jurnal, tips & trik

Sebelum Transaksi, Kenali Online Shop Dulu Yukk…

Semakin canggih teknologi, kreatifitas orang untuk menyingkat waktu dan tenaga untuk berbelanja juga semakin canggih. Online Shop salah satunya. Siapa sih yang gak suka berbelanja lewat Online Shop? Facebook, Twitter, Website, bahkan Instagram! Udah praktis, bisa milih, gak antri, gak desak-desakan, hemat waktu, tinggal klik barang, transfer, barang langsung sampai. Tapi, eeitsss… tunggu dulu. Makin marak juga lho penipuan berkedok toko online ini. Untuk case saya sendiri, saya punya cara sederhana untuk mengecek keaslian Online Shop, mungkin juga bisa bermanfaat buat yang masih ragu berbelanja lewat Online Shop :

1. Hal pertama yang saya lakukan adalah melihat dan mempelajari website/situs /page yang mereka punya.  Misal untuk website lebih ke nama domain (com, co.id, dll) atau juga struktur  websitenya.

2. Saya juga harus melihat “reputasi” Online Shop itu lewat Google. Biasanya saya ngetik nama Online Shop itu sekalian keyword “modus”, “penipuan”, dan sebagainya.  Nhah, bisa kita lihat yang akan didapat dengan keajaiban sebuah keyword di Google, hehe

3. Jangan lupa, cek semua gambar yang ada di Online Shop. Biasanya Online Shop terpercaya akan masang gambar sendiri/ asli (bukan ngopy dari Google juga).

4. Masalah harga, jangan gampang tergiur dengan harga yang sangaaat murah atau Sale atau Diskon apapun. Apalagi kalau harganya jauuuuh….Cek lagi deh.

5. Ngecek testimonial juga perlu lho, meskipun sekarang banyak juga sih yang dikarang atau dihapus, namun cara konvesional ini juga perlu menurut saya.

5. Yang terakhir, saya sempat dikasih tahu teman ada situs Vaksin.com  . Sebenarnya data yang ada disana adalah database simple yang bersifat pasif dan bukan data realtime posisi nomor HP melainkan data provider dan area asal nomor HP. Karena menurut pengamatan Vaksincom pada mayoritas situs onlineshop abal-abal menggunakan nomor HP dengan asal kota yang berbeda dengan alamat di situs.

144343_analisahp1

(Source)

Nhah, kira-kira demikian cara sederhana yang biasa saya lakukan sebelum saya melakukan transaksi lewat Online Shop. Alhamdulillah selama bertransaksi lewat online belum pernah (eh jangan sampai) terkena penipuan bermodus ini. Jadi, jangan pernah takut untuk berbelanja lewat alternatif online. Yang penting kita selalu jeli mengecek keaslian dan lebih berhati-hati aja. 🙂

2 thoughts on “Sebelum Transaksi, Kenali Online Shop Dulu Yukk…”

Leave a Reply

