aesop

siang kemarin pacar saya pergi ke Temanggung Bookfair  bersama sahabatnya, sepulangnya dari tempat itu, dia mengirimi saya sebuah pesan singkat yang berbunyi “Ada buat kamu juga. x”. Dia tahu kalau saya juga sangat suka membaca. Buku pilihannya selalu cocok dan bagus menurut saya.

paginya, dia menjemput saya di rumah untuk berangkat lagi ke jogja. sesampainya di jogja, dia menyuruh saya membuka tasnya dan mengambil buku. ada 3 buku disana. buku yang berjudul Aesop, buku majalah Sansievera, dan satunya saya lupa, tapi sepertinya sebuah novel terjemahan. Dan dia memilihkan saya sebuah buku cerita yang berjudul “Aesop”, karangan Andrew Bailley, terjemahan.

Aesop“Aesop adalah seorang pahlawan rakyat Yunani yang diperkirakan hidup di abad VI SM. Dia memiliki reputasi besar sebagai pendongeng cerita binatang (fabel). Melalui cerita fabelnya, Aesop memperlihatkan kebijaksanaan dan kebodohan manusia dan memberi pelajaran dalam bentuk moral. Dia lahir sebagai budak dan karena sangat disayangi oleh majikannya maka dia diberi kebebasan, namun dia meninggal  terbunuh ketika bertualang ke Delphi. Tidak sampai 200 tahun setelah kematiannya, tulisan fabelnya muncul yang kemudian menjadi inspirasi bagi karya-karya Jean de La Fontaine (penulis abad XVII asal Prancis). Semenjak itu, fabel-fabel Aesop telah diterjemahkan hampir setiap bahasa di dunia”

Makasih nggih Sayang 🙂

x

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s