26th. Nangka Goreng

Kemarin suami ke Yogyakarta, mampir rumah Parakan sebentar. Pas pulang, dibawain nangka hasil kebun sendiri. Pohon nangka itu dulu ditanam suami pas kelas 3 SD, waah udah lama banget. Suami bawa setengah lebih bagian buah nangka. Yang separonya lagi kita antar ke rumah ibu. Oke, dengan nangka yang sebesar ini, kita bikin apa yaa.. Suami request nangka goreng, dan nanti sisanya kita bikin manisan nangka, dan betonnya (biji nangka) kita rebus.

Nangka Goreng

Bahan :
1 bungkus tepung Sajiku Pisang Goreng 
(kalau tidak ada, pakai tepung terigu dan dikasih gula halus dan vanili)
300 gr buah nangka yang sudah dipotong dadu
Air secukupnya
Minyak untuk menggoreng
Cara membuat :
  1. Encerkan tepung menggunakan air secukupnya, jangan terlalu kental
  2. Masukkan potongan nangka yang sudah dipotong, diaduk hingga rata
  3. Siapkan teflon dan panaskan minyak
  4. Masukkan adonan nangka sesendok demi sesendok ke dalam teflon, tunggu hingga matang
  5. Sajikan hangat
Nangka yang dicampur air gula, ditambah es, panas panas gini… segeerrr…

Ini beton yang sudah direbus, jadi teman nonton tivi

Menurut Merdeka.com, banyak khasiat yang terkandung dalam buah nangka, contohnya :

  1. Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.
  2. Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  3. Akar adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma.
  4. Salah satu manfaat kesehatan dari nangka adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.
  5. Manfaat kesehatan dari nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk anak-anak muda dalammenjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.
  6. Manfaat gizi dari nangka adalah sumber makanana yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.
  7. Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif.
  8. Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.
  9. Nangka bisa menyembuhkan borok dan gangguan pencernaan. Buah berserat tinggi ini mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus.
  10. Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s