8th. Sup Ayam Sehaaatttt

Suami dan adekku si bungsu bisa barengan gitu sakitnya. Dari semalem panas sampe “ndriming”. Bangun-bangun lemes dan sambat gak genah-genah badannya. Pertama, suami tak buatkan sarapan trus tak paksa minum paracetamol biar panasnya reda, trus bebrapa jam berikutnya aku buatkan Chrysantemum Crystal. Alhamdulillah dibawa tidur, udah mendingan panasnya turun. Katanya tenggorokan sakit dan pahit, makan jadi agak susah, muncul ide bikin sup ayam. Dulu, tanteku sering masak Sup Ayam pas aku lagi flu, dan ajaib aku langsung sembuh, seger dan anget, sugestinya anak-anak, hehe… Oke, tinggal beli ayamnya aja terus cemplang-cemplung bikin sopnya deh.

Sup Ayam Sehaaaaattttt 

Bahan

1/4 kg paha ayam dipotong sedang (lebih enak lagi sayap, tapi pas habis di warung, jadinya saya beli paha)
2 buah wortel, dipotong-potong kotak
2 buah kentang  dipotong-potong kotak
1/2 bagian kubis, dipotong
1 ikat caisim, dipotong
2 batang daun bawang, dipotong
1 ikat seledri
1 buah tomat, dipotong jadi 4 bagian
Bawang goreng, untuk taburan

Bumbu-bumbu :
3 siung bawang putih, dikeprek, dipotong kecil
Garam dapur, secukupnya
Merica, secukupnya
Margarin, secukupnya

Cara Membuat

  1. Bersihkan ayam kemudian rebus hingga mendidih. Tiriskan.
  2. Angkat ayam, disuwir-suwir dan masukan kembali dalam air kaldu.
  3. Rebus kembali air kaldu hingga mendidih, tambahkan kentang, wortel, kecilkan api dan didihkan kembali sampai sayuran menjadi empuk
  4. Panaskan wajan, masukkan margarin dan tumis bawang putih sebentar sampai harum, sisihkan
  5. Masukkan tumisan bawang putih ke dalam kaldu, 
  6. Tambahkan daun bawang, seledri dan tomat. 
  7. Aduk sup, perbaiki rasa, bumbui dengan garam dan merica, masukkan kubis dan caisim
  8. Sajikan dalam keadaan hangat di mangkuk, taburkan bawang goreng bila suka
Dan Alhamdulillah, sekarang suami panasnya udah turun, dan minta nambah 🙂
Si bungsu juga saya kirimi semangkok sup ini, sekarang lagi tidur, dan mulai keringatan, moga nanti bangun udah sembuh, amin amin aminnnn

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s