Ciyus deh.. Kenapa langsung di kasih guddie bag? Karena e karena Blogger itu prioritas utama dihati kami *acieeee .. Next time kita adain lagi, dgn catatan ga boleh telat *colek mak Lisa Gopar*

    1. dasarnya pemalu, mau minta lagi jadi gitu deeehh *padahal biasanya malu2in, maklum terpesona sama Ifan Seventeen-nya, jadi lupa deeh hahaha
      Akkk, mak Yuli kereeen deh pokoknya!! keren! kereeeeenn!! Selamat ya acaranya suksees.. besok ada lagi aku disenggol, insyaAllah gak akan telat, jewer aja kalo telat… hihi Lup yu polll tengkyuuuu

  2. Huaaa… ini dia secuplik acara di Yogya yang hampir saja aku ikutan…
    Semoga lain kali aku bisa ikutan lagi ya Mak. Bisa ketemu dirimua juga…

    Oh ya… aku terpesona dg foto2 suamiku dg objek yang aneh itu… #halah :p

    1. Iya Maak… semoga kita ketemu! Amin amiin :*
      Hahahaha, iya tuuh, hobi aneh foto dengan objek yang aneh, dan masih ada yang lebih aneh #uppsss 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s