jurnal, tips & trik

Waspadai Modus Penipuan yang Semakin Kreatif

Kejadian ini sekitar seminggu yang lalu. Ayah saya ‘sambat’ dan telepon meminta saya dan suami datang ke rumah dengan alasan butuh pertimbangan mengenai sesuatu. Saya agak bingung dan bertanya-tanya ada apa sebenarnya. Lalu, tidak lama kemudian kami ke rumah Ayah. Daan… ternyata Ayah kebingungan karena ada yang mengirimi pesan di Facebook. Setelah saya baca seksama, kami langsung paham kalau itu hanya modus penipuan. Kami harus banyak menjelaskan secara detail ke Ayah, karena ya-harus-begitu, hehe… Sebagai pengguna internet, Ayah kami hanya terbiasa hanya menggunakan Facebook dan Skype (Untuk lebih lancar kontak dengan adik saya yang kuliah di luar negeri),  sehingga kami juga harus menerangkan dengan ‘bahasa Ayah dan seusia beliau’ untuk dapat memahami semakin banyak modus penipuan melalui media sosial. Alhamdulillah, setelah kita tunjukkan bukti-bukti dan penjelasan logis, Ayah mengangguk-angguk sambil bilang “Oiya yaa….”

Nhah, inilah  pesan yang dikirimkan ke Facebook Ayah :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya minta maaf memilih media sosial ini untuk menghubungi anda. Ini karena menurut saya lebih cepat dan lebih nyaman untuk berkomunikasi dengan anda.Baiklah,saya tahu anda pasti terkejut mendapat pesan dari saya,karena kita tidak saling mengenal satu dan lainnya,tapi saya berusaha memberanikan diri untuk menghubungi anda.

Saya melihat profile anda dan hati saya merasa yakin anda bisa dipercaya untuk bekerja sama membantuku dalam transaksi ini.Karena atas nama Tuhan saya memang sedang mencari orang yang bisa saya percaya untuk membantu menerima dana saya begitu tiba di Indonesia.

Namaku ARY SUGIHANDRINI,aku berasal dari Indonesia tapi sampai dengan saat kita berkomunikasi ini aku tinggal di Inggris.Aku menikah dengan seorang pria warga negara Amerika dan tinggal di Inggris.Kami di karuniai seorang anak perempuan.Dan sekarang suamiku sudah meninggal karena kecelakaan udara di Brazil pada 7 Pebruari 2009.

Ayahku seorang warga negara Indonesia,tapi beliau hidup di Singapura dan bekerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil.Beliau menikah dengan seorang wanita warga negara Amerika dan mempunyai seorang anak perempuan yaitu aku. Aku anak tunggal dari pernikahan kedua orang tuaku,sebelum mereka bercerai dan kemudian ibuku berencana pulang kembali ke Amerika,dengan membawaku serta bersamanya.Tapi ayahku tidak mengijinkan ibuku untuk membawaku ke Amerika,jadi setelah ibuku pulang kembali ke Amerika,aku hanya tinggal bersama ayahku.Beberapa tahun kemudian,ayahku pensiun dan kami kembali pulang ke Indonesia,aku tinggal di Indonesia sampai aku dewasa.

Beberapa tahun setelah tinggal di Indonesia,ayah meninggal dunia karena bertengkar tentang suatu masalah harta dengan adik lelakinya.Setelah kematian ayah,hidupku menjadi tidak nyaman karena pamanku menolak untuk mengurus hidupku.Jadi,aku memutuskan untuk kembali ke Singapura serta mencari pekerjaan.Kemudian aku bertemu dengan suamiku yang warga negara Amerika,yang pada saat itu perusahaannya di Inggris mengirimkannya untuk bertugas ke Singapura.Setelah dia menyelesaikan tugasnya di Singapura,dia membawaku pulang ke Inggris,dan di sana kami hidup bahagia sampai dengan kecelakaan pesawat udara itu membawaku jauh dari suamiku.

Setelah kematian almarhum suamiku,para kerabat suamiku seperti menjadi tulang di leherku,karena mereka ingin mewarisi dan menguasai seluruh harta peninggalan suamiku termasuk uang hasilku bekerja selama bertahun tahun.Dan juga termasuk uang kompensasi dari perusahaan almarhum suamiku atas insident kecelakaan tersebut.Karena tekanan itulah,aku memutuskan untuk memindahkan uang peninggalan tersebut,sejumlah($ 3.200,000)dalam konversi tiga juta dua ratus dollar $ ke negaraku Indonesia.

Jadi karena alasan seperti yang telah saya ceritakan itulah,secara pribadi saya memohon bantuan anda untuk membantu saya menerima dana tersebut dan menyimpannya di Indonesia,setelah saya memindahkannya dari Inggris. Saya menawarkan 20% dari total dana yang terkirim untuk segera anda ambil dan menyimpan yang 80%nya untuk saya dan putri saya,sampai dengan saya mengambilnya nanti. Saya menunggu jawaban anda secepatnya,atas permintaan saya ini. Dan apabila anda bisa dan mau membantu saya, mohon segera kirimkan data pribadi anda,antara lain:

1.Nama Lengkap.
2.Umur.
3.Jenis Kelamin.
4.Nomor Telepon.
5.Alamat Lengkap.
6.Pekerjaan.
7.Fotocopy tanda pengenal/KTP.

Karena hal ini akan saya sampaikan kepada Pengacara saya untuk digunakan menyiapkan Dokumen Perjanjian yang dibutuhkan apabila kita bisa bekerjasama.
Terimakasih.Tuhan Memberkati anda.
Wassalam.
Ary.

Hal pertama yang saya lakukan adalah melihat profilnya di Facebook, dari tampilan Facebooknya, tampak foto-foto yang meyakinkan bahwa apa yang dia ceritakan sesuai dengan kenyataannya. (Tapi kita juga gak tahu pasti kan, kebenaran foto itu milik siapa)

Ary Sugihandrini
Facebook pengirim pesan

Hal kedua adalah langsung browsing namanya di Google. Daan, tidak mengejutkan.. ada banyak halaman yang menyatakan bahwa akun ini adalah fake account yang memang melakukan penipuan.

PENIPUAN INTERNET  Januari 2014

sumber : http://penipuaninternt.blogspot.com/2014_01_01_archive.html

HATI-HATI... MODUS BARU JIKA MENDAPATKAN INBOX SEPERTI INI   UPTD Pendidikan Kec. Tembelang

Sumber : http://uptdkectembelang.blogspot.com/2014/01/hati-hati-modus-baru-jika-mendapatkan.html

Malahan untuk screenshot yang pertama, mas-masnya yang punya blog sengaja mengikuti alur si penipu ini. Dijelaskan juga modus operandinya secara lengkap. Kira-kira begini pesan balasannya :

Hallo
Bagaimana khabar anda hari ini?Saya ingin memberitahu anda,bahwa saya telah selesai mengatur dan mendaftarkan paket kita ke AERO LINK GLOBAL LOGISTICS SERVICE,dan paket telah diberikan kepada agent yang akan mengantarkan ke Indonesia,dalam keadaan tertutup rapat dan berlabel bagasi diplomatik.
Total uang dalam kotak tertutup adalah 3,2 Juta Dolar AS.
Nama Kurir Agent yang membawa kotak tersebut adalah Mr.William Richard,beliau akan mulai perjalanan dari London pada hari Sabtu 04/01/2014 dan akan tiba di Indonesia pada hari Senin 06/01/2014.
Agent tersebut akan menghubungi anda melalui telephon begitu dia sampai di Indonesia,karena saya diberitahu akan ada sedikit biaya yang akan anda bayar kepada Indonesia Authority Custom dalam rupiah,sebelum mereka memproses selanjutnya pengiriman paket ke alamat anda.
Karena jika uang tidak dibayar maka Pemerintah Indonesia Airport Authority tidak dapat memberikan kotak tersebut kepada anda tanpa terlebih dahulu membayar biaya di Bandara. Setelah clearance di Indonesia,agent akan mendapat akses untuk datang dan memberikan kotak parcel ke alamat anda.
Jadi,saya mohon lakukan yang terbaik untuk menyelesaikan semua kebiasaan yang ada di Indonesia,dan setelah anda menerima parcel,semua pengeluaran anda di Indonesia anda dapat anda seimbangkan kembali,dan mohon segera simpan sisanya.
Mohon Bapak tidak mengecewakan saya ketika anda menerima uang itu,karena hal itu segalanya yang saya dan anak saya miliki.Dan saya sangat percaya kepada anda,sebelum kita memulai transaksi ini.
Silahkan bekerjasama dengan agent kurir company dan ikuti semua instruksi ketika dia tiba di Indonesia untuk memastikan anda menerima kiriman tanpa kesulitan. Dan tolong beritahu saya segera,kalau anda sudah menerimanya. Terimakasih dan Tuhan Memberkati anda. Ary

Sudah jelas disini, kita diminta untuk mentransfer sejumlah uang, padahal uang dari si pengirim pesan itu pun belum pasti ada, atau malah tidak ada.

Banyak cara penipuan yang sedang berkembang, seperti Undian Berhadiah, Phising (teknik penipuan untuk mencuri password atau informasi pribadi Anda), Software yang berisi virus, Piramida Uang, Akun Palsu, dan masih banyak lagi. Demi kenyamanan dan keamanan, intinya kita tidak boleh mudah percaya kepada orang dan jangan mudah tergoda. Karena dengan banyaknya kreasi dan modus penipuan, apapun bisa terjadi. Jadi, kita juga diharuskan lebih cerdas, waspada, curiga, dan selektif.

19 thoughts on “Waspadai Modus Penipuan yang Semakin Kreatif”

    1. Iya Mak, ngeri ya… ujung-ujungnya minta transfer uang dan sejenisnya. Kalo lewat telpon juga bisa kena hipnotis ya katanya, beruntung Mamahnya Mak Novia. Semoga orangtua-orangtua kita juga selalu dilindungi, Amin..

  1. hampir saban hari saya juga dapet email yang gak mutu begitu, mak.. macem2 modusnya. tapi paling cepet saya masukin kantong spam aja. males baca apalagi ngrespon, coz udah keliatan modusnya.

    btw, nice share mak..

  2. Naaah kan, makanya aku prihatin banget dg emak2 yang pengin menang lomba shg jadi tidak waspada ketika diminta mengisi formulir, sementara penyelenggara bukan brand ternama. Brand ternama sekalipun tetap harus hati2 krn brand besar sering men-subcontractornya event ke agensi atau EO.

    1. Iya Mak Lusi, sekarang banyak banget yang modus lomba nulis (khususnya) yang harus ngisi formulir sampe scan KTP maupun harus transfer biaya aneh-aneh. Waaah, bisa ngesubcontractor gitu to Mak? berarti brand besar gak jaminan ya Mak, harus lebih jeli nih.

  3. Barusan saya jg dapt massenger dr Ima Suyanti,profil Fb sama persis dg yg anda uploud.Untungnya saya browsing ini dan mengetahui kl ini penipuan.
    Sbelomnya saya memang selektif memilih pertemanan.Termasuk orang yg tdk saya kenal ato orang asing tdk pernah saya respon.Lebih baik hati” dg orang yg tdk kita kenal.

Leave a Reply

