Bercerita sambil Belajar Menulis

Sudah satu bulan ini adek-adek dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Wonosobo praktek kerja di Lembaga Kursus kami, tepatnya  belajar pengembangan desain web, jaringan komputer dan juga desain grafis.

Dan hari Sabtu lalu, tepat tanggal 1 Maret 2014 ini, kami mengadakan Pelatihan Pengelolaan Website di SD Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo. Untuk proyek ini, saya khusus membuat materi dan slideshow. Sedangkan suami yang mengisi materi. Saya meminta kepada suami agar mengajak ketiga adek-adek (Husaien, Nikmah dan Diyah) untuk mengikuti dan membantu aktivitas pelatihan disana.

??????????????????????????????? ??????????????????????????????? ??????????????????????????????? ???????????????????????????????

Semuanya berjalan lancar. Sepertinya mereka semangat sekali. Sampai saking hebohnya, ketika mereka pulang dari SD, sangat menggebu-gebu bercerita kepada saya. Sontak, saya berpikir untuk meminta mereka bercerita kepada saya dalam bentuk tulisan. Karena sebenarnya mereka ini juga hobi dan jago menulis lho, saya sering mengintip lewat status Facebook atau Twitter mereka yang ‘berisi’, hanya saja  mungkin karena kesempatan yang kurang sehingga bakat mereka agak tidak terlihat, hehe…

Mereka saya minta menulis pengalaman mereka kemarin dalam satu halaman. Dan mengirimkannya ke email saya. Begitu saya buka, saya tersenyum-senyum simpul. Pada dasarnya tulisan mereka bagus, runtut, dan banyak bahasa lugasnya, menyenangkan membacanya, ada aura muda dan kanak-kanaknya. Ceritanya juga kuat. Saya ingin mereka terus menulis, karena bakat mereka ada. Walaupun baru bisa saya terapkan dengan metode ‘bercerita’.

Ini tulisan mereka :

1.Tulisan Husaien Annahar

Pelatihan Pengelolaan WEB

SD Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo

Mengikuti pelatihan pengelolaan Web ini adalah pengalaman kedua saya setelah yang pertama dilaksanakan di Fastikom Unsiq tahun 2013 lalu. Namun, ini lebih berkesan karena saya kali ini mengikuti pelatihan dari sudut pandang yang berbeda, tahun lalu saya diberi pengarahan, sedangkan di SD Muhammadiyah Sudagaran kemarin (1/3) saya latihan memberi pengarahan. Tapi sebenarnya saya juga masih perlu belajar sangat banyak lagi, dan mungkin kejadian itu sebenarnya cuma kebetulan saja. Tetapi saya rasa ini kejadian unik, bisanya guru memberikan pengarahan, tapi sekarang saya memberikan pengarahan kepada guru, “Hebat kan?”. Jadi gurunya guru hehe.. . Pertama kali ada yang minta untuk di arahkan itu rasanya, “deg,deg”.. Perlahan tapi pasti saya coba memberi pengertian seputar masalah yang dialami guru yang saya pandu. Satu hal yang ada dipikiran saya saat itu cuma “Kalau saya nggak bisa jawab kan masih ada mas Erwin, saya bisa minta diajari sama mas Erwin”, dan pikiran itu nyatanya terjawab, setelah saya gagal memberi Formula agar guru yang saya pandu bisa mengerti, Malaikat Penolongpun datang (mas Erwin). Mas Erwin menampilkan Slide Presentasi yang sangat pas di bagian yang belum dipahami oleh guru yang saya pandu. Alhasil, sang guru bisa memahami maksud kata saya. Waktupun berjalan terus, dan kali ini saya lancar dalam menjawab pertanaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh guru yang saya pandu.

Sedikit Flash Back Ngomong-ngomong saya sebenarnya baru belajar WordPress baru satu bulan dan itu mas Erwin sama mbak Wening yang mengajari. Baru sebulan belajar, langsung disuruh bantu pelatihan di SD Muhammadiyah Sudagaran.

Kembali lagi ke cerita pengalaman saya tadi, di sela-sela sesi pelatihan tadi, saya sempat diskusi dengan guru yang saya pandu, beliau mengatakan kalau belajar WEB itu memang susah dan butuh proses. Saya pun menjawab, “iya pak, memang butuh proses. Nggak mungkin satukali belajar langsung bisa”. Saya kemudian menyarankan kepada beliau agar membuat Website sendiri untuk belajar, soalnya kalau pakai Website milik sekolah itu pasti sangat berbahaya, karena banyak datanya.

Dalam sesi diskusi tadi ada beberapa pertanyaan dari beliau yang mungkin saya salah menjawabnya, atau mungkin bapak guru itu yang salah menangkapnya dan ada juga pertanyaan yang saya bingung mau jawab apa. Begini pertanyaannya

Flash back , saya me-Reload website sdmsudagaran.sch.id dengan menekan tombol F5. Beberapa kali saya menekan tombol tersebut untuk me-Reload halaman tersebut supaya selalu Update, dan pertanyaan pun datang “Mas, kalu tombol F5 itu untuk apa ya?”. Dengan sangat tegas saya menjawab “untuk me-Refresh halaman pak”. Kemudian setelah beberapa menit saya me-Reload lagi bapak itu bertanya lagi “ditekan F5 lagi untuk apa mas?”. Saya menjawab dengan tegas lagi “untuk me-Reload halaman pak”.. (bapak guru bertanya lagi) “Berarti itu buat Refresh sama Reload ya mas?”. Saya jawab “iya pak”. Kesimpulannya saya yang salah menjelaskan, atau bapak guru yang salah menangkap ucapan saya ya. Tak apa lah buat pengalaman. Berikutnya, karena mas Erwin menunjukan tulisan berefek Marquee disebuah blog, saya jadi diberi pertanyaan “Mas, kalau bikin kaya itu gimana mas ?”. Saya pun kebingungan menjawab karena itu harus memakai script. Akhirnya saya tolak secara halus, “itu pakai script pak, jadi semacam kode-kode tertentu yang dibuat secara manual, jadi kalau ada salah kode sering error programnya, prosesnya pun lebih lama dan lebih sulit pak. Butuh waktu banyak untuk belajar ini, sebenarnya itu cuma buat pengembangan saja”. Mungkin karena dalam kalimat saya tadi ada kata ERROR-nya, bapak guru pun mengurungkan niatnya agar saya mempraktekan efek marquee tersebut, itu alasan pertama, kedua karena mas Erwin sudah menutup sesi Pelatihan, sehingga saya aman.. hehehe.. Lagi-lagi Malaikat Penolong datang saat dibutuhkan. Pelatihan pun selesai sampai di Markas kita (WE Net) mas Erwin memberikan amplop surat besar bertuliskan atas nama Universitas Negeri Yogyakarta (kalau nggak salah). Dalam pikiran saya “wah jangan – jangan itu isinya surat panggilan kuliah di Universitas”. Tapi malah salah, isinya ternyata uang. Jadi merasa bersalah sama bapak guru tadi, setelah saya buka amplopnya. Terimakasih Mas Erwin, Mbak Wening, dan Maaf bapak guru Olahraga SD Muhammadiyah Sudagaran yang pertanyaannya belum sempat saya jawab.

Selamat siang, nama saya Husaien Annahar

Dikutip dari : Majalah Bobo’ Edisi Mimpi Apa ya ?

Tanggal       : 1 Maret 2014

2.Tulisan Diyah

Pelatihan web 1 Maret 2014

Pengalaman pertama sebenarnya dampingin guru guru. Dan ini yang pertama kalinya juga nemuin guru yang tingkahnya bisa dibilang sedikit “aneh”. Tapi juga nyenengin bisa sambil belajar, belajar ngerti kalo setiap orang berbeda sifat dan tingkah lakunya. Dari awal mau berangkat sampai sana kaya ngimpi mau belajar bareng guru guru. Biasanya kan belajar didampingi guru, kalo ini belajar mendampingi guru.

Sedikit heran kenapa ada juga orang yang tingkahnya seperti itu. Coba dibayangkan kalo waktu nge-post berita itu isinya Quiz. Dan itu nyata. Saya masih ingat judulnya “Misteri 1 Maret 2014” dari judulnya saja sudah bisa ditebak kalau guru ibu ibu itu penggemar misteri Illahi.

Saya akui saya ini sedikit 4L4Y tapi bersyukurnya saya punya 4L4Y yang masih stadium awal. Semoga lekas sembuh, soalnya saya juga nggak mau alay-nya  ngalahin bu guru yang satu itu. Soal siapa guru itu, saya sendiri yang ndampingi nggak tau namanya. Tapi kalau disuruh ke sana lagi nunjuk gurunya, saya yakin saya bisa menemukan orang yang tepat. 100 % yakin. Berbeda dari ibu ibu pada umumnya. Beliau itu punya jiwa yang keibuan sekali, tapi kalu menurut saya beliau juga (maaf) keanakkan sekali.

Mbak wening tau foto apa aja yang ada di laptopnya? Yang saya lihat cuma foto kebakaran mbak, entah itu kebakaran rumah, kebakaran hutan, dan kebakaran kebakaran lainnya, mungkin juga ada kebakaran jenggot -_-

Beliau itu selain agak hiperaktif, juga narsis, narsis narsisnya orang yang agak aneh juga pastinya aneh kan? Foto gaya nempelin telunjuk di depan hidung, gaya manyun manyun kaya anak anak SD gitu, saya nggak bisa bayangin gimana jadi murid beliau, pasti besok gedhe-nya pada alay kaya saya mungkin. Tapi entahlah,nggak ada yang bisa menebak masa depan 😀

Buguru itu orang kejajar, saya tau waktu ada fotonya orang beliau bilang “wah itu saya tau itu, itu tetangga saya orang kejajar”. Dan dari info yang saya peroleh dari beliau, beliau itu guru kelas 6. Katanya sih, mau buat website juga khusus buat kelas 6.

Nggat tau kalau husaien sama nikmah ndampingi guru yang gimana, tapi itu sekilas tentang pengalaman pertama saya dampingi guru, pengalaman pertama saya ikut pelatihan web, pengalaman pertama saya ketemu buguru yang begitu. Dan itu nyata, sekali lagi itu NYATA 😀
sekian terimakasih

3. Tulisan Nikmah

PENGALAMAN PELATIHAN WEB DI SD MUHAMMADIYAH SUDAGARAN WONOSOBO

Pengalaman saya tentang pelatihan web kemarin itu bagi saya sangat berkesan karena saya bisa mengajari guru-guru di SD Muhammadiyah Sudagaran. Seneng sih disana, baru sampai sudah disuruh makan sama bapak guru, namanya pak nanang. Abis makan trus foto-foto buat kenang-kenangan sudah pernah ke SD Muhammadiyah Sudagaran. Abis foto-foto terus nungguin lama banget nggak disuruh mulai-mulai padahal udah jam 14.00 lebih..

Dan sekitar pukul 14:15 kita disuruh ke ruang kelas, dan memulai acaranya. Disana terdapat 6 guru. Tapi ada 1 guru yang menarik perhatian karena dia satu-satunya guru yang kayaknya alay gitu deh, terus nggodain mas erwin terus… apalagi pas mas erwin mbenerin koneksinya. Seneng banget tuhh… kayaknya sih sama semua orang gitu orangnya, soale sama guru yang saya ajarin juga genit gitu. Tapi nggak tahu juga deng.. hhe 🙂

Waktu pertama mulai acara disuruh ngebagiin modul.. terus mulai deh ngebantuin guru-guru membuka website-nya SD Muh Sudagaran. Dan saya mengajari bapak-bapak, nggak tahu namanya siapa soalnya nggak kenalan dulu hhe.

Tapi bapak-bapaknya nurut sama saya. Dan nggak banyak omong, Jadi nggak terlalu sulit lah.. tapi bapak-bapaknya narsis banget soale ngapload foto-foto terus di post, bukane nerusin yang diajarin. Padahal mas erwin ngajarinnya sudah jauh… tapi masih ngapload foto terus, lama lagi soalnya banyak yang diapload.

Tapi saya diem aja.. terserah bapaknya lah. Disela-sela ngajarin, teh botol pun datang. Minum dulu akhirnya. Trus nglanjutin ngajarin bapaknya. Lagi mau di ajarin malah bapaknya BBM-an, terus nggak jadi ngajarin lah.

Waktu nunjukin pukul 16:00 saatnya acara ditutup, dan siap-siap pulang. Dan nggak nyangkanya lagi malah dikasih pesangon pas mau pulang kerumah. … bangganya luar biasa punya uang hasil kerja keras sendiri.

Nahhhh itu pengalaman saya waktu pelatihan di SD Muhammadiyah Sudagaran. Terima kasih……….

Leave a Reply

